Diversifikasi produk kue kering untuk meningkatkan motivasi wirausaha mahasiswa perhotelan dan boga

Authors

  • Adestya Ayu Armielia Universitas Multimedia Nusantara
  • Savira Rizki Pradiati Universitas Multimedia Nusantara
  • Orisa Mahardhini Universitas Multimedia Nusantara

DOI:

https://doi.org/10.33474/jipemas.v6i3.19585

Keywords:

motivasi, kewirausahaan, bisnis, kue kering

Abstract

Kegiatan pengabdian ini berkoordinasi dengan Gramedia dan influencer Luvita Ho yang bertujuan untuk meningkatkan motivasi mahasiswa tingkat akhir jurusan pariwisata, perhotelan, dan tata boga yang berada di daerah Tangerang untuk dapat mencari peluang bisnis dan berani berwirausaha di bidang makanan dan minuman setelah mereka lulus. Kewirausahaan adalah suatu program yang dikembangakan oleh Kementerian Perindustrian yang didukung oleh Presiden Republik Indonesia dan disisipkan dalam capaian pembelajaran kurikulum perkuliahan di level universitas. Metode Service Learning diterapkan dalam pengabdian ini dengan aktivitas seminar dan demonstrasi memasak produk kue kering pada isi kegiatannya. Kegiatan diikuti oleh 50 orang mahasiswa dari berbagai universitas. Tahapan pelaksanaan kegiatan meliputi persiapan, kegiatan seminar dan demonstrasi memasak, serta evaluasi. Evaluasi dari peserta dibagikan dalam google form dengan skala Likert 1-5. Hasil evaluasi menunjukkan mahasiswa puas dengan jalannya acara dan berniat untuk hadir kembali pada acara serupa supaya mereka semakin termotivasi untuk melakukan kegiatan wirausaha. Acara serupa dapat dirancang secara berkala dengan bantuan kerjasama dari pihak Gramedia dan para penulis buku dalam bidang makanan dan minuman untuk memperkaya khasanah kuliner peserta dalam pengembangan produk wirausaha.

References

Afandi, A., Laily, N., Wahyudi, N., Umam, M. H., Kambau, R. A., Rahman, S. A., Sudirman, M., Jamilah, Kadir, N. A., Junaid, S., Nur, S., Parmitasari, R. D. A., Nurdiyanah, Wahid, M., & Wahyudi, J. (2022). Metodologi Pengabdian Masyarakat (Suwendi, A. Basir, & J. Wahyudi (eds.)). Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam, Direktorat Jenderal Pendidikan Islam, Kementerian Agama RI. https://pendispress.kemenag.go.id/index.php/ppress/catalog/book/19

Alam, S. (2020). Peran Influencer sebagai Komunikasi Persuasif untuk Pencegahan COVID-19. Jurnal Spektrum Komunikasi, 8(2), 136–148. https://doi.org/10.37826/spektrum.v8i2.106

Ardiyanti, D. A., & Mora, Z. (2019). Pengaruh Minat Usaha Dan Motivasi Usaha Terhadap Keberhasilan Usaha Wirausaha Muda Di Kota Langsa. Jurnal Samudra Ekonomi Dan Bisnis, 10(2), 168–178. https://doi.org/10.33059/jseb.v10i02.1413

Audinovic, V. (2021). Strategi Bertahan Bisnis Kue Kering di Masa Pandemi Covid-19 Melalui Pendekatan Komunikasi Pemasaran Terpadu. Expose: Jurnal Ilmu Komunikasi, 4(2), 129–140. https://doi.org/10.33021/exp.v4i2.1592

Durahman, N., & Noer, Z. M. (2019). Aplikasi Seminar Online (Webinar) untuk Pembinaan Wirausaha Baru. Jurnal Manajemen Informatika, 6(2), 111–120. https://doi.org/10.51530/jumika.v6i2.427

Gheta, A. P. K., & Khuzaini. (2022). Influence of Entrepreneurship Motivation Factors and Knowledge of Entrepreneurship on Entrepreneurship Interests of Students of the Faculty of Economics Management , University of Nusa Nipa Maumere. Proceeding 2 Nd International Conference on Business & Social Sciences (ICOBUSS), 256–266. https://debian.stiesia.ac.id/index.php/icobuss1st/article/view/175

Gumilar, J. A., Bintang, A., Satria, M., Hamdani, N., Farahdewi, R. Y., Kamilah, Z. Y., & Nurhaliza, K. A. (2021). Pengembangan Wirausaha Makanan Sehat di Masa Pandemi Covid 19 Melalui Produk Olahan Daging. Farmers: Journal of Community Services, 2(2), 11–15. https://doi.org/10.24198/fjcs.v2i2.32541

Harie, S., & Andayanti, W. (2020). Pengaruh Motivasi Wirausaha terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa. Intelektium, 1(2), 107–114. https://doi.org/10.37010/int.v1i2.187

Mily, Z., Ruhimat, U., & Doni, S. (2020). Media Alternatif Kacang Tanah untuk Pertumbuhan Bakteri. Journal of Indonesian Medical Laboratory and Science, 1(1), 57–65. https://doi.org/10.53699/joimedlabs.v1i1.11

Mujiati, N. (2022). Konvergensi dan Digitalisasi Media : Tantangan Industri Media (Konvergensi Media MNC Grup dan Kompas Gramedia di Indonesia). AL-MUTTAQIN Jurnal Studi, Sosial Dan Ekonomi, 3(2), 157–173. http://staisam.ac.id/jurnal/index.php/almuttaqin/article/view/69

Pradana, B. I., & Safitri, R. (2020). Pengaruh Motivasi Wirausaha dan Mental Wirausaha terhadap Minat Wirausaha. IQTISHODUNA, 16(1), 73–82. https://doi.org/10.18860/iq.v16i1.6797

Setiono, G. C., Rahman, I., Putra, R. A., & Kusumaningrum, D. (2023). Covid-19 Sebagai Keadaan Overmacht Dalam Kaitannya Dengan Kedudukan Perjanjian Kredit Dengan Jaminan. MORALITY: Jurnal Ilmu Hukum, 9(1), 63. https://doi.org/10.52947/morality.v9i1.359

Suwarni, E., Rosmalasar, T. D., Fitri, A., & Rossi, F. (2021). Sosialisasi Kewirausahaan Untuk Meningkatkan Minat dan Motivasi Siswa Mathla’ul Anwar. Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia, 1(4), 157–163. https://doi.org/10.52436/1.jpmi.28

Wulandari, M. M., & Siswanta, A. R. L. (2023). Upaya Pengembangan Kewirausahaan Koperasi dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah Pasca Covid-19. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(1), 120–136. http://journal.fh.unsoed.ac.id/index.php/SLR/article/view/6736

Yohanna, L., & Sondari, E. (2019). Menumbuhkan Minat Berwirausaha Melalui Pelatihan Perancangan Model Bisnis Canvas. Jurnal PkM Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 19–24. https://doi.org/10.30998/jurnalpkm.v2i01.2961

Downloads

Published

2023-09-16

How to Cite

Armielia, A. A., Pradiati, S. R., & Mahardhini, O. (2023). Diversifikasi produk kue kering untuk meningkatkan motivasi wirausaha mahasiswa perhotelan dan boga. Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS), 6(3), 551–561. https://doi.org/10.33474/jipemas.v6i3.19585