Peningkatan kompetensi menghafal al-qur’an siswa melalui metode pembelajaran inovatif di era normal baru
DOI:
https://doi.org/10.33474/jipemas.v6i3.19299Keywords:
pembelajaran inovatif, menghafal al-qur’an, metodeAbstract
Setiap pemeluk agama Islam pasti mempunyai keinginan menghafal Al-Qur’an, terutama hafal 30 juz. Akan tetapi kompetensi menghafal Al-Qur’an tidak semudah yang dibayangkan. Perlu usaha, ketekunan, dan semangat yang tinggi untuk mencapai target hafalan. Apalagi menghafalkan Al-Qur’an di era pandemi COVID-19 ini dengan berbagai problematikanya, tentu menjadi sebuah tantangan yang berarti bagi seluruh penghafal Al-Qur’an. Maka dari itu tulisan ini bertujuan untuk mendeskripsikan kegiatan belajar mengajar menghafal Al-Qur’an melalui pemberian metode pembelajaran yang inovatif sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif yang bersifat Participatory Action Research dengan beberapa tahap, dimulai dari persiapan, pelaksanaan sampai evaluasi. Metode pembelajaran inovatif yang diterapkan adalah pemberian materi tentang tips dan trik cepat menghafal Al-Qur’an, home visit method, dan muraja’ah terbimbing. Hasil evaluasi kegiatan ini mempunyai dampak positif dalam meningkatkan kompetensi menghafal Al-Qur’an siswa melalui metode pembelajaran yang inovatif.
References
Anggrawan, A. (2019). Analisis Deskriptif Hasil Belajar Pembelajaran Tatap Muka dan Pembelajaran Daring Menurut Gaya Belajar Mahasiswa. Jurnal Matrik, 18(2), 339–346. https://doi.org/10.30812/matrik.v18i2.411
Anwar, K., & Hafiyana, M. (2018). Implementasi Metode ODOA (One Day One Ayat) dalam Meningkatkan Kemampuan Menghafal al-Quran. Jurnal Pendidikan Islam Indonesia, 2(2), 181–198. https://doi.org/10.35316/jpii.v2i2.71
Arifin, Z. (2011). Evaluasi Pembelajaran. Remaja Rosdakarya.
Arizona, K., Abidiin, Z., & Rumansyah. (2020). Pembelajaran Online Berbasis Proyek Salah Satu Solusi Kegiatan Belajar Mengajar Di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 5(1), 64–70. https://doi.org/10.29303/jipp.v5i1.111
Astuti, H. (2021). Berbakti Kepada Orang Tua dalam Ungkapan Hadis. Jurnal Riset Agama, 1(1), 45–58. https://doi.org/10.15575/jra.v1i1.14255
Bahruddin, U., & Febriani, S. R. (2020). Student’s Perceptions of Arabic Online Learning During COVID-19 Emergency. Journal for Education of Gifted Young Scientist, 8(4), 1483–1491. https://doi.org/10.17478/jegys.763705
Barovih, G., Handayani, F. S., & Lie, S. (2021). Optimalisasi Pemanfaatan Microsoft Power Point dalam Pembuatan Materi Ajar yang Kreatif Bagi Guru SMK Nurul Iman di Era New Normal. Dinamisia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(5), 1097–1106. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v5i5.7065
Dianto. (2021). Character Building in New Normal Islamic Education. Proceeding International Seminar of Islamic Studies, 2(1), 264–269. https://jurnal.umsu.ac.id/index.php/insis/article/view/6255
Djuwairiyah, & Nawafil, M. (2021). Urgensi Pengelolaan Kelas; Suatu Analisis Filosofis dan Pemahaman Dasar Bagi Kalangan Pendidik di Pesantren. Edupedia: Jurnal Studi Pendidikan Dan Pedagogi Islam, 5(2), 27–36. https://doi.org/10.35316/edupedia.v5i2.1091
Dwita, K. D., Anggraeni, A. I., & Haryadi. (2018). Pengaruh Home Visit dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa di SDIT Harapan Bunda Purwokerto. Jurnal Ekonomi, Bisnis, Dan Akuntansi, 20(1), 1–15. https://doi.org/10.32424/jeba.v20i1.1084
El-Faradis, F., & Fitri, A. (2020). Strategi Imtaq IAIN Madura Dalam Menjaga Hafalan Mahasiswa di Era Disrupsi. Maharot : Journal of Islamic Education, 4(1), 25–48. https://doi.org/10.28944/maharot.v4i1.208
Evi, T. (2020). Manfaat Bimbingan Dan Konseling Bagi Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 2(1), 72–75. https://doi.org/10.31004/jpdk.v1i2.589
Hendrawati, W., Rosidi, R., & Sumar, S. (2020). Aplikasi Metode Tasmi’ Dan Muraja’ah Dalam Program Tahfidzul Quran Pada Santriwati di Ma’had Tahfidz Hidayatul Qur’an Desa Puding Besar. LENTERNAL: Learning and Teaching Journal, 1(1), 1–8. https://doi.org/10.32923/lenternal.v1i1.1272
Hidayat, A. (2018). Muslim Zaman Now 30 Hari Hafal Alquran Metode At Taisir. Institut Quantum Akhyar.
