Pengelolaan project based learning (PjBL) berbasis new teaching factory (TEFA) di sekolah menengah kejuruan

Authors

  • Suranto Suranto Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Nur Aklis Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Yani Sukriah Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
  • Siti Sri Wulandari Universitas Negeri Surabaya
  • Bunga Amanda Universitas Muhammadiyah Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.33474/jipemas.v6i2.19529

Keywords:

project-based learning, new teaching factory

Abstract

Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk memberikan penguatan keterampilan dan kompetensi guru dalam kesiapan menuju SMK berbasis teaching factory, membangun mindset dan konsep teaching factory pada guru SMK dalam rangka meningkatkan pembelajaran berbasis project-based learning. Metode pengabdian menggunakan Participatory Action Research (PAR) tipe ekplanatif dengan tiga langkah kegiatan yaitu identifikasi masalah, pelaksanaan, dan evaluasi. Peserta dalam kegiatan pengabdian ini yaitu kepala sekolah, kepala program, dan guru SMK Muhammadiyah 2 Semarang yang berjumlah 20 orang. Kegiatan dilaksanakan dengan 2 tahap yaitu penyampaian materi dan pelatihan dan pendampingan praktik. Hasil kegiatan ini tahap penyampaian materi 80% peserta sangat memahami pengelolaan pembelajaran PjBL melalui new teaching factory. Hasil dari pelaksanaan pelatihan dan pendampingan didapatkan 97,5% peserta siap merancang dan melaksanakan PjBL berbasis teaching factory dalam menuju kesiapan prodi berbasis teaching factory. Rencana tindak lanjut yang diperlukan berikutnya adalah pendampingan dalam pengelolaan dan pelaksanaan PjBL sesuai dengan desain yang telah dibuat oleh guru dan kepala sekolah di kegiatan pengabdian ini.

References

BPS. (2021). Tingkat Pengangguran Terbuka Berdasarkan Tingkat Pendidikan 2019-2021.

Cholik, M., & Soeryanto. (2020). Model Teaching Factory Based Local Advantages In SMK. International Journal of Advanced Science and Technology, 29(5), 1279–1286. http://sersc.org/journals/index.php/IJAST/article/view/9791

Cobanoglu, F., Sertel, G., & Sarkaya, S. S. (2018). Human resource management practices in Turkish education system (Denizli case). European Journal of Educational Research, 7(4), 833–847. https://doi.org/10.12973/eu-jer.7.4.833

Dwijayanthi, K. D., & Rijanto, T. (2022). Implementation of Taching Factory (TEFA) in Vocational School to Improve Student Work Readiness. Joves, 5(1), 61–71. https://doi.org/https://doi.org/10.12928/joves.v5i1.5922

Ixtiarto, B., & Sutrisno, B. (2016). Kemitraan Sekolah Menengah Kejuruan Dengan Dunia Usaha dan Dunia Industri. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 26(1), 78–85. https://doi.org/10.2317/jpis.v26i1.2130

Laksana, D. S., Isnandar, & Priyono. (2019). The Effect of Teaching Factory Learning Implementation on Student Entrepreneurial Readiness Wood Construction Engineering Expertise Competencies State Vocational High School 1 Sidoarjo. The 2nd International Conference on Vocational Education and Training (ICOVET 2018), 121–125. https://doi.org/10.2991/icovet-18.2019.30

Le, D. H., Thi, T.-T. T., Cao, X. H., & Giang, T. V. (2020). A Pilot Result on Applying the Vocational School-based Program for Vietnamese High School Students based on a New Individual Guidance Approach. European Journal of Educational Research, 9(3), 1337–1346. https://doi.org/10.12973/eu-jer.9.3.1337

Liu, X., Seevers, R., & Lin, H. (2022). Employability skills for MICE management in the context of ICTs. PLoS ONE, 17(7 July), 1–16. https://doi.org/10.1371/journal.pone.0271430

May, M. C., Frenzer, M., & Lanza, G. (2022). Teaching Machine Learning in Learning Factories with Industry 4.0 Use-Cases. SSRN Electronic Journal, Ml, 0–5. https://doi.org/10.2139/ssrn.4071757

