Pembuatan bahan ajar sejarah tematik bagi guru MGMP sejarah tingkat SMA/MA

Authors

  • Ronal Ridhoi Universitas Negeri Malang
  • Lutfiah Ayundasari Universitas Negeri Malang
  • Ana Khairunnisaa Universitas Negeri Malang
  • Achmad Faisol Hadi Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.33474/jipemas.v6i1.19388

Keywords:

sejarah tematik, bahan ajar, Lumajang, guru

Abstract

Materi Sejarah Indonesia yang disajikan dalam buku teks sejarah belum menunjukkan perubahan signifikan hingga saat ini. Narasi didalamnya didominasi peristiwa besar dengan tokoh besar yang berperan di baliknya. Guru pun hanya menjelaskan narasi tersebut di dalam kelas. Fenomena ini juga terjadi di kalangan guru MGMP Sejarah Kabupaten Lumajang. Salah satu upaya untuk menjadikan sejarah lebih menarik dan tidak membosankan adalah menggali sejarah tematik di tingkat daerah, dalam hal ini kawasan Lumajang Jawa Timur. Sejarah tematik yang dimaksud yaitu narasi sejarah bertema mikro, lokal, dan unik untuk memahami masa lalu Lumajang. Metode yang digunakan adalah Participatory Action Research (PAR) yang terdiri dari 5 tahap, yaitu: (1) persiapan, (2) sosialisasi dan pelatihan, (3) FGD, (4) monitoring, dan (5) evaluasi. Hasil dari pengabdian ini menunjukkan bahwa guru sejarah mampu melakukan penelitian dan penulisan bahan ajar sejarah tematik yang dibuktikan dengan terbitnya book chapter ber-ISBN berjudul Kawasan Lumajang dalam Kajian Sejarah Tematik. Pengabdian ini juga memberikan kontribusi terhadap penulisan historiografi sejarah Kabupaten Lumajang dalam lingkup tematik dan mikro yang dapat digunakan sebagai pelengkap buku teks sejarah.

References

Afandi, A. (2020). Participatory Action Research (PAR) Metodologi Alternatif Riset dan Pengabdian Kepada Masyarakat Transformatif. Workshop Pengabdian Berbasis Riset Di LP2M UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.

Afandi, A., Laily, N., Wahyudi, N., Umam, M. H., & Kambau, R. A. (2022). Metodologi Pengabdian Masyarakat (1st ed., Vol. 1). Kemenag RI. http://diktis.kemenag.go.id

Ahmad, T. A., Sodiq, I., & Suryadi, A. (2014). Kendala-Kendala Guru Dalam Pembelajaran Sejarah Kontroversial di SMA Negeri Kota Semarang. Paramita: Historical Studies Journal. https://doi.org/10.15294/paramita.v24i2.3128

Atmi, R. T., Gunarti, E., Mutia, F., Prihatini, I. C., & Penulis, K. (2022). Peningkatan literasi masyarakat melalui perpustakaan desa berbasis inklusi sosial. Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS), 486(3), 486–497. https://doi.org/10.33474/jipemas.v5i3.15559

Ayundasari, L. (2017). Urgensi pembelajaran sejarah berbasis potensi lokal bahari untuk menumbuhkan minat wirausaha di Pesisir Selatan Kabupaten Malang. Sejarah Dan Budaya: Jurnal Sejarah, Budaya, Dan Pengajarannya, 11(2). http://dx.doi.org/10.17977/um020v11i22017p211

Azra, A. (2011). Konsep Kesejarahan Kuntowijoyo, Pentingnya Imaginasi, Emosi, Instuisi, dan Estetika Bahasa yang Khas dalam Penulisan Sejarah. INSANIA: Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 3(2). https://www.researchgate.net/publication/279500163

Febbrizal, F., & Aman, A. (2019). Mata Pelajaran Sejarah SMA di Kurikulum 2013. Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 22(2), 203–212. https://doi.org/10.24252/lp.2019v22n2i2

Hakim, P., Kurniawan, A., & Vianahar, N. M. (2019). Media Interaktif Belajar Budaya di Museum Lumajang. Jurnal Desain Idea: Jurnal Desain Produk Industri Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya, 18(2), 69–72. http://dx.doi.org/10.12962/iptek_desain.v18i2.6208

Hasan, S. I. (2022). Perancangan buku cerita bergambar tentang” Arya Wiraraja dan Lanajang Tigang Juru” sebagai media informasi sejarah Kota Lumajang. In SKRIPSI Mahasiswa UM. Universitas Negeri Malang. Program Studi Desain Komunikasi Visual.

