Digital marketing solusi pemasaran di era digital untuk meningkatkan omset penjualan UMKM

Authors

  • Khoerul Anwar STMIK PPKIA Pradnya Paramita
  • Mahmud Yunus STMIK PPKIA Pradnya Paramita
  • Rita Alfin STIE Walisongo

DOI:

https://doi.org/10.33474/jipemas.v6i2.19149

Keywords:

penjualan, UMKM, whatsapp, instagram

Abstract

Analisis situasi berdasarkan studi awal Tim PKM dengan melakukan kunjungan langsung serta wawancara pada Mitra diperoleh informasi kondisi UMKM Dua Nada. Masalah yang cukup urgen adalah branding merek belum melekat di hati konsumen minuman botanikal di wilayah Malang dan sekitarnya. Model pemasaran produk masih terpusat pada pemasaran offline dan belum mengoptimalkan model Digital Marketing. Solusi kegiatan diprioritaskan untuk meningkatkan pemasaran produk minuman botanikal kunyit asam sebagai upaya meningkatkan omset penjualan. Peningkatan pemasaran dilakukan dengan menerapkan Digital Marketing (online) selain cara konvenional (offline). Metode yang di gunakan adalah model Participatory Action Research (PAR) yang bertujuan untuk pembelajaran dalam mengatasi masalah dan pemenuhan kebutuhan praktis masyarakat. Pada tahapan aksi ditempuh dengan melakukan pelatihan platform sosial media Instagram dan WhatsApp untuk pemasaran secara digital produk UMKM Dua Nada. Bagaimana cara membuat account bisnis dan kemudian membuat katalog produk, daftar harga, unggah foto-foto produk. Hasil yang dicapai pasca pelatihan adalah: Mampu membuat katalog produk dan kalender di platform sosial media sebagai pendukung digital marketing. Memanfaatkan platform sosial Instagram dan WhatsApp sebagai media pemasaran secara online. Melakukan transaksi secara online dengan customer ataupun dengan rekanan reseller. Penerapan digital marketing dapat meningkatkan omset penjualan peningkatan 80%.

References

Adha, S., Fahlevi, M., Rita, & Rabiah, A. S. (2020). Pengaruh Sosial Media Influencer Terhadap Pengaruh Minat Kerja Antar Brand. Journal of Industrial Engineering & Management Research (JIEMAR), 1(1b), 70–82. https://doi.org/10.7777/jiemar.v1i1.33

Adhistian, P., Dahniar, T., Syahabuddin, A., Maulana, Y., & Mairizal, M. (2020). Implementasi Digital Marketing Dalam Meningkatkan Omset Penjualan Susu Kambing Etawa Budidaya Pesantren Masyhad an-Nur Sukabumi. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (JPKM) - Aphelion, 1(1), 27–36. https://doi.org/10.32493/jpka.v1i01.6903

As’ad, M. H., & Aji, J. M. M. (2020). Faktor yang Mempengaruhi Preferensi Konsumen Kedai Kopi Modern di Bondowoso. Jurnal Sosial Ekonomi Pertanian (J - SEP), 13(2), 182–199. https://doi.org/10.19184/jsep.v13i2.16441

Asiah, S., & Yusrizal, Y. (2023). Implementasi Strategi Personal Selling Bagi Agen Asuransi. El-Mal: Jurnal Kajian Ekonomi & Bisnis Islam, 4(1), 218–228. https://doi.org/10.47467/elmal.v4i1.1364

Asse, R. A. A. (2018). Strategi Pemasaran Online (Studi Kasus Facebook Marketing Warunk Bakso Mas Cingkrank di Makassar). KAREBA: Jurnal Ilmu Komunikasi, 7(2), 219–231. https://doi.org/10.31947/kareba.v7i2.6907

Atina, V. Z., Setiawan, F., Mahmudi, A. Y., Shevalinzi, W. B. A., & Nurdin, A. (2022). Pelatihan dan Pendampingan Digital Marketing pada UMKM Sebagai Upaya Peningkatan Omset. Abdi Masya, 1(4), 164–171. https://doi.org/10.52561/abma.v1i4.161

Fuxman, L., Elifoglu, H., Chao, C., & Li, T. (2019). Digital Advertising : A More Effective Way to Promote Businesses ’ Products. Journal of Business Administration Research, 3(2), 59–67. https://doi.org/10.5430/jbar.v3n2p59

Ghristian, I. D. (2015). Pengaruh harga diskon, kualitas produk, citra merek, dan iklan terhadap minat beli celana jeans Levi’s di Surabaya. Journal of Business & Banking, 5(2), 319–336. https://doi.org/10.14414/jbb.v5i2.552

Hasiholan, L. B., & Amboningtyas, D. (2021). Model Pemasaran Digital Marketing dalam Meningkatkan Volume Penjualan pada UMKM Kota Semarang. Jurnal Sains Sosio Humaniora, 5(1), 45–48. https://doi.org/10.22437/jssh.v5i1.13142

