Peningkatan pengetahuan dan keterampilan pelaku UMKM perikanan melalui sosialisasi manajemen dan pemasaran
DOI:
https://doi.org/10.33474/jipemas.v6i2.19385Keywords:
pengembangan, pesisir, UMKM perikananAbstract
Desa Muarabaru merupakan kawasan pesisir karawang yang mengembangkan hasil produk perikanan dalam meningkatkan pendapatan rumah tangga nelayan. Keterlibatan anggota keluarga dalam rumah tangga masyarakat pesisir dalam aktivitas mencari nafkah sudah menjadi pola strategi adaptasi penghidupan yang terkonstruksi baik secara tradisi maupun akibat dari dinamika kondisi lingkungan sosial ekonomi. Permasalahan yang dihadapi adalah: 1) Tingginya tingkat kemiskinan masyarakat kawasan pesisir, 2) Keterbatasan sumber daya manusia dan kemampuan dalam memaksimalkan sumberdaya perikanan yang ada, 3) Keterbatasan modal dalam usaha pengolahan hasil perikanan. Oleh karena itu, Pengabdian pada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan masyarakat pesisir khususnya dalam mengolah hasil perikanan melalui pendampingan dan pelatihan dalam perbaikan produk hasil perikanan serta diperlukan strategi pemasaran pada UMKM perikanan sehingga meningkatkan pendapatan rumah tangga nelayan dan menjadi solusi dari pengentasan kemiskinan masyarakat pesisir di Indonesia.
References
Adiningsih, H. (2016). Strategi Pengembangan Umkm Pedesaan Menuju Entrepreneurs Village pada Pasar Global. In Program Kreativitas Mahasiswa. Universitas Esa Unggul.
Anoraga, P. (2007). Pengantar Bisnis: Pengelolaan Bisnis dalam Era Globalisasi. Rineka Cipta.
Astanty, W. F., & Arief, A. A. (2014). Analisis Peran Kapasitas Perempuan Pesisir dalam Aktivitas Budidaya Rumput (Euchema cottonii) di Kabupaten Takalar (Studi Kasus di Desa Punaga Kecamatan Mangarabombag). Jurnal Galung Tropika, 3(3), 149–158. https://doi.org/10.31850/jgt.v3i3.88
BPS Karawang. (2022). Karawang Dalam Angka 2022.
Budiharsono, S. (2009). Teknik Analisis Pembangunan Wilayah Pesisir dan Lautan. PT. Pradnya Paramita.
Hakim, M. (2015). Pengaruh Pendampingan Inkubator Wirausaha terhadap Kinerja Keuangan UMKM Tenant Jambi (Studi Kasus UMKM Tenant Inkubator Bisnis Unggul FEB UNJA). Universitas Jambi.
Hidayat, W., Mahmuriyah, R., & Safitri, S. N. R. (2016). Media Visual Berbentuk Katalog Produk Sebagai Media Promosi. Journal Sensi: Strategic of Education in Information System, 2(2), 184–197. https://doi.org/10.33050/sensi.v2i2.752
Irmayanti, I. K. (2021). Strategi Penerapan Business Plan Dalam Meningkatkan Penjualan Menurut Perspektif Ekonomi Islam. Jurnal Akuntansi Dan Keuangan Syariah, 1(2), 65–80. https://doi.org/10.30863/akunsyah.v1i2
Kasryno, F. (1984). Suatu Altematif Pembangunan Ekonomi Pedesaan. Yayasan Obor.
Kusnadi, Sulistiyowati, H., Sumarjono, & Prasodjo, A. (2006). Perempuan Pesisir (Kusnadi (ed.)). LKIS Pelangi Aksara.
Moma, L. (2017). Pengembangan Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Pemecahan Masalah Matematis Mahasiswa Melalui Metode Diskusi. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 36(1), 130–139. https://doi.org/10.21831/cp.v36i1.10402
Mutiara, T., Wibowotomo, B., Issutarti, & Whayuni, W. (2018). Diversifikasi Pengolahan Produk Perikanan Bagi Kelompok Nelayan Di Kabupaten Trenggalek. Jurnal KARINOV, 1(1), 19–30. https://doi.org/10.17977/um045v1i1p%25p
Pangesti, D. T., Raharini, H., Razak, A., & Kamal, E. (2023). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Produktifitas Nelayan di Pantai Sasak Kabupaten Pasaman Barat. Jurnal Sosial Ekonomi Pesisir, 4(1), 1–5. https://sep.ejournal.unri.ac.id/index.php/jsep/article/view/120
Rapini, T., Kristiyana, N., Santoso, A., & Setyawan, F. (2020). Strategi pengembangan produk jipang berbasiskan pelatihan manajemen usaha dan pemasaran yang kreatif. Masyarakat Berdaya Dan Inovasi, 1(1), 12–18. https://doi.org/10.33292/mayadani.v1i1.7
Rully, T., Alhifni, A., Brawijaya, A., Thantawi, T. R., & Paramita, M. (2019). Pemberdayaan Masyarakat Kampung Wangun Tengah, Kelurahan Sindangsari, Kecamatan Bogor Timur, Kota Bogor melalui Pendirian Lembaga Keuangan Mikro Syariah di Pondok Pesantren. Qardhul Hasan: Media Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 15–22. https://doi.org/10.30997/qh.v5i1.1609
Setyorini, E. S., Noorachmat, B. P., & Syamsun, M. (2018). Strategi Pemasaran Produk Olahan Hasil Perikanan Pada UMKM Cindy Group. MANAJEMEN IKM: Jurnal Manajemen Pengembangan Industri Kecil Menengah, 13(1), 19–28. https://doi.org/10.29244/mikm.13.1.19-28
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Yeni Sari Wulandari, Slamet Abadi, Fatimah Az Zahra, Ali Fahmi Syahputra
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
.