Penta helix “Rembuk Nyekrup” aspek pemberdayaan ekonomi kreatif dan UMKM di Jawa Timur

Authors

  • Jeni Susyanti Universitas Islam Malang
  • Pardiman Universitas Islam Malang

DOI:

https://doi.org/10.33474/jipemas.v6i2.19567

Keywords:

UMKM, ekonomi kreatif, penta helix “rembug nyekrup”

Abstract

Perekonomian Jawa Timur banyak dijalankan UMKM yang berperan dalam menggerakkan ekonomi masyarakat lokal, disamping memiliki potensi sebagai sebagai destinasi ekonomi kreatif. Tujuan pengabdian ini adalah mengkaji, memberdayakan, dan mengaplikasikan ilmu pengetahuan kepada ekonomi kreatif dan UMKM untuk keberlanjutan usaha pada masa pandemi COVID-19. Pendekatan kualitatif, meliputi persiapan perancangan kegiatan, penentuan lapang, pegurusan perijinan, penjajagan dan melakukan penilaian kondisi UMKM, dilanjutkan dengan pemberdayaan ekonomi kreatif dan UMKM melalui dilakukannya tinjauan lapang, wawancara ekonomi kreatif dan UMKM di lokasi pengabdian, dan Bimbingan Teknis. Hasil pengabdian melalui pendampingan pemasaran online, digitalisasi- networking dan penguatan manajemen usaha dapat membantu keberlanjutan usaha UMKM di wilayah Jawa Timur. Model pendekatan Penta Helix, menjadi harapan pemerataan kesejahteraan masyarakat, Pemerintah Provinsi Jawa Timur dengan slogan “rembug Nyekrup”, Akademisi Universitas Islam Malang, Bisnis, Masyarakat atau komunitas, Media, bersatu membangun kebersamaan dalam pemberdayaan UMKM untuk meningkatkan pembangunan Jawa Timur.

References

Anggraeni, B. D. (2015). Pengaruh Tingkat Literasi Keuangan Pemilik Usaha. Jurnal Vokasi Indonesia, 3(1), 109–121. https://doi.org/10.7454/jvi.v3i1.23

Awaluddin, M., Sule, E., & Kaltum, U. (2016). The Influence Of Competitive Forces And Value Creation On Company Reputation And Competitive Strategy: A Case Of Digital Creative Industry In Indonesia With The Implication On Sustainable Business Performance. International Journal of Economics, Commerce and Management, 4(2), 201–234.

Bismala, L. (2016). Model Manajemen Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) untuk Meningkatkan Efektivitas Usaha Kecil Menengah. Jurnal Enterpreuner Dan Enterpreneurship, 5(1), 19–25. https://doi.org/10.37715/jee.v5i1.383

Hafiluddin, M. R., Suryadi, & Saleh, C. (2014). Strategi Pemberdayaan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Berbasis “Community Based Economic Development” (Studi pada pelaku UMKM di Kecamatan Sukodono Kabupaten Sidoarjo). Wacana Journal of Social and Humanity Studies, 17(2), 68–77. https://wacana.ub.ac.id/index.php/wacana/article/view/305

Halibas, A. S., Sibayan, R. O., Lyn, R., & Maata, R. L. R. (2017). The penta helix model of innovation in Oman: An hei perspective. Interdisciplinary Journal of Information, Knowledge, and Management, 12, 159–172. https://doi.org/10.28945/3735

Haryanti, P., Hidayati, A., Rodliyah, I., Nisful Laili, C., & Saraswati, S. (2020). Sosialisasi Literasi Keuangan Syariah Pada Anak Usia Dini. Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS), 3(2), 136–145. https://doi.org/10.33474/jipemas.v3i2.6584

Pahlevi, A. S. (2018). Kolase Pemikiran Ekonomi Kreatif Indonesia. In CV. Oxy Consultant.

Saksono, H. (2012). Ekonomi Kreatif: Talenta Baru Pemicu Daya Saing Daerah. Jurnal Bina Praja, 04(02), 93–104. https://doi.org/10.21787/jbp.04.2012.93-104

Shofa, I., & Nugroho, D. (2009). Pertumbuhan dan Strategi Pengembangan Ekonomi Kreatif Kota Malang. Jurnal Pangripta, 1(1). https://jurnalpangripta.malangkota.go.id/index.php/PANGRIPTA/article/view/12

Soetjipto, H. N. (2020). Ketahanan UMKM Jawa Timur Melintasi Pandemi COVID-19 (Uki (ed.)). K-Media.

Sopanah, Bahri, S., & Ghozali, M. (2018). Prospek Pengembangan Malang Raya Sebagai Kota Kreatif Berbasis Kearifan Lokal. Conference on Innovation and Application of Science and Technology (CIASTECH), 168–177. https://publishing-widyagama.ac.id/ejournal-v2/index.php/ciastech/article/view/620

Sudiana, K., Sule, E. T., Soemaryani, I., & Yunizar, Y. (2020). The development and validation of the penta helix construct. Business: Theory and Practice, 21(1), 136–145. https://doi.org/10.3846/btp.2020.11231

Susyanti, J. (2021). Monograf Model Pendampingan Ekonomi Kreatif & Kepatuhan Pajak (1st ed.). Amerta Media.

Susyanti, Jeni. (2014). Problems Identification of Creative Economy Business Actors of Tourism Sector in Malang City in Effort To Meet Tax Obligations. IJBMI: International Journal of Business and Management Invention, 14(1), 13–19. https://doi.org/10.13140/RG.2.2.27937.51048

Susyanti, Jeni. (2017). Analisa Bisnis Ekonomi Kreatif Sektor Pariwisata Untuk Meningkatkan Kepatuhan Wajib Pajak (Studi Kasus pada Pelaku Ekonomi Kreatif kota Malang)”. EL MUHASABA: Jurnal Akuntansi (e-Journal), 8(2). https://doi.org/10.18860/em.v8i2.4971

Susyanti, Jeni, & Anwar, S. A. (2020). Efek Sikap Wajib Pajak, Kesadaran Wajib Pajak, Pengetahuan Perpajakan Terhadap Kepatuhan Pajak di Masa COVID-19. Jurnal Sebatik, 24(2), 171–177. https://doi.org/10.30588/jmp.v3i1.84

Susyanti, Jeni, Askandar, N. S., & Dahlan, A. (2021). The Integrative Sustainability Business Mentoring Model for Politicize Creative Economy Business Actors in Meeting Tax Compliance. Politik Indonesia: Indonesian Political Science Review, 6(2), 177–193. https://doi.org/10.15294/ipsr.v6i2.29937

Downloads

Published

2023-05-10

How to Cite

Susyanti, J., & Pardiman. (2023). Penta helix “Rembuk Nyekrup” aspek pemberdayaan ekonomi kreatif dan UMKM di Jawa Timur. Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS), 6(2), 298–308. https://doi.org/10.33474/jipemas.v6i2.19567