Peningkatan kompetensi menghafal al-qur’an siswa melalui metode pembelajaran inovatif di era normal baru

Authors

  • Hariyanto Universitas Ibrahimy
  • Junaidi Universitas Ibrahimy
  • Moh. Nawafil Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember

DOI:

https://doi.org/10.33474/jipemas.v6i3.19299

Keywords:

pembelajaran inovatif, menghafal al-qur’an, metode

Abstract

Setiap pemeluk agama Islam pasti mempunyai keinginan menghafal Al-Qur’an, terutama hafal 30 juz. Akan tetapi kompetensi menghafal Al-Qur’an tidak semudah yang dibayangkan. Perlu usaha, ketekunan, dan semangat yang tinggi untuk mencapai target hafalan. Apalagi menghafalkan Al-Qur’an di era pandemi COVID-19 ini dengan berbagai problematikanya, tentu menjadi sebuah tantangan yang berarti bagi seluruh penghafal Al-Qur’an. Maka dari itu tulisan ini bertujuan untuk mendeskripsikan kegiatan belajar mengajar menghafal Al-Qur’an melalui pemberian metode pembelajaran yang inovatif sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif yang bersifat Participatory Action Research dengan beberapa tahap, dimulai dari persiapan, pelaksanaan sampai evaluasi. Metode pembelajaran inovatif yang diterapkan adalah pemberian materi tentang tips dan trik cepat menghafal Al-Qur’an, home visit method, dan muraja’ah terbimbing. Hasil evaluasi kegiatan ini mempunyai dampak positif dalam meningkatkan kompetensi menghafal Al-Qur’an siswa melalui metode pembelajaran yang inovatif.

References

Anggrawan, A. (2019). Analisis Deskriptif Hasil Belajar Pembelajaran Tatap Muka dan Pembelajaran Daring Menurut Gaya Belajar Mahasiswa. Jurnal Matrik, 18(2), 339–346. https://doi.org/10.30812/matrik.v18i2.411

Anwar, K., & Hafiyana, M. (2018). Implementasi Metode ODOA (One Day One Ayat) dalam Meningkatkan Kemampuan Menghafal al-Quran. Jurnal Pendidikan Islam Indonesia, 2(2), 181–198. https://doi.org/10.35316/jpii.v2i2.71

Arifin, Z. (2011). Evaluasi Pembelajaran. Remaja Rosdakarya.

Arizona, K., Abidiin, Z., & Rumansyah. (2020). Pembelajaran Online Berbasis Proyek Salah Satu Solusi Kegiatan Belajar Mengajar Di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 5(1), 64–70. https://doi.org/10.29303/jipp.v5i1.111

Astuti, H. (2021). Berbakti Kepada Orang Tua dalam Ungkapan Hadis. Jurnal Riset Agama, 1(1), 45–58. https://doi.org/10.15575/jra.v1i1.14255

Bahruddin, U., & Febriani, S. R. (2020). Student’s Perceptions of Arabic Online Learning During COVID-19 Emergency. Journal for Education of Gifted Young Scientist, 8(4), 1483–1491. https://doi.org/10.17478/jegys.763705

Barovih, G., Handayani, F. S., & Lie, S. (2021). Optimalisasi Pemanfaatan Microsoft Power Point dalam Pembuatan Materi Ajar yang Kreatif Bagi Guru SMK Nurul Iman di Era New Normal. Dinamisia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(5), 1097–1106. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v5i5.7065

Dianto. (2021). Character Building in New Normal Islamic Education. Proceeding International Seminar of Islamic Studies, 2(1), 264–269. https://jurnal.umsu.ac.id/index.php/insis/article/view/6255

Djuwairiyah, & Nawafil, M. (2021). Urgensi Pengelolaan Kelas; Suatu Analisis Filosofis dan Pemahaman Dasar Bagi Kalangan Pendidik di Pesantren. Edupedia: Jurnal Studi Pendidikan Dan Pedagogi Islam, 5(2), 27–36. https://doi.org/10.35316/edupedia.v5i2.1091

Dwita, K. D., Anggraeni, A. I., & Haryadi. (2018). Pengaruh Home Visit dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa di SDIT Harapan Bunda Purwokerto. Jurnal Ekonomi, Bisnis, Dan Akuntansi, 20(1), 1–15. https://doi.org/10.32424/jeba.v20i1.1084

El-Faradis, F., & Fitri, A. (2020). Strategi Imtaq IAIN Madura Dalam Menjaga Hafalan Mahasiswa di Era Disrupsi. Maharot : Journal of Islamic Education, 4(1), 25–48. https://doi.org/10.28944/maharot.v4i1.208

Evi, T. (2020). Manfaat Bimbingan Dan Konseling Bagi Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 2(1), 72–75. https://doi.org/10.31004/jpdk.v1i2.589

Hendrawati, W., Rosidi, R., & Sumar, S. (2020). Aplikasi Metode Tasmi’ Dan Muraja’ah Dalam Program Tahfidzul Quran Pada Santriwati di Ma’had Tahfidz Hidayatul Qur’an Desa Puding Besar. LENTERNAL: Learning and Teaching Journal, 1(1), 1–8. https://doi.org/10.32923/lenternal.v1i1.1272

Hidayat, A. (2018). Muslim Zaman Now 30 Hari Hafal Alquran Metode At Taisir. Institut Quantum Akhyar.

