Digital marketing solusi pemasaran di era digital untuk meningkatkan omset penjualan UMKM
DOI:
https://doi.org/10.33474/jipemas.v6i2.19149Keywords:
penjualan, UMKM, whatsapp, instagramAbstract
Analisis situasi berdasarkan studi awal Tim PKM dengan melakukan kunjungan langsung serta wawancara pada Mitra diperoleh informasi kondisi UMKM Dua Nada. Masalah yang cukup urgen adalah branding merek belum melekat di hati konsumen minuman botanikal di wilayah Malang dan sekitarnya. Model pemasaran produk masih terpusat pada pemasaran offline dan belum mengoptimalkan model Digital Marketing. Solusi kegiatan diprioritaskan untuk meningkatkan pemasaran produk minuman botanikal kunyit asam sebagai upaya meningkatkan omset penjualan. Peningkatan pemasaran dilakukan dengan menerapkan Digital Marketing (online) selain cara konvenional (offline). Metode yang di gunakan adalah model Participatory Action Research (PAR) yang bertujuan untuk pembelajaran dalam mengatasi masalah dan pemenuhan kebutuhan praktis masyarakat. Pada tahapan aksi ditempuh dengan melakukan pelatihan platform sosial media Instagram dan WhatsApp untuk pemasaran secara digital produk UMKM Dua Nada. Bagaimana cara membuat account bisnis dan kemudian membuat katalog produk, daftar harga, unggah foto-foto produk. Hasil yang dicapai pasca pelatihan adalah: Mampu membuat katalog produk dan kalender di platform sosial media sebagai pendukung digital marketing. Memanfaatkan platform sosial Instagram dan WhatsApp sebagai media pemasaran secara online. Melakukan transaksi secara online dengan customer ataupun dengan rekanan reseller. Penerapan digital marketing dapat meningkatkan omset penjualan peningkatan 80%.
References
Adha, S., Fahlevi, M., Rita, & Rabiah, A. S. (2020). Pengaruh Sosial Media Influencer Terhadap Pengaruh Minat Kerja Antar Brand. Journal of Industrial Engineering & Management Research (JIEMAR), 1(1b), 70–82. https://doi.org/10.7777/jiemar.v1i1.33
Adhistian, P., Dahniar, T., Syahabuddin, A., Maulana, Y., & Mairizal, M. (2020). Implementasi Digital Marketing Dalam Meningkatkan Omset Penjualan Susu Kambing Etawa Budidaya Pesantren Masyhad an-Nur Sukabumi. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (JPKM) - Aphelion, 1(1), 27–36. https://doi.org/10.32493/jpka.v1i01.6903
As’ad, M. H., & Aji, J. M. M. (2020). Faktor yang Mempengaruhi Preferensi Konsumen Kedai Kopi Modern di Bondowoso. Jurnal Sosial Ekonomi Pertanian (J - SEP), 13(2), 182–199. https://doi.org/10.19184/jsep.v13i2.16441
Asiah, S., & Yusrizal, Y. (2023). Implementasi Strategi Personal Selling Bagi Agen Asuransi. El-Mal: Jurnal Kajian Ekonomi & Bisnis Islam, 4(1), 218–228. https://doi.org/10.47467/elmal.v4i1.1364
Asse, R. A. A. (2018). Strategi Pemasaran Online (Studi Kasus Facebook Marketing Warunk Bakso Mas Cingkrank di Makassar). KAREBA: Jurnal Ilmu Komunikasi, 7(2), 219–231. https://doi.org/10.31947/kareba.v7i2.6907
Atina, V. Z., Setiawan, F., Mahmudi, A. Y., Shevalinzi, W. B. A., & Nurdin, A. (2022). Pelatihan dan Pendampingan Digital Marketing pada UMKM Sebagai Upaya Peningkatan Omset. Abdi Masya, 1(4), 164–171. https://doi.org/10.52561/abma.v1i4.161
Fuxman, L., Elifoglu, H., Chao, C., & Li, T. (2019). Digital Advertising : A More Effective Way to Promote Businesses ’ Products. Journal of Business Administration Research, 3(2), 59–67. https://doi.org/10.5430/jbar.v3n2p59
Ghristian, I. D. (2015). Pengaruh harga diskon, kualitas produk, citra merek, dan iklan terhadap minat beli celana jeans Levi’s di Surabaya. Journal of Business & Banking, 5(2), 319–336. https://doi.org/10.14414/jbb.v5i2.552
Hasiholan, L. B., & Amboningtyas, D. (2021). Model Pemasaran Digital Marketing dalam Meningkatkan Volume Penjualan pada UMKM Kota Semarang. Jurnal Sains Sosio Humaniora, 5(1), 45–48. https://doi.org/10.22437/jssh.v5i1.13142