Kartodirdjo, S. (1963). Historical study and historians in indonesia today. Journal of Southeast Asian History. https://doi.org/10.1017/S0217781100000740

Kartodirdjo, S. (1993). Pendekatan Ilmu Sosial dalam Metodologi Sejarah. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Umum.

Khoirunnisa, F., Sabekti, A. W., & Yulita, I. (2019). Pengembangan Kemampuan Menulis Ilmiah Berbantukan Manajemen Referensi Mendeley Bagi Guru-Guru SMA/Sederajat Di Kabupaten Bintan. Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS), 3(1), 1–6. https://doi.org/10.33474/jipemas.v3i1.2697

Lestari, F. E. (2019). Perancangan buku cerita berbentuk pop-up tentang sejarah Kabupaten Lumajang. Universitas Negeri Malang.

McIntyre, A. (2007). Participatory action research. Sage Publications.

Nisa’, S. F., Yoga, A. K. D., & Ridhoi, R. (2021). Terpinggirkan di tanah kelahiran: potret kelompok Indo di Hindia Belanda abad ke-19-20. JOIN, 01(02). http://journal2.um.ac.id/index.php/JDS/article/view/22145

Nordholt, H. S., Purwanto, B., & Saptari, R. (2008). Perspektif baru penulisan sejarah Indonesia. Jakarta: KITLV/Obor.

Purwanto, B. (2001). Historisisme Baru dan Kesadaran Dekonstruktif: Kajian Kritis Terhadap Historiografi Indonesiasentris. Humaniora, 13(1). https://doi.org/10.22146/jh.709

Purwanto, B. (2006). Gagalnya Historiografi Indonesiasentris?! Yogyakarta: Ombak.

Ridhoi, R. (2019). Tema Baru Historiografi Bagi Pembelajaran Sejarah Tingkat SMA/SMK di Jawa Timur. Abad Jurnal Sejarah, 3(1). https://www.researchgate.net/publication/342121500_Tema_Baru_Historiografi_Bagi_Pembelajaran_Sejarah_Tingkat_SMASMK_di_Jawa_Timur

Ridhoi, R. (2021). Ada yang Manis di Timur Nusantara? Kosmopolitanisme Tanaman Tebu dalam Historiografi Indonesia. Sejarah dan Budaya : Jurnal Sejarah, Budaya, dan Pengajarannya, 15(1). http://journal2.um.ac.id/index.php/sejarah-dan-budaya/article/view/22224/8189

Ridhoi, R., Hudiyanto, R., Jauhari, N., Nuriansyah, J. S., Fani, D. E., Restanti, N. A. D., Illahi, N. P. F., Novel, M., & Hadi, A. F. (2021). Sejarah Banjir Sampang, 1872-2020 (R. Ridhoi, Ed.). Java.

Ridhoi, R., Subekti, A., Ayundasari, L., Sulistyo, W. D., & Khakim, M. N. L. (2021). Kawasan Mojokerto dalam Kajian Sejarah Tematik (R. Ridhoi, Ed.). Java Creative.

Sapto, A., Ayundasari, L., Ridhoi, R., & Khakim, M. N. L. (2019). Pengembangan Kajian Sejarah Tematik Sebagai Alternatif Bahan Ajar Sejarah Tingkat Menengah Atas di Blitar. Jurnal Praksis Dan Dedikasi Sosial. https://doi.org/10.17977/um032v0i0p13-18

Sardiman, S. (2015). Menakar Posisi Sejarah Indonesia pada Kurikulum 2013. ISTORIA: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sejarah. https://doi.org/10.21831/istoria.v11i2.7555

Suryanullah, A. S., Agung, D. A. G., & Ridhoi, R. (2021). Perubahan ekologi pantai paciran-brondong di lamongan tahun 1930-2010. Historiography: Journal of Indonesian History and Education, 1(3). http://journal2.um.ac.id/index.php/JDS/article/view/20828/pdf

Wibowo, T. U. S. H. (2017). Membangun Literasi Sejarah Lokal di Kalangan Siswa melalui Pembelajaran Sejarah Berbasis Keunikan Toponimi Kawasan Banten Lama. Proceeding of The 1st ICoLLiT. http://hdl.handle.net/11617/8953

Downloads

Published

2023-02-25

How to Cite

Ridhoi, R., Ayundasari, L., Khairunnisaa, A., & Hadi, A. F. (2023). Pembuatan bahan ajar sejarah tematik bagi guru MGMP sejarah tingkat SMA/MA. Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS), 6(1), 37–48. https://doi.org/10.33474/jipemas.v6i1.19388