Muslim, S. (2019). The Implementation Teaching Factory and Implications on The Preparation of Candidates for Vocational High School. Humanities & Social Sciences Reviews, 7(3), 323–330. https://doi.org/10.18510/hssr.2019.7348

Nurhasanah, N., Ahman, E., & Yusuf, S. (2022). Pengembangan Model Pembelajaran Teaching Factory. Jurnal Basicedu, 6(5), 7986–7993. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3723

Prianto, A., Winardi, & Qomariyah, U. N. (2021). The Effect of the Implementation of Teaching Factory and Its Learning Involvement Toward Work Readiness of Vocational School Graduates. International Journal of Instruction, 14(1), 283–302. https://doi.org/10.29333/iji.2021.14117a

Purwanto, A., Novitasari, D., & Asbari, M. (2022). The Role of Leadership , Teaching Factory (TEFA) Program , Competence of Creative Products and Entrepreneurship on Entrepreneurial Interest of the Vocational School Students. IJOSMAS (International Journal of Social and Management Studies), 3(5), 58–64. https://doi.org/10.5555/ijosmas.v3i5.185

Rohmah, W, Suyatmini, Hasanah, U. U., & Setiyana, B. E. (2021). Pola Pembelajaran Akuntansi Sekolah Menengah Kejuruan Dengan Mengadopsi Teaching Factory. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 31(2), 74–81. https://doi.org/10.23917/jpis.v31i2.15395

Rohmah, Wafrotur, Efita Sari, D., & Wulansari, A. (2019). Pembelajaran Berbasis Teaching Factory di SMK Negeri 2 Surakarta. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 29(2), 78–85. https://doi.org/10.23917/jpis.v29i2.9171

Sediana, D. (2022). Teaching Factory pada Sekolah Menengah Kejuruan untuk Mengatasi Kekurangan Sumber Daya Manusia dalam Implementasi Program Desa Digital Teaching Factory in Vocational High Schools to Overcome Lack of Human Resources in the Implementation of the Digital VIl. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bestari (JPMB), 1(5), 249–262. https://doi.org/10.55927/jpmb.v1i5.891

Smaldone, F., Ippolito, A., Lagger, J., & Pellicano, M. (2022). Employability skills: Profiling data scientists in the digital labour market. European Management Journal, 40(5), 671–684. https://doi.org/10.1016/j.emj.2022.05.005

Statistik, B. P. (2021). Tingkat Pengangguran Terbuka Berdasarkan Tingkat Pendidikan 2019-2021.

Sudiyono, S. S. (2020). Teaching Factory Sebagai Upaya Peningkatan Mutu Lulusan di SMK. Jurnal Penelitian Kebijakan Pendidikan, 12(2), 159–181. https://doi.org/10.24832/jpkp.v12i2.271

Suranto, S., Rohmah, W., Nuryana, I., Asmawan, M. C., Rodzalan, S. A., Fatmahwati, S., & Khasanah, L. (2021). Workshop Tata Kelola Teaching Factory (TEFA) dalam Meningkatkan Mutu Lulusan pada SMK Jurusan Akuntansi. J-ABDIPAMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 5(2), 109–116. https://doi.org/10.30734/j-abdipamas.v5i2.2154

Widodo, I. T. W., & Utama, F. Y. (2022). Kajian Tefa Pada Kompetensi Keahlian TKR di SMK Negeri 1 Kasiman Kajian Teaching Factory pada Kompetensi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan di SMK Negeri 1 Kasiman Menggunakan Analisis Swot. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin, 11(3), 75–80. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-teknik-mesin/article/view/49362

Yulianto, & Sutrisno, B. (2014). Pengelolaan kerjasama sekolah dengan dunia usaha/dunia industri (studi situs SMK Negeri 2 Kendal). Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 24(1), 19–37. https://doi.org/10.2317/jpis.v24i1.796

Downloads

Published

2023-05-10

How to Cite

Suranto, S., Aklis, N., Sukriah, Y., Wulandari, S. S., & Amanda, B. (2023). Pengelolaan project based learning (PjBL) berbasis new teaching factory (TEFA) di sekolah menengah kejuruan. Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS), 6(2), 286–297. https://doi.org/10.33474/jipemas.v6i2.19529