Peningkatan pengetahuan marketplace pada pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) dengan website education marketplace

Authors

  • Shine Pintor Siolemba Patiro Universitas Terbuka
  • Diah Aryani Universitas Esa Unggul
  • Endi Rekarti Universitas Terbuka
  • Martino Wibowo Universitas Terbuka

DOI:

https://doi.org/10.33474/jipemas.v6i1.19282

Keywords:

marketplace, teknologi digital, web edukasi marketplace

Abstract

Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat dengan sosialisasi pelatihan-pelatihan marketplace dengan web edukasi marketplace kepada para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di wilayah Jakarta Barat dilaksanakan untuk mendukung upaya pemerintah dalam mendorong akselerasi adopsi teknologi digital bagi UMKM agar mampu beradaptasi dengan perubahan perilaku konsumen di era digital saat ini. Tujuan dari kegiatan ini untuk meningkatkan tingkat pengetahuan dan keterampilan para pelaku UMKM untuk dapat penjualan/pemasaran produknya menggunakan platform marketplace yang ada saat ini. Pada kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan secara online menggunakan aplikasi zoom dengan metode pelaksanaan terdiri atas 3 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi kegiatan sosialisasi pemaparan pelatihan marketplace menggunakan website Edukasi Marketplace kepada 20 peserta UMKM di wilayah Jakarta Barat. Hasil yang diharapkan melalui sosialisasi ini tercapainya peningkatan pengetahuan dan keterampilan para pelaku UMKM melalui pelatihan-pelatihan terkait marketplace pada web edukasi marketplace. Salah satu hasil evaluasi pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini, melalui hasil pengisian kuesioner oleh 20 pelaku UMKM sebagai responden menunjukan bahwa 80% peserta sangat perlu dan 20%% perlu untuk mengikuti pelatihan-pelatihan lanjutan untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan mereka terkait dengan marketplace. Hasil dari kegiatan ini menghasilkan peningkatan pengetahuan pelaku UMKM dalam menentukan strategi marketing dan menampilkan produk yang menarik minat konsumen di marketplace.

References

Alrubaiee, L., & Alshaibi, H. (2012). Relationship between B2B E-Commerce Benefits, E-Market- place Usage and Supply Chain Management. Global Journal of Management and Business Research, 12(9), 23–36. https://journalofbusiness.org/index.php/GJMBR/article/view/722

Chen, T., Yang, F., & Guo, X. (2021). Optimal bundling in a distribution channel in the presence of substitutability and complementarity. International Journal of Production Research, 59(4), 1145–1165. https://doi.org/10.1080/00207543.2020.1720930

Dan, B., Zhang, S., & Zhou, M. (2018). Strategies for warranty service in a dual-channel supply chain with value-added service competition. International Journal of Production Research, 56(17), 5677–5699. https://doi.org/10.1080/00207543.2017.1377355

Duch-brown, N. (2017). The Competitive Landscape of Online Platforms. JRC Digital Economy Working Paper.

Evans, M., Hole, R., Berg, L. D., Hutchinson, P., & Sookraj, D. (2009). Common Insights, Differing Methodologies. Qualitative Inquiry, 15(5), 893–910. https://doi.org/10.1177/1077800409333392

Gawer, A. (2009). Platforms, markets and innovation. Platforms, Markets and Innovation, January 2009, 1–396. https://doi.org/10.4337/9781849803311

Ha, A., Long, X., & Nasiry, J. (2016). Quality in supply chain encroachment. Manufacturing and Service Operations Management, 18(2), 280–298. https://doi.org/10.1287/msom.2015.0562

Hagiu, A., & Hałaburda, H. (2014). Information and two-sided platform profits. International Journal of Industrial Organization, 34(1), 25–35. https://doi.org/10.1016/j.ijindorg.2014.04.001

Hatammimi, J., & Purnama, S. D. (2022). Factors affecting prospective entrepreneurs to utilize e-marketplace : A study of business school students in Indonesia. International Journal of Research in Business and Social Science, 11(1), 1–11. https://doi.org/https://doi.org/10.20525/ijrbs.v11i1.1573

Inayatulloh, & Sriwardiningsih, E. (2021). Private E-Marketplace Model for SMEs. International Conference on Information Management and Technology, August, 481–484. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.1109/ICIMTech53080.2021.9535043

Li, G., Zhang, T., & Tayi, G. K. (2020). Inroad into omni-channel retailing: Physical showroom deployment of an online retailer. European Journal of Operational Research, 283(2), 676–691. https://doi.org/10.1016/j.ejor.2019.11.032

Li, L., Chen, J., & Raghunathan, S. (2018). Recommender system rethink: Implications for an electronic marketplace with competing manufacturers. Information Systems Research, 29(4), 1003–1023. https://doi.org/10.1287/ISRE.2017.0765

Mansur. (2015). Business To Business(B2B) E-Marketplace Sebagai Media Promosi Produk Usaha Kecil dan Menengah (UKM). Business To Business, 1(2), 1–13. https://doi.org/10.47686/bbm.v1i02.116

Patiro, S. P. S., Hendrian, Sasmita, S. A., Kurniawan, R., Gaol, L. L., Yansaputra, V., & Budiyanti, H. (2022). Penyuluhan Budi Daya Porang Sebagai Upaya Pembentukan Sikap Positif Petani di Desa Gemblegan Kalikotes Klaten Jawa Tengah. Jurnal Abdidas, 3(1), 110–126. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/abdidas.v3i1.549

Rahmat, A., & Mirnawati, M. (2020). Model Participation Action Research Dalam Pemberdayaan Masyarakat. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 6(1), 62–71. https://doi.org/10.37905/aksara.6.1.62-71.2020

Shetty, D. K., Raju, R. K., Ayedee, N., Singla, B., Naik, N., & Pavithra, S. (2020). Assessment of E-Marketplace in Increasing the Cost Efficiency of Road Transport Industry. PalArch’s Journal of Archaeology of Egypt / Egyptology, 17(9), 3799–3840. https://archives.palarch.nl/index.php/jae/article/view/4508

Shi, D., Wang, M., & Li, X. (2021). Strategic introduction of marketplace platform and its impacts on supply chain. International Journal of Production Economics, 242(September), 108300. https://doi.org/10.1016/j.ijpe.2021.108300

Stapleton, S. R. (2021). Data analysis in participatory action research: using poetic inquiry to describe urban teacher marginalization. Action Research, 19(2), 449–471. https://doi.org/10.1177/1476750318811920

Zakiah, A., Mardiansyah, V., Syukriyah, Y., & Herlistiono, O. (2021). Increasing Sales Through The Marketplace For Smes Affected By The Covid-19 Pandemic. Turkish Journal of Computer and Mathematics Education (TURCOMAT), 12(11), 1218–1220. https://doi.org/10.17762/turcomat.v12i11.6020 Main Article Content

Downloads

Published

2023-02-10

How to Cite

Patiro, S. P. S., Aryani, D., Rekarti, E., & Wibowo, M. (2023). Peningkatan pengetahuan marketplace pada pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) dengan website education marketplace. Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS), 6(1), 12–26. https://doi.org/10.33474/jipemas.v6i1.19282