Kartikasari, D. (2021). Pentingnya Peranan Internet dalam Distribusi Pemasaran Produk UMKM. KOMPLEKSITAS: Jurnal Ilmiah Manajemen, Organisasi Dan Bisnis, 10(1), 53–58. https://doi.org/10.56486/kompleksitas.vol10no01.123

Krisnawati, D. (2018). Peran Perkembangan Teknologi Digital pada Strategi Pemasaran dan Jalur Distribusi UMKM di Indonesia. Jurnal Manajemen Bisnis Krisnadwipayana, 6(1), 69–73. https://doi.org/10.35137/jmbk.v6i1.175

Kusnawan, A., Silaswara, D., Andy, & Sefung, T. (2019). Pengaruh Diskon pada Aplikasi e-Walletterhadap Pertumbuhan Minat Pembelian Impulsif Konsumen Milenialdi Wilayah Tangerang. Jurnal Sains Manajemen, 5(2), 137–160. https://doi.org/10.30656/sm.v5i2.1861

Lesmana, A. C. (2022). Optimalisasi Digital Marketing Usaha Mikro Kecil dan Menengah pada Usaha Makanan dan Minuman di Masa Pandemi Covid-19. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 6(3), 1700–1711. https://doi.org/10.31764/jmm.v6i3.7654

Naimah, R. J., Wardhana, M. W., Haryanto, R., & Pebrianto, A. (2020). Penerapan Digital marketing Sebagai Strategi Pemasaran UMKM. Jurnal IMPACT: Implementation and Action, 2(2), 119–130. https://doi.org/10.31961/impact.v2i2.844

Ong, D. (2020). Analisa Penggunaan Sistem Sosial Media Terhadap Dampak Pemasaran Penjualan Produk Pada UMKM. Jurnal Teknologi Informasi Respati, 15(2), 26–36. https://doi.org/10.35842/jtir.v15i2.345

Pratama, A., & Anggraeni, R. (2019). Pengaruh Youtube Advertising Terhadap Respons Konsumen. Inter Community: Journal of Communication Empowerment, 1(1), 16–30. https://doi.org/10.33376/ic.v1i1.354

Putri, A. O. (2022). Pengaruh Media Sosial Facebook Terhadap Penigkatan Omset Penjualan UMKM (Studi Kasus Pedagang Kuliner UMKM Dikecamatan Ujungbatu). Hirarki : Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 4(1), 568–578. https://doi.org/10.30606/hirarki.v4i1.1476

Rachmawati, D. A., Shije, P. R., Fatwa, K. S., Armansyah, W., Warmana, G. O., & Sukiswo, W. H. D. (2022). Pemanfaatan Digital Marketing untuk Memperluas Pasar dan Meningkatkan Daya Saing UMKM di Desa Sumberbendo, Kecamatan Sumberasih, Kabupaten Probolinggo. KARYA UNGGUL : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 234–241. https://ojs.atds.ac.id/index.php/karyaunggul/article/view/121

Raouf, R. A. (2022). The Interactive Role of Marketing Integrity in Enhancing Brand Influence on Marketing Success. World Bulletin of Management and Law, 14, 39–48. https://scholarexpress.net/index.php/wbml/article/view/1371

Reken, F., Modding, B., & Dewi, R. (2020). Pengaruh Pemasaran Digital Terhadap Peningkatan Volume Penjualan Pada Ciputra Tallasa Jo Makassar. Tata Kelola, 7(2), 142–153. https://doi.org/10.52103/tatakelola.v7i2.144

Rifani, R. (2020). Economics and Digital Business Review The Personal Selling & Digital Marketing on Purchase Decision of Insurance Policy. 1(2), 120–128.

Riyadi, F. A. (2022). Sang pencerah. Jurnal Ilmiah, 8(1), 71–84.

Rohmah, S., Ahmad, M., & Bustamam, F. (2022). Social Media Marketing sebagai Strategi Pemasaran Digital Era Modern (Belajar Enterpreuner bagi Mahasiswa). Hamka Insight, 1(1), 49–54. https://doi.org/10.22236/hamka.v1i1.5

Sağlam, M., & Chaknan, M. Y. Y. (2022). An Examination of the Effect of Social Media Marketing on Customer Based Brand Equity. Eurasian Journal of Social and Economic Research, 9(1), 94–115. https://dergipark.org.tr/en/pub/asead/issue/68364/1021696

Santoso, I., & Fitriani, R. (2016). Green Packaging, Green Product, Green Advertising, Persepsi, dan Minat Beli Konsumen. Jurnal Ilmu Keluarga & Konsumen, 9(2), 147–158. https://doi.org/10.24156/jikk.2016.9.2.147

Wiguna, S., & Sujana, S. (2014). Pengaruh Jumlah Pameran Yang Diikuti Personal Selling dan Biaya Personal dan Biaya Personal Selling Terhadap Volume Penjualan. JIMKES: Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan, 2(2), 173–180.

Downloads

Published

2023-07-12

How to Cite

Anwar, K., Yunus, M., & Alfin, R. (2023). Digital marketing solusi pemasaran di era digital untuk meningkatkan omset penjualan UMKM. Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS), 6(2), 404–414. https://doi.org/10.33474/jipemas.v6i2.19149