Optimalisasi penggunaan dompet digital sebagai solusi efisiensi transaksi

Authors

  • Umi Nandiroh Universitas Islam Malang
  • Mohamad Bastomi Universitas Islam Malang
  • Risma Aliatun Nutkhofifah Universitas Islam Malang
  • Muhammad Zacky Abdillah Universitas Islam Malang

DOI:

https://doi.org/10.33474/jipemas.v7i1.20405

Keywords:

dompet digital, pedagang kecil, QRIS, kode QR

Abstract

Pesatnya perkembangan teknologi berdampak luas pada sistem transaksi yang mana penggunaan uang fisik sudah tidak lagi efektif dan bergeser pada uang elektronik. Meskipun sistem transaksi elektronik memberikan kemudahan dan keamanan, akan tetapi para pedagang kecil enggan mengadopsinya dalam transaksi. Seringkali pedagang menemui masalah terkait ketersediaan uang kembalian untuk pelanggan sehingga menyebabkan ketidaknyamanan karena kembalian diberikan dalam bentuk barang lainnya. Selain itu, pedagang tidak jarang menjadi korban pemalsuan uang yang diberikan pelanggan, bahkan pencurian uang yang diletakkan di loker tempat berjualan. Penggunaan dompet digital menjadi solusi efisiensi transaksi. Program dompet digital bertujuan untuk meningkatkan wawasan dan keterampilan pedagang di Desa Wonoayu untuk mengapli kasikan QRIS dalam sistem pembayaran. Program ini dilaksanakan melalui beberapa tahapan, berupa sosialisasi, edukasi, pelatihan, monitoring dan evaluasi. Pelaksanaan program ini berhasil menghasilkan penambahan pengetahuan untuk memanfaatkan QRIS dalam memaksimalkan kegiatan bisnis. Para pedagang yang mengikuti pelatihan telah memiliki kode QR serta dapat menggunakannya untuk melayani transaksi pembayaran pembeli. Program ini telah membantu menyelesaikan masalah yang dialami oleh para pedagang kecil dalam hal transaksi keuangan.

References

Akhriza, T. M., Shopia, E., & Dewa, W. A. (2022). Evaluasi Pendampingan Branding berbasis Platform Digital bagi UMKM se-Malang Raya Evaluation of Digital Platform-based Branding Assisting for MSMEs in Malang Raya. SMATIKA: STIKI Informatika Jurnal, 12(2), 265–277. https://doi.org/10.32664/smatika.v12i02.734

Aulia, S. (2020). Pola Perilaku Konsumen Digital Dalam Memanfaatkan Aplikasi Dompet Digital. Jurnal Komunikasi, 12(2), 311–324. https://doi.org/10.24912/jk.v12i2.9829

Badri, M. (2020). Adopsi Inovasi Aplikasi Dompet Digital di Kota Pekanbaru. Inovbiz: Jurnal Inovasi Bisnis, 8(1), 120–127. https://doi.org/10.35314/inovbiz.v8i1.1335

Basmantra, I. N. (2023). Dompet Digital Sebagai Alat Alternatif Pembayaran Non-Tunai pada UMKM di Desa Padangsambian. Kaibon Abhinaya : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 27–33. https://doi.org/10.30656/ka.v5i1.4448

Hardiky, M. I., Nova, D. K., Rahmadewi, A., & Kustiningsih, N. (2021). Optimalisasi Digital Payment sebagai Solusi Pembayaran UMKM Roti Kasur. JRE: Jurnal Riset Entrepreneurship, 4(1), 44–48. https://doi.org/10.30587/jre.v4i1.2193

Havidz, I. L. H. (2021). Sosialisasi Inovasi Pembayaran Digital WeChat Pay ke Generasi Z Universitas Esa Unggul dan President University. Jurnal Komunitas : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 21–27. https://doi.org/10.31334/jks.v4i1.1629

Lu, C. (2022). Sosialisasi Pengenalan E-money kepada UMKM di Kota Bandung. AKM: Aksi Kepada Masyarakat, 3(1), 133–140. https://doi.org/10.36908/akm.v3i1.474

Qadri, A. H. Al, & Jempa, I. K. (2021). Tindak Pidana Peredaran Uang Palsu Berdasarkan Undang- Undang Nomor 7 Tahun 2011 tentang Mata Uang. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Bidang Hukum Pidana, 5(4), 552–559. https://jim.usk.ac.id/pidana/article/view/19644/0

Qutrunnada, A., Kholil, M., & Hadiati, T. (2022). Penarikan Uang Kembalian Sebagai Donasi Prespektif Hukum Ekonomi Syariah. El Hisbah: Journal of Islamic Economic Law, 2(1), 159–172. https://doi.org/10.28918/el_hisbah.v2i1.6259

Saprudin, R. A., & Hakim, A. (2023). Penggunaan QRIS pada UMKM Desa Kutawargi sebagai Daya Saing di Era Digitalisasi. ABDIMA Jurnal Pengabdian Mahasiswa, 2(1), 2966–2970. https://journal.ubpkarawang.ac.id/index.php/AJPM/article/view/4021

Saputri, O. B. (2020). Preferensi konsumen dalam menggunakan quick response code indonesia standard (QRIS) sebagai alat pembayaran digital. Kinerja: Jurnal Ekonomi Dan Manajemen, 17(2), 237–247. https://doi.org/10.30872/jkin.v17i2.7355

Sihaloho, J. E., Ramadani, A., & Rahmayanti, S. (2020). Implementasi Sistem Pembayaran Quick Response Indonesia Standard. Jurnal Manajemen Bisnis, 17(2), 287–297. https://doi.org/10.38043/jmb.v17i2.2384

Tarantang, J., Awwaliyah, A., Astuti, M., & Munawaroh, M. (2019). Perkembangan Sistem Pembayaran Digital pada Era Revolusi Industri 4.0 di Indonesia. Jurnal Al Qardh, 4(1), 60–75. https://doi.org/10.23971/jaq.v4i1.1442

Tukino, Effendi, S., Zakrimal, & Fajrah, N. (2021). Pembinaan Pembukuan Akuntansi pada Perusahan Kecil Industri Tahu Tempe di Bengkong - Kota Batam. Jurnal Pengabdian Barelang (JPB), 3(3), 54–61. https://ejournal.upbatam.ac.id/index.php/jpkm/article/view/4647

Wulandari, R. (2022). Sosialisasi Transaksi Non Tunai Pada Siswa SMP Negeri 9 Kota Pontianak. GERVASI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(1), 229–237. https://doi.org/10.31571/gervasi.v6i1.2415

Downloads

Published

2023-12-06

How to Cite

Nandiroh, U., Bastomi, M., Nutkhofifah, R. A., & Abdillah, M. Z. (2023). Optimalisasi penggunaan dompet digital sebagai solusi efisiensi transaksi. Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS), 7(1), 11–19. https://doi.org/10.33474/jipemas.v7i1.20405