Masita, R., Khirana, R. D., & Gulo, S. P. (2020). Santri Penghafal Alquran: Motivasi dan Metode Menghafal Alquran Santri Pondok Pesantren Tahfizul Qur’an Sungai Pinang Riau. Idarotuna, 3(1), 71–83. https://doi.org/10.24014/idarotuna.v3i1.11339
Muhyiddin. (2020). Covid-19 , New Normal dan Perencanaan Pembangunan di Indonesia. Jurnal Perencanaan Pembangunan: The Indonesian Journal of Development Planning, 4(2), 240–252. https://doi.org/10.36574/jpp.v4i2.118
Munir, A. S., & Muassomah. (2021). Pembelajaran Bahasa Arab di Era Pandemi: Implementasi E-Learning di Sekolah Dasar Islamic Global School Kota Malang. Lisanul Arab: Journal of Arabic Learning and Teaching, 10(1), 93–102. https://doi.org/10.15294/la.v10i1.43719
Mustofa, M. I., Chodzirin, M., Sayekti, L., & Fauzan, R. (2019). Formulasi Model Perkuliahan Daring Sebagai Upaya Menekan Disparitas Kualitas Perguruan Tinggi. Walisongo Journal of Information Technology, 1(2), 151–160. https://doi.org/10.21580/wjit.2019.1.2.4067
Nawafil, M., & Suparwany. (2021). Revitalization of Theoretical Response Study of Ignaz Goldziher and Joseph Schacht Hadith Criticism. Al-Bukhari: Jurnal Ilmu Hadits, 4(2), 116–140. https://doi.org/10.32505/al-bukhari.v4i2.3385
Purwanto, R. (2021). Home Visit Method Dalam Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Terampil: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 8(1), 51–64. https://doi.org/10.24042/terampil.v8i1.8639
Rahmi, Y. (2019). Metode Muraja’ah dalam Menghafal Al-Qur`An di Pondok Pesantren Al-Mubarok Tahtul Yaman Kota Jambi. Innovatio: Journal for Religious-Innovation Studies, 19(1), 65–76. https://doi.org/10.30631/innovatio.v19i1.78
Salamah, U. (2018). Pengajaran Menggunakan Metode Kaisa Dalam Menghafal Al Quran Pada Anak. Journal Ta’limuna, 7(2), 124. https://doi.org/10.32478/talimuna.v7i2.186
Shaleh, M., & Anhusadar, L. O. (2021). Kesiapan Lembaga PAUD dalam Pembelajaran Tatap Muka pada New Normal. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 2158–2167. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.1139
Siahaan, M. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Dunia Pendidikan. Jurnal Kajian Ilmiah, 1(1), 73–80. https://doi.org/10.31599/jki.v1i1.265
Siregar, H. (2021). Implikasi Tahfiz Alquran Terhadap Akhlak Remaja di Kelurahan Pasar Sibuhuan Kecamatan Barumun Kabupaten Padang Lawas. Studi Multidisipliner: Jurnal Kajian Keislaman, 8(1), 70–85. https://doi.org/10.24952/multidisipliner.v8i1.3312
Solihin, R. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Tahfidz Al-Quran di Sekolah Dasar. Jurnal Asy-Syukriyyah, 21(2), 154–163. https://doi.org/10.36769/asy.v21i02.108
Tarma, M., N. A., & Mulyati. (2015). Pelatihan Pembuatan Permen dan Jelly Antanan Sebagai Suplemen untuk Meningkatkan Kemampuan Daya Ingat Bagi Santri Penghafal Al-Quran di Pesantren Sabila Citeureup Bogor. Sarwahita: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 12(1), 63–69. https://doi.org/10.21009/sarwahita.121.10
Yaqien, N. (2008). Esensialitas Home Visit Dalam Pendidikan. Madrasah: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 1(1), 1–15. https://doi.org/10.18860/jt.v1i1.1857
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Hariyanto, Junaidi, Moh. Nawafil
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
.