Keuangan generasi z: Tingkat literasi dalam rangka peningkatan inklusi keuangan digital

Authors

  • Vindaniar Yuristamanda Putri Universitas Indonesia
  • Ruth Melisa Halim Universitas Indonesia
  • Tira Nur Fahira Universitas Indonesia
  • Stephanie Nuriani Janice Universitas Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33474/jipemas.v6i2.19068

Keywords:

financial literacy, financial inclusion, digital finance, generation z, t-test analysis, pretest posttest analysis

Abstract

Tingkat literasi keuangan pada generasi Z masih pada tingkat less literate, sementara itu tingkat konsumsi generasi Z umumnya digunakan untuk memenuhi gaya hidup. Berdasarkan hal tersebut tujuan dari pengabdian masyarakat ini adalah untuk meningkatkan literasi dan inklusi siswa/i Sekolah Menengah Atas (SMA) XI yang tergolong pada generasi Z. Pengabdian masyarakat ini menggunakan metode Community-Based Participant Research (CBPR) dengan Teknik sosialisasi dan workshop yang mencakup pengetahuan dasar keuangan, manajemen keuangan, kredit dan hutang, tabungan dan investasi, risiko, asuransi, dan pengelolaan keuangan menggunakan media expense tracker. Untuk mengetahui efektivitas dari pengabdian masyarakat ini, analisis pretest posttest (pretest posttest analysis) menggunakan uji beda dilakukan. Dengan menggunakan uji hipotesis Wilcoxon Signed Rank Test, terdapat perbedaan yang signifikan pada tingkat literasi keuangan digital pada saat sebelum dilakukannya pengabdian masyarakat dengan setelah dilakukannya pengabdian masyarakat. Tingkat literasi keuangan digital siswa/i mengalami peningkatan yang diketahui dari nilai mean rank POSTTEST > PRETEST (25,31 > 17,00). Sehingga disimpulkan bahwa peningkatan literasi dan inklusi keuangan digital pada generasi Z di SMA Muhammadiyah 2, Depok harus tetap dilakukan sejak dini agar generasi Z tidak terjebak pada permasalahan-permasalahan keuangan di masa yang akan datang. Tindak lanjut dari program ini adalah seluruh peserta dibekali dengan expense tracker sheet yang dimonitor oleh tiap wali kelas, agar siswa/i terbiasa memonitor pengeluaran mereka dan memiliki kesadaran  keuangan yang baik.

References

Anggarini, D. R., Putri, A. D., & Lina, L. F. (2021). Literasi Keuangan untuk Generasi Z di MAN 1 Pesawaran. Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia, 1(1), 147–152. https://doi.org/10.54082/jamsi.42

Arjanto, D. (2021). Mengenal Generasi Z dan 5 Karakteristiknya. Tempo.Com.

Aulianingrum, R. D., & Rochmawati. (2021). Pengaruh Literasi Keuangan, Status Sosial Ekonomi Orang Tua, Dan Gaya Hidup Terhadap Pengelolaan Keuangan Pribadi Siswa. Jurnal Pendidikan Ekonomi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi, Dan Ilmu Sosial, 15(2), 198–206. https://doi.org/10.19184/jpe.v15i2.24894

Berns, R. M. (2010). Child, Family, School, Community (C. Shortt, T. Williams, C. Cox, L. Stewart, & M. Noel (eds.); 8th ed.). Cengage Learning.

Budiwanto, S. (2017). Metode Statistika Untuk Mengolah Data Keolahragaan. In Metode Statistika (1st ed.). Universitas Negeri Malang.

Chaidir, T., Suprapti, I. A. P., Arini, G. A., & Ismiwati, B. (2020). Determinan Literasi Keuangan pada Pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Kota Mataram. Elastisitas - Jurnal Ekonomi Pembangunan, 2(1), 1–19. https://doi.org/10.29303/e-jep.v2i1.15

Dewi, M. A. (2020). The Impact of Fintech Towards Financial Inclusion Development in UMKM in East Java. Gorontalo Accounting Journal, 3(2), 68–83. https://doi.org/10.32662/gaj.v3i2.973

Dja’far, H. I., Rizkiyah, N., Sahrazad, S., Manurung, L., & Abdillah, A. (2021). Penguatan Literasi Keuangan Melalui Penyuluhan dan Pendampingan Siswa SMK Kota Bekasi. Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia, 1(1), 51–56. https://doi.org/10.54082/jamsi.11

