Eksistensi diri melalui tes RMIB dan keterampilan berkomunikasi bagi siswa sekolah menengah kejuruan

Authors

  • Ady Ferdian Noor Universitas Muhammadiyah Palangkaraya
  • A’am Rifaldi Khunaifi Universitas Muhammadiyah Palangkaraya
  • Dedy Setyawan Universitas Muhammadiyah Palangkaraya
  • Arif Supriyadi Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

DOI:

https://doi.org/10.33474/jipemas.v6i2.19472

Keywords:

eksistensi diri, tes RMIB, keterampilan berkomunikasi

Abstract

Siswa masih ragu-ragu dalam menentukan jurusan atau bidang atau minat apa yang selanjutnya yang akan ditekuninya setelah lulus nanti walaupun mereka sudah ada dalam jurusan masing-masing di SMKS Muhammadiyah Pangkalan Bun. Siswa kurang dapat memahami minat sendiri, yang akhirnya banyak salah dalam mengambil keputusan setelah lulus untuk menentukan bidang yang menjadi fokus.Tujaan kegiatan yaitu 1. Siswa dapat melihat minat sesuai dengan kompetensi dan kegemaran yang dimiliki; 2. Siswa dapat memfokuskan minat untuk melanjutkan ke pendidikan tinggi dan/atau untuk bekerja; 3. Siswa dapat mencapai eksistensi diri untuk dapat bersaing dengan memiliki modal pengetahuan peminatan dan keterampilan berkomunikasi; dan 4. Siswa membutuhkan pelatihan komunikasi tertulis dan bicara khususnya bicara melalui praktik presentasi. Metode pelatihan yaitu Tes dan Prsentasi. Peserta pelatihan siswa kelas XII SMKS Muhammadiyah Pangkalan Bun berjumlah 90 orang. Hasil pelatihan yaitu siswa dapat mengerti dan memahami minat sesuai jurusannya dan modal dasar persiapan diri untuk memasuki dunia pembelajran perguruan tinggi.Siswa mendapatkan pengalaman baru dan mengembangkan kemampuan berkomunikasi.

References

Akshara, K. A., Jiju, J., & Thomas, S. (2021). Study on self-esteem and communication skills among young adults. International Journal for Innovative Research in Multidisciplinary Field, 7(1), 172–175. https://www.researchgate.net/publication/348922700_Study_on_self-esteem_and_communication_skills_among_young_adults

Arikpo, O. U., & Grace, D. (2015). Pupils Learning Preferences and Interest Development in learning. Journal of Education and Practice, 6(21), 31–39. https://www.researchgate.net/publication/348922700_Study_on_self-esteem_and_communication_skills_among_young_adults

Astuti, B., & Pratama, A. I. (2020). Hubungan antara efikasi diri dengan keterampilan komunikasi siswa. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 13(2), 147–155. https://doi.org/10.21831/jpipfip.v13i2.33757

Basarah, F. F. (2018). Media Sosial Sebagai Sarana Eksistensi Diri (Reception Analysis Mahasiswa Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Mercu Buana Angkatan 2016). Communicology: Jurnal Ilmu Komunikasi, 6(1), 1–15. https://doi.org/10.21009/Communicology.06.01

Farid, M. T. (2021). Sistem Rekomendasi Minat Anak Menggunakan Alat Tes Rothwell Miller Interest Blank Berbasis Web. Jurnal Ilmiah ILKOMINFO, 4(1), 47–56. https://doi.org/10.47324/ilkominfo.v4i1.116

Handayani, A., Kuncoro, J., & Rohmatun. (2019). Penelusuran Minat Karir Millennial. Jurnal Pelayanan Kepada Masyarakat, 1(2), 161–169. https://doi.org/10.30872/plakat.v1i2.2988

Harackiewicz, J. M., Smith, J. L., & Priniski, S. J. (2016). Interest Matters: The Importance of Promoting Interest in Education. Policy Insights Behav Brain Sci., 3(2), 220–227. https://doi.org/10.1177/2372732216655542

Hariko, R. (2017). Landasan Filosofis Keterampilan Komunikasi Konseling. Jurnal Kajian Bimbingan Dan Konseling, 2(2), 41–49. https://doi.org/10.17977/um001v2i22017p041

