Analisis kekuatan, kelemahan, kesempatan, dan ancaman dalam pengembangan desa wisata

Authors

  • Muhammad Aulia Taufiqi Sekolah Tinggi Agama Islam Ma’had Ali Cirebon
  • Malik Sofy Sekolah Tinggi Agama Islam Ma’had Ali Cirebon
  • Deden Purbaya Sekolah Tinggi Agama Islam Ma’had Ali Cirebon

DOI:

https://doi.org/10.33474/jipemas.v7i1.19410

Keywords:

pengembangan, desa wisata, UMKM

Abstract

Pengabdian ini bertujuan untuk menganalis kekuatan dan kelemahan yang terjadi dalam pengembangan desa wisata, bagaimana cara masyarakat mengembangkan Desa Wisata utamanya Pemancingan Jambu Manis (PJM) dan UMKM Keripik Pare di Desa Kepongpongan, Kecamatan Talun Kabupaten Cirebon, dan bagaimana masyarakat setempat menyelesaikan masalah yang terjadi dalam pengelolaan kegiatan tersebut. Pengabdian ini menggunakan metode Asset-Based Community Development, analisis data, dan wawancara dengan stakeholder (Pemangku Kebijakan/ Kepentingan). Dari pengabdian yang telah dilakukan, penulis menemukan bahwa dalam pengelolaan Desa Wisata dan UMKM yang ada di Desa Kepongpongan, masyarakat masih menemukan kendala dalam hal promosi, banyak dari mereka masih menggunakan gaya promosi lama atau masih dari mulut ke mulut belum menggunakan media sosial. Sehingga belum banyak masyarakat diluar Desa Kepongpongan mengetahui akan potensi wisata dan UMKM yang ada. Dari pengabdian ini pula, akhirnya masyarakat mulai mengetahui bagaimana mempromosikan Wisata dan UMKM yang ada dengan baik demi terwujudnya tujuan awal adanya pengelolaan kegiatan tersebut.

References

Abdussamad, Z. (2021). Metode Penelitian Kualitatif. Syakir Media Press.

Al-Kautsari, M. M. (2019). Asset-Based Community Development: Strategi Pengembangan Masyarakat. Empower: Jurnal Pengembangan Masyarakat Islam, 4(2), 259–278. https://doi.org/10.24235/empower.v4i2.4572

Amsyari, F. (2018). Kebijakan dan Manajemen Publik Kolaborasi Antar Stakeholder dalam Pengembangan Sektor Pariwisata Religi di Makam Sunan Ampel Kota Surabaya. Kebijakan Dan Manajemen Publik, 6(1), 10–21.

Anggoro, D., Hasugian, H., & Nofiyani. (2020). Implementasi Digital Marketing Pada UKM Guna Meningkatkan Pemasaran dan Penjualan Produk Di Masa Pandemi Covid-19. JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 1(3), 384–391. https://doi.org/10.37339/jurpikat.v1i3.345

Budiana, Sutardi, E., Irmarwah, D., Munasir, J., & Sidik, M. I. (2021). Upaya Pemerintah Desa dalam Melestarikan Sumur Wasiat Guna Meningkatkan Ekonomi Masyarakat Sekitar. COMSERVA Indonesian Jurnal of Community Services and Development, 1(1), 1–7. https://doi.org/10.59141/comserva.v1i1.1

Fahmi, D. A., Wibisana, M. I. N., Ginting, R., Pratama, D. S., & Hidayat, R. (2018). Program Kemitraan Masyarakat (PKM) Pengembangan Desa Wisata di Desa Sitiluhur Kecamatan Gembong Kabupaten Pati. Journal of Dedicators Community, 2(1), 39–43. https://doi.org/10.34001/jdc.v2i1.683

Fajri, H., Permana, I., Yuliarti, Y., & Wahyuni, N. (2022). Peningkatan keterlibatan stakeholder dalam upaya pembangunan wisata nagari. Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS), 5(2), 221–233. https://doi.org/10.33474/jipemas.v5i2.14055

Hardani, Auliya, N. H., Andriani, H., Fardani, R. A., Ustiawaty, J., Utami, E. F., Sukmana, D. J., & Istiqomah, R. R. (2020). Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. Pustaka Ilmu.

Haris, M., Ahid, N., & Ridhowan, M. (2022). Pendampingan Budaya Literasi Dengan Metode ABCD (Asset Based Community Development) Terhadap Santri Kelas 3 SMP di Asrama Al Maliki Pondok Pesantren Sunan Drajat Banjarwati Banjaranyar Paciran Lamongan. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bestari, 1(1), 29–36. https://doi.org/10.55927/jpmb.v1i1.618

Harsanto, B., Mulyana, A., Faisal, Y. A., & Shandy, V. M. (2022). Inovasi lingkungan dan dampak pandemi: Studi kasus pada UMKM makanan dan minuman. Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS), 5(2), 268–279. https://doi.org/10.33474/jipemas.v5i2.14147

Husniyah, A., Basyah, N. A., & Mustofa, A. (2022). Dampak Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Terhadap Pengentasan Kemiskinan dan Pengangguran di Kota Sibolga. Economica Didactica, 2(1), 2354–6360. https://doi.org/10.17529/jed.v3i1.24850

Jaelani, & Suhaemi, B. (2021). Digitalisasi Marketing Sebagai Strategi Dalam Meningkatkan Penjualan Umkm Di Desa Rancabango Pada Masa Pandemi Covid-19. Proceedings UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 1(23), 100–121. https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/297%0Ahttps://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/download/297/256

Junaid, I. (2019). Model Sinergi Unsur Pentaheliks Pariwisata Dalam Pengelolaan Destinasi Wisata Kota Parepare Dan Kabupaten Bone. Sosiohumaniora, 21(1), 22–33. https://doi.org/10.24198/sosiohumaniora.v21i1.17016

Downloads

Published

2023-12-06

How to Cite

Taufiqi, M. A., Sofy, M., & Purbaya, D. (2023). Analisis kekuatan, kelemahan, kesempatan, dan ancaman dalam pengembangan desa wisata. Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS), 7(1), 1–10. https://doi.org/10.33474/jipemas.v7i1.19410