Pemanfaatan situs sejarah sebagai sumber belajar dengan metode field trip
DOI:
https://doi.org/10.33474/jipemas.v6i3.19676Keywords:
situs bersejarah, sumber belajar, metode field tripAbstract
Tujuan kegiatan pengabdian pada masyarakat ini adalah untuk membantu para guru khususnya guru sejarah yang ada di Kota Kupang agar memiliki kemampuan yang cukup dalam pemanfaatan situs sejarah dengan menggunakan metode field trip dalam pembelajaran. Selain itu guru dapat meneliti penerapan pemanfaatan situs sejarah dengan menggunakan metode field trip dalam pembelajaran yang diterapkan serta dapat menuliskan artikel penelitiannya untuk pengembangan profesinya sebagai guru. Metode yang digunakan pada kegiatan ini adalah perencanaan, tindakan, observasi dan evaluasi serta refleksi. Peserta dalam kegiatan ini adalah guru-guru sejarah se-Kota Kupang. Pemberian materi dalam kegiatan ini berkaitan pelatihan dan pendampingan pemanfaatan situs sejarah dengan menggunakan metode field trip dalam pembelajaran; dan melakukan simulasi pembelajaran dengan melakukan trip ke situs-situs sejarah yang ada di Kota Kupang. Hasil yang diperoleh dalam kegiatan ini dapat dilihat dari rata-rata skor tanggapan peserta pelatihan, yaitu 65% mengatakan sangat setuju, 35% setuju. Hal ini menunjukkan bahwa kegiatan PkM sangat bermanfaat bagi guru sejarah dan mereka menanggapi secara positif terkait pelatihan yang telah dilaksanakan dan kemampuan guru yang cukup dalam pemanfaatan situs sejarah dengan menggunakan metode field trip dalam pembelajaran sejarah.
References
Ariga, S. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Pasca Pandemi Covid-19. Edu Society: Jurnal Pendidikan, Ilmu Sosial, Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 662–670. https://doi.org/10.56832/edu.v2i2.225
Bhargava, A., & Pathy, D. M. (2011). Perception of Student Teachers about Teaching Competencies. American International Journal of Contemporary Research, 1(1), 77–81.
Enung, E., & Usman, M. (2019). Penggunaan Model Pembelajaran Field Trip dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi Bahasa Jerman Siswa. Eralingua: Jurnal Pendidikan Bahasa Asing Dan Sastra, 3(1), 41–45. https://doi.org/10.26858/eralingua.v3i1.8763
Farhatin, D., Atmaja, H. T., & Ahmad, T. A. (2017). Pemanfaatan Situs Candi Ngempon sebagai Sumber Belajar Sejarah di MA Darul Ma’arif Pringapus. Indonesian Journal of History Education, 5(2), 67–75. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ijhe/article/view/18093
Firdaus, D. W. (2019). Pemanfaatan Situs Astana Gede Sebagai Sumber Belajar Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Sejarah Dan Ilmu Sejarah, 2(1), 63–76. https://jurnal.unsil.ac.id/index.php/bihari/article/view/871
Ibrahim, M., Azlan, N., Yusof, N. O. R. A., Alias, J., & Amran, N. N. (2018). Service-Learning: Mengungkap Definisi Untuk Pembelajaran Abad Ke 21. Malim: Jurnal Pengajian Umum Asia Tenggara (Sea Journal of General Studies), 19, 43–55. https://doi.org/10.17576/malim-2018-1901-04
Karmela, S. H. (2021). Pembelajaran Sejarah melalui Metode Karyawisata untuk Meningkatkan Kesadaran Sejarah Bagi Mahasiswa Pendidikan Sejarah FKIP Unbari. Jurnal Ilmiah Dikdaya, 11(1), 102. https://doi.org/10.33087/dikdaya.v11i1.203
Miyaturina, S., Aminuyati, & Mirzachaerulsyah, E. (2021). Pemanfaatan situs pang suma sebagai sumber belajar sejarah pada materi kelas X IPS SMA Negeri 1 Meliau Kabupaten Sanggau. JPPK (Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa), 1(4), 1–8. https://doi.org/10.26418/jppk.v10i4.46142
Nasution, A. H. (2014). Pemanfaatan Situs Kesultanan Deli Dalam Pembelajaran Sejarah Lokal Berbasis Multikultural. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 23(2), 91–98. https://doi.org/10.17509/jpis.v23i2.1623
Nusi, K. (2016). Penerapan Metode Field Trip dalam Meningkatkan Kemampuan Berbicara pada Siswa Kelas V SD Inpres 2 Tanamodindi Palu. Bahasantodea, 4(2), 79–89. http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/Bahasantodea/article/view/9822
Safi, J., & Bau, S. O. (2021). Pemanfaatan Situs Sejarah di Ternate Sebagai Sumber Pembelajaran. HISTORIA : Jurnal Program Studi Pendidikan Sejarah, 9(2), 107. https://doi.org/10.24127/hj.v9i2.3592
Suryaman, M. (2020). Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia. Prosiding Seminar Daring Nasional : Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar, 13–28.
Taneo, M., Madu, A., & Krisnawati, N. (2023). Pendampingan Penerapan Metode Field Trip bagi Guru SD SMP dan SMA di Kabupaten Timor Tengah Utara. Amalee: Indonesian Journal of Community Research and Engagement, 4(1), 93–106. https://doi.org/10.37680/amalee.v4i1.1665
Taneo, M., Ndoen, F. A., & Madu, A. (2019). Training Application of Field Trip Learning Methods for Teachers of History in Kupang City. IJRDO- Journal of Educational Research, 4(7 SE-Articles), 64–70.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Malkisedek Teneo, Fransina A. Ndoen, Aleksius Madu, Sefridan Yantus Neolaka, Sarlota N. Sipa
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
.