Farhatilwardah, F., Hastuti, D., & Krisnatuti, D. (2019). Karakter Sopan Santun Remaja: Pengaruh Metode Sosialisasi Orang Tua dan Kontrol Diri. Jur. Ilm. Kel. & Kons., 12(2), 114–125. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24156/jikk.2019.12.2.114

Laturette, K., Widianingsih, L. P., & Subandi, L. (2021). Literasi Keuangan Pada Generasi Z. Jurnal Pendidikan Akutansi (JPAK), 9(1), 131–139. https://doi.org/10.26740/jpak.v9n1.p131-139

Lestari, R. I., Santoso, D., & Indarto, I. (2021). Meningkatkan Literasi Keuangan Digital Pada Pelaku UMKM Melalui Sosialisasi Gerakan Nasional Non-tunai. Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS), 4(3), 378–390. https://doi.org/10.33474/jipemas.v4i3.10947

Lestari, S. Y. (2020). Pengaruh Pendidikan Pengelolaan Keuangan Di Keluarga, Status Sosial Ekonomi, Locus of Control Terhadap Literasi Keuangan (Pelajar SMA Subang). Prisma (Platform Riset Mahasiswa Akuntansi), 01(02), 69–78.

Lina, L. F., & Nani, D. A. (2020). Kekhawatiran Privasi pada Kesuksesan Adopsi FinTech menggunakan Model DeLone dan McLean. Performance, 27(1), 60. https://doi.org/10.20884/1.jp.2020.27.1.2250

McFarlane, S. J., Occa, A., Peng, W., Awonuga, O., & Morgan, S. E. (2022). Community-Based Participatory Research (CBPR) to Enhance Participation of Racial/Ethnic Minorities in Clinical Trials: A 10-Year Systematic Review. Health Communication, 37(9), 1075–1092. https://doi.org/10.1080/10410236.2021.1943978

Mendari, A. S., & Kewal, S. S. (2013). Tingkat Literasi Keuangan Di Kalangan Mahasiswa Stie Musi. Jurnal Economia, 9(2), 130–140. https://doi.org/10.21831/economia.v9i2.1804

Morgan, P. J., & Long, T. Q. (2020). Financial literacy, financial inclusion, and savings behavior in Laos. Journal of Asian Economics, 68, 101197. https://doi.org/10.1016/j.asieco.2020.101197

OECD. (2016). OECD/INFE International Survey of Adult Financial Literacy Competencies.

OECD. (2018). Financial Inclusion and Consumer Empowerment in Southeast Asia. In OECD.

OJK. (2020). Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan 2019.

Otoritas Jasa Keuangan. (2021). Strategi Nasional Literasi Keuangan Indonesia (SNLKI) 2021-2025. In Otoritas Jasa Keuangan.

Purwaningrum, E., Warsini, S., Juwita, R., Hafidudin, Zulmaita, & Muchtar, A. M. (2022). Pembinaan Literasi Keuangan Masyarakat Kelurahan Beji Depok dengan Bidang Fokus Reksadana. Prosiding Seminar Nasional Terapan Riset Inovatif (SENTRINOV), 8(3), 74–81.

Sugiharti, H., & Maula, K. A. (2019). Pengaruh Literasi Keuangan Terhadap Perilaku Pengelolaan Keuangan Mahasiswa. ACCOUNTHINK: Journal of Accounting and Finance, 4(02), 804–818.

Sustiyo, J. (2020). Apakah literasi keuangan memengaruhi perilaku konsumsi generasi Z? Imanensi: Jurnal Ekonomi, Manajemen, Dan Akuntansi Islam, 5(1), 25–34. https://doi.org/10.34202/imanensi.5.1.2020.25-34

Suwendi, S., Basir, A., & Wahyudi, J. (2022). Metodologi Pengabdian Masyarakat (S. Suwendi, A. Basir, & J. Wahyudi (eds.)). Kementerian Agama RI.

Yuneline, M. H., Suryana, U., & Hilman, I. (2021). Perencanaan Keuangan untuk Menumbuhkan Awareness Literasi Keuangan pada Siswa SMA PMB Bandung. Warta LPM, 24(2), 239–248. https://doi.org/10.23917/warta.v24i2.12288

Downloads

Published

2023-04-21

How to Cite

Putri, V. Y., Halim, R. M., Fahira, T. N., & Janice, S. N. (2023). Keuangan generasi z: Tingkat literasi dalam rangka peningkatan inklusi keuangan digital. Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS), 6(2), 188–200. https://doi.org/10.33474/jipemas.v6i2.19068