Kamaruzzaman. (2016). Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Interpersonal melalui Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Psikodrama pada Siswa Kelas X SMA Negeri 01 Ngabang. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 14(1), 69–82. https://doi.org/10.31571/edukasi.v14i1.286

Khadijah, S., Indrawati, H., & Suarman. (2017). Analisis Minat Peserta Didik untuk Melanjutkan Pendidikan Tinggi. JPIS Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 26(2), 178–188. https://doi.org/10.17509/jpis.v26i2.5617

Listia, W. N. (2015). Anak sebagai Makhluk Sosial. Jurnal Bunga Rampai Usia Emas, 1(1), 14–23. https://doi.org/10.24114/jbrue.v1i1.9278

Marfuah. (2017). Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Peserta Didik melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw. JPIS Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 26(2), 148–160. https://doi.org/10.17509/jpis.v26i2.8313

Mollah, M. K. (2019). Kepercayaan Diri dalam Peningkatan Keterampilan Komunikasi. El-Banat: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Islam, 2(2), 1–20. https://doi.org/10.54180/elbanat.2019.9.1.1-20

Ningsih, D. A. P., Legowo, E., & Hidayat, R. R. (2017). Peningkatan Keterampilan Komunikasi Lisan Siswa sebagai Fungsi dari Teknik Instruksi Diri. Jurnal Kajian Bimbingan Dan Konseling, 2(3), 86–96. https://doi.org/10.17977/um001v2i32017p086

Rochat, P. (2003). Five levels of self-awareness as they unfold early in life. Consciousness and Cognition, 12, 717–731. https://doi.org/10.1016/S1053-8100(03)00081-3

Rowe, W. L. (1983). Self-Existence and the Cosmological Argument. Analysis, 43(1), 61–62. https://doi.org/10.1093/analys/43.1.61

Sari, M. P., Wibowo, Y., & Rusyani, N. S. (2017). Penerapan Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Lisan Peserta Didik di Kelas XI MIA 1 SMA Negeri 1 Sleman Tahun Pelajaran 2017/2018. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi Dan Biologi Jurusan Pendidikan Biologi, Fakultas MIPA, Universitas Negeri Yogyakarta 2017, 2007, 81–88. http://seminar.uny.ac.id/sembiouny2017/prosiding/penerapan-model-discovery-learning-untuk-meningkatkan-keterampilan-komunikasi-lisan

Sparby, T., Edelhäuser, F., & Weger, U. W. (2019). The True Self. Critique, Nature, and Method. Frontiers in Psychology, 10, 1–10. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2019.02250

Urwani, A. N., Ramli, M., & Ariyanto, J. (2018). Analisis dominasi komunikasi scientific pada pembelajaran biologi sekolah menengah atas. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 4(2), 181–190. https://doi.org/10.21831/jipi.v4i2.21465

Wati, M. Y., Maulidia, I. A., Irnawati, & Supeno. (2019). Keterampilan Komunikasi Siswa Kelas VII SMPN 2 Jember dalam Pembelajaran IPA dengan Model Problem Based Learning pada Materi Kalor dan Perubahannya. Jurnal Pembelajaran Fisika, 8(4), 275–280. https://doi.org/10.19184/jpf.v8i4.15237

Wibisono, D. (2020). Pengaruh Penggunaan Instagram terhadap Eksistensi Diri Remaja (Studi Pada Mahasiswa di Lingkungan FISIP UNILA). SOSIOLOGI: Jurnal Ilmiah Kajian Ilmu Sosial Dan Budaya, 22(2), 145–164. https://doi.org/10.23960/sosiologi.v22i2.65

Yuliandari, E. (n.d.). Tes Rothwell Miller Interest Blank (RMIB). Fakultas Psikologi Universitas Surabaya. http://repository.ubaya.ac.id/38086/1/Test inventory Rothwell-Miller %28RMIB%29.pdf

Downloads

Published

2023-05-22

How to Cite

Noor, A. F., Khunaifi, A. R., Setyawan, D., & Supriyadi, A. (2023). Eksistensi diri melalui tes RMIB dan keterampilan berkomunikasi bagi siswa sekolah menengah kejuruan. Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS), 6(2), 335–345. https://doi.org/10.33474/jipemas.v6i2.19472