Kartikasari, D. (2021). Pentingnya Peranan Internet dalam Distribusi Pemasaran Produk UMKM. KOMPLEKSITAS: Jurnal Ilmiah Manajemen, Organisasi Dan Bisnis, 10(1), 53–58. https://doi.org/10.56486/kompleksitas.vol10no01.123
Krisnawati, D. (2018). Peran Perkembangan Teknologi Digital pada Strategi Pemasaran dan Jalur Distribusi UMKM di Indonesia. Jurnal Manajemen Bisnis Krisnadwipayana, 6(1), 69–73. https://doi.org/10.35137/jmbk.v6i1.175
Kusnawan, A., Silaswara, D., Andy, & Sefung, T. (2019). Pengaruh Diskon pada Aplikasi e-Walletterhadap Pertumbuhan Minat Pembelian Impulsif Konsumen Milenialdi Wilayah Tangerang. Jurnal Sains Manajemen, 5(2), 137–160. https://doi.org/10.30656/sm.v5i2.1861
Lesmana, A. C. (2022). Optimalisasi Digital Marketing Usaha Mikro Kecil dan Menengah pada Usaha Makanan dan Minuman di Masa Pandemi Covid-19. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 6(3), 1700–1711. https://doi.org/10.31764/jmm.v6i3.7654
Naimah, R. J., Wardhana, M. W., Haryanto, R., & Pebrianto, A. (2020). Penerapan Digital marketing Sebagai Strategi Pemasaran UMKM. Jurnal IMPACT: Implementation and Action, 2(2), 119–130. https://doi.org/10.31961/impact.v2i2.844
Ong, D. (2020). Analisa Penggunaan Sistem Sosial Media Terhadap Dampak Pemasaran Penjualan Produk Pada UMKM. Jurnal Teknologi Informasi Respati, 15(2), 26–36. https://doi.org/10.35842/jtir.v15i2.345
Pratama, A., & Anggraeni, R. (2019). Pengaruh Youtube Advertising Terhadap Respons Konsumen. Inter Community: Journal of Communication Empowerment, 1(1), 16–30. https://doi.org/10.33376/ic.v1i1.354
Putri, A. O. (2022). Pengaruh Media Sosial Facebook Terhadap Penigkatan Omset Penjualan UMKM (Studi Kasus Pedagang Kuliner UMKM Dikecamatan Ujungbatu). Hirarki : Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 4(1), 568–578. https://doi.org/10.30606/hirarki.v4i1.1476
Rachmawati, D. A., Shije, P. R., Fatwa, K. S., Armansyah, W., Warmana, G. O., & Sukiswo, W. H. D. (2022). Pemanfaatan Digital Marketing untuk Memperluas Pasar dan Meningkatkan Daya Saing UMKM di Desa Sumberbendo, Kecamatan Sumberasih, Kabupaten Probolinggo. KARYA UNGGUL : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 234–241. https://ojs.atds.ac.id/index.php/karyaunggul/article/view/121
Raouf, R. A. (2022). The Interactive Role of Marketing Integrity in Enhancing Brand Influence on Marketing Success. World Bulletin of Management and Law, 14, 39–48. https://scholarexpress.net/index.php/wbml/article/view/1371
Reken, F., Modding, B., & Dewi, R. (2020). Pengaruh Pemasaran Digital Terhadap Peningkatan Volume Penjualan Pada Ciputra Tallasa Jo Makassar. Tata Kelola, 7(2), 142–153. https://doi.org/10.52103/tatakelola.v7i2.144
Rifani, R. (2020). Economics and Digital Business Review The Personal Selling & Digital Marketing on Purchase Decision of Insurance Policy. 1(2), 120–128.
Riyadi, F. A. (2022). Sang pencerah. Jurnal Ilmiah, 8(1), 71–84.
Rohmah, S., Ahmad, M., & Bustamam, F. (2022). Social Media Marketing sebagai Strategi Pemasaran Digital Era Modern (Belajar Enterpreuner bagi Mahasiswa). Hamka Insight, 1(1), 49–54. https://doi.org/10.22236/hamka.v1i1.5
Sağlam, M., & Chaknan, M. Y. Y. (2022). An Examination of the Effect of Social Media Marketing on Customer Based Brand Equity. Eurasian Journal of Social and Economic Research, 9(1), 94–115. https://dergipark.org.tr/en/pub/asead/issue/68364/1021696
Santoso, I., & Fitriani, R. (2016). Green Packaging, Green Product, Green Advertising, Persepsi, dan Minat Beli Konsumen. Jurnal Ilmu Keluarga & Konsumen, 9(2), 147–158. https://doi.org/10.24156/jikk.2016.9.2.147
Wiguna, S., & Sujana, S. (2014). Pengaruh Jumlah Pameran Yang Diikuti Personal Selling dan Biaya Personal dan Biaya Personal Selling Terhadap Volume Penjualan. JIMKES: Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan, 2(2), 173–180.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Khoerul Anwar, Mahmud Yunus, Rita Alfin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
.