Peningkatan kreativitas guru sekolah dasar melalui pelatihan pembuatan e book

Authors

  • Yulia Pramusinta Universitas Islam Lamongan
  • Alfi Nur Rosyidatul Ummah Universitas Islam Lamongan

DOI:

https://doi.org/10.33474/jipemas.v6i1.18757

Keywords:

kreativitas, pelatihan, pembuatan e book

Abstract

Kreativitas merupakan kemampuan yang harus dimiliki oleh seorang guru dalam proses pembelajaran, terutama saat pembuatan media pembelajaran kreativitas guru sangat dibutuhkan agar dapat menciptakan media belajar yang menarik dan interaktif. Perkembangan abad 21 yang telah memasuki era revolusi society 5.0 yang telah bersinergi dengan pembelajaran berbasis digital. Guru sebagai pendidik harus mampu membuat dan mendesain media pembelajaran berbasis digital. PKM ini bertujuan untuk mengasah dan melatih kreativitas guru dalam membuat e book. Metode pengabdian menggunakan service learning dengan 4 tahapan. Subyek pengabdian adalah guru di SD Plus At Taqwa Lamongan. Pengambilan data pengabdian ini menggunakan angket kreativitas dan angket kepuasan pelatihan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan terdapat peningkatan pada kreativitas guru dalam membuat e book sebagai sumber dan media belajar. Peserta pelatihan juga merasa puas terhadap pelatihan yang dilakukan oleh tim PKM.

References

Ambarita, J., Helwaun, H., & Houten, L. Van. (2021). Workshop Pembuatan E-book Sebagai Bahan Ajar Elektronik Interaktif Untuk Guru Indonesia Secara Online di Tengah Covid 19. Community Engagement and Emergence Journal (CEEJ), 2(1), 44–57. https://doi.org/10.37385/ceej.v2i1.136

Desyanti, Suhaidi, M., & Fitra. (2019). Meningkatkan kemampuan menghafal juz amma melalui media pembelajaran audio visual. Unri Conference Series: Community Engagement, 1, 297–303. https://doi.org/10.31258/unricsce.1.297-303

Fitriasari, P., Fuadiah, N. F., Destiniar, Misdalina, Rohana, & Nopriyanti, T. D. (2021). Pelatihan Pembuatan Buku Elektronik (E-Book) dengan Aplikasi Flipbook. Community Education Engagement Journal (CEEJ), 2(2), 11–20. https://doi.org/10.25299/ceej.v2i2.6697

Hala, Y., & Arifin, A. N. (2019). Pelatihan pembuatan e-book pada Guru IPA MGMP Kabupaten Gowa. Prosiding Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 602–604. https://ojs.unm.ac.id/semnaslpm/article/view/7988

Harahap, A. I. (2020). Cara Pembuatan E-Book (Electronic Book) dengan Memanfaatkan Fitur Sigil Ver 0.9.4 Format EPUB. Jurnal Fasilkom, 10(3), 228–234. https://doi.org/10.37859/jf.v10i3.2301

Huda, M. (2017). Kompetensi Kepribadian Guru dan Motivasi Belajar Siswa (Studi Korelasi pada Mata Pelajaran PAI). Jurnal Penelitian, 11(2), 237–266. https://doi.org/10.21043/jupe.v11i2.3170

Hwang, G.-J., Tu, N.-T., & Wang, X.-M. (2018). Creating interactive e-books through learning by design: The impacts of guided peer-feedback on students’ learning achievements and project outcomes in science courses. Educational Technology and Society, 21(1), 25–36. https://www.jstor.org/stable/26273865

Makmur, A., & Aspia, A. (2015). Efektifitas Penggunaan Metode Base Method dalam Meningkatkan Kreativitas dan Motivasi Belajar Matematika Siswa SMP N 10 Padangsidimpuan. Jurnal Edutech, 1(1), 1–15. https://doi.org/10.30596%2Fedutech.v1i01.264

Mentari, D., Sumpono, S., & Ruyani, A. (2018). Pengembangan media pembelajaran e-book berdasarkan hasil riset elektroforesis 2-d untuk mengukur kemampuan berpikir kreatif mahasiswa. PENDIPA Journal of Science Education, 2(2), 131–134. https://doi.org/10.33369/pendipa.2.2.131-134

Mufarrokhah, L., & Pramusinta, Y. (2022). Tnd Box Uno Stacko Media Development On Thematic Lessons. Fikroh: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Islam, 15(1), 106–119. https://doi.org/10.37812/fikroh.v15i1.383

Pang, W. (2015). Promoting creativity in the classroom: A generative view. Psychology of Aesthetics Creativity and the Arts, 9(2), 122–127. https://doi.org/10.1037/aca0000009

Pramanik, P. D., Achmadi, M., & Nasution, D. Z. (2021). Media Belajar Inovatif Bagi Siswa SDN 05 Pesanggrahan Jakarta : PkM Dengan Konsep Service Learning. Jurnal Pengabdian Masyarakat (Pemberdayaan, Inovasi Dan Perubahan), 1(3), 1–11. https://doi.org/10.1234/jpm.v1i3.43.g58

Prastowo, A. (2015). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Diva Press.

Rahman, F. Y., Karyadiputra, E., Setiawan, A., & Purnomo, I. I. (2021). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Buku Digital Menggunakan Flipbook Pada SDIT Sullamul ‘ Ulum. ABDINE : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 87–93. https://doi.org/10.52072/abdine.v1i2.214

Rosyidah, I., Sri Rahayu, Y., E-Book Interaktif BioEdu, P., Ilmiah Pendidikan Biologi, B., & Dan Perkembangan Tumbuhan, P. (2022). Development of Interactive E-Book Oriented Contextual Teaching And Learning to Train Creative Thinking Skills in Growth and Development Plants Topic. Journal of Biology Education, 11(1), 49–59. https://doi.org/10.15294/jbe.v11i1.55256

Supriatna, N. (2019). Pengembangan Kreativitas Imajinatif Abad Ke-21 Dalam Pembelajaran Sejarah. Historia Jurnal Pendidik Dan Peneliti Sejarah, 2(2), 73–82. https://doi.org/10.17509/historia.v2i2.16629

Suprihatiningsih, S., & Sudibyo, N. A. (2020). Pelatihan Penggunaan E-Book Matematika Berbasis Terbimbing pada Siswa SMP Daerah 3T (Terluar, Terdalam, Terdepan). JCES (Journal of Character Education Society), 3(2), 366–371. https://doi.org/10.31764/jces.v3i2.2354

Wahid, A. (2018). Pentingnya Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Prestasi Belajar. Istiqra, 5(2), 1–11. https://jurnal.umpar.ac.id/index.php/istiqra/article/view/461

Wijaya, E. Y., Sudjimat, D. A., & Nyoto, A. (2016). Transformasi Pendidikan Abad 21 sebagai Tuntutan Pengembangan Sumber Daya Manusia di Era Global. Jurnal Pendidikan, 1, 263–278.

Downloads

Published

2023-02-21

How to Cite

Pramusinta, Y., & Ummah, A. N. R. (2023). Peningkatan kreativitas guru sekolah dasar melalui pelatihan pembuatan e book. Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS), 6(1), 27–36. https://doi.org/10.33474/jipemas.v6i1.18757