Masita, R., Khirana, R. D., & Gulo, S. P. (2020). Santri Penghafal Alquran: Motivasi dan Metode Menghafal Alquran Santri Pondok Pesantren Tahfizul Qur’an Sungai Pinang Riau. Idarotuna, 3(1), 71–83. https://doi.org/10.24014/idarotuna.v3i1.11339

Muhyiddin. (2020). Covid-19 , New Normal dan Perencanaan Pembangunan di Indonesia. Jurnal Perencanaan Pembangunan: The Indonesian Journal of Development Planning, 4(2), 240–252. https://doi.org/10.36574/jpp.v4i2.118

Munir, A. S., & Muassomah. (2021). Pembelajaran Bahasa Arab di Era Pandemi: Implementasi E-Learning di Sekolah Dasar Islamic Global School Kota Malang. Lisanul Arab: Journal of Arabic Learning and Teaching, 10(1), 93–102. https://doi.org/10.15294/la.v10i1.43719

Mustofa, M. I., Chodzirin, M., Sayekti, L., & Fauzan, R. (2019). Formulasi Model Perkuliahan Daring Sebagai Upaya Menekan Disparitas Kualitas Perguruan Tinggi. Walisongo Journal of Information Technology, 1(2), 151–160. https://doi.org/10.21580/wjit.2019.1.2.4067

Nawafil, M., & Suparwany. (2021). Revitalization of Theoretical Response Study of Ignaz Goldziher and Joseph Schacht Hadith Criticism. Al-Bukhari: Jurnal Ilmu Hadits, 4(2), 116–140. https://doi.org/10.32505/al-bukhari.v4i2.3385

Purwanto, R. (2021). Home Visit Method Dalam Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Terampil: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 8(1), 51–64. https://doi.org/10.24042/terampil.v8i1.8639

Rahmi, Y. (2019). Metode Muraja’ah dalam Menghafal Al-Qur`An di Pondok Pesantren Al-Mubarok Tahtul Yaman Kota Jambi. Innovatio: Journal for Religious-Innovation Studies, 19(1), 65–76. https://doi.org/10.30631/innovatio.v19i1.78

Salamah, U. (2018). Pengajaran Menggunakan Metode Kaisa Dalam Menghafal Al Quran Pada Anak. Journal Ta’limuna, 7(2), 124. https://doi.org/10.32478/talimuna.v7i2.186

Shaleh, M., & Anhusadar, L. O. (2021). Kesiapan Lembaga PAUD dalam Pembelajaran Tatap Muka pada New Normal. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 2158–2167. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.1139

Siahaan, M. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Dunia Pendidikan. Jurnal Kajian Ilmiah, 1(1), 73–80. https://doi.org/10.31599/jki.v1i1.265

Siregar, H. (2021). Implikasi Tahfiz Alquran Terhadap Akhlak Remaja di Kelurahan Pasar Sibuhuan Kecamatan Barumun Kabupaten Padang Lawas. Studi Multidisipliner: Jurnal Kajian Keislaman, 8(1), 70–85. https://doi.org/10.24952/multidisipliner.v8i1.3312

Solihin, R. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Tahfidz Al-Quran di Sekolah Dasar. Jurnal Asy-Syukriyyah, 21(2), 154–163. https://doi.org/10.36769/asy.v21i02.108

Tarma, M., N. A., & Mulyati. (2015). Pelatihan Pembuatan Permen dan Jelly Antanan Sebagai Suplemen untuk Meningkatkan Kemampuan Daya Ingat Bagi Santri Penghafal Al-Quran di Pesantren Sabila Citeureup Bogor. Sarwahita: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 12(1), 63–69. https://doi.org/10.21009/sarwahita.121.10

Yaqien, N. (2008). Esensialitas Home Visit Dalam Pendidikan. Madrasah: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 1(1), 1–15. https://doi.org/10.18860/jt.v1i1.1857

Downloads

Published

2023-09-04

How to Cite

Hariyanto, Junaidi, & Nawafil, M. (2023). Peningkatan kompetensi menghafal al-qur’an siswa melalui metode pembelajaran inovatif di era normal baru. Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS), 6(3), 440–452. https://doi.org/10.33474/jipemas.v6i3.19299