Optimalisasi penggunaan dompet digital sebagai solusi efisiensi transaksi
DOI:
https://doi.org/10.33474/jipemas.v7i1.20405Keywords:
dompet digital, pedagang kecil, QRIS, kode QRAbstract
Pesatnya perkembangan teknologi berdampak luas pada sistem transaksi yang mana penggunaan uang fisik sudah tidak lagi efektif dan bergeser pada uang elektronik. Meskipun sistem transaksi elektronik memberikan kemudahan dan keamanan, akan tetapi para pedagang kecil enggan mengadopsinya dalam transaksi. Seringkali pedagang menemui masalah terkait ketersediaan uang kembalian untuk pelanggan sehingga menyebabkan ketidaknyamanan karena kembalian diberikan dalam bentuk barang lainnya. Selain itu, pedagang tidak jarang menjadi korban pemalsuan uang yang diberikan pelanggan, bahkan pencurian uang yang diletakkan di loker tempat berjualan. Penggunaan dompet digital menjadi solusi efisiensi transaksi. Program dompet digital bertujuan untuk meningkatkan wawasan dan keterampilan pedagang di Desa Wonoayu untuk mengapli kasikan QRIS dalam sistem pembayaran. Program ini dilaksanakan melalui beberapa tahapan, berupa sosialisasi, edukasi, pelatihan, monitoring dan evaluasi. Pelaksanaan program ini berhasil menghasilkan penambahan pengetahuan untuk memanfaatkan QRIS dalam memaksimalkan kegiatan bisnis. Para pedagang yang mengikuti pelatihan telah memiliki kode QR serta dapat menggunakannya untuk melayani transaksi pembayaran pembeli. Program ini telah membantu menyelesaikan masalah yang dialami oleh para pedagang kecil dalam hal transaksi keuangan.
References
Akhriza, T. M., Shopia, E., & Dewa, W. A. (2022). Evaluasi Pendampingan Branding berbasis Platform Digital bagi UMKM se-Malang Raya Evaluation of Digital Platform-based Branding Assisting for MSMEs in Malang Raya. SMATIKA: STIKI Informatika Jurnal, 12(2), 265–277. https://doi.org/10.32664/smatika.v12i02.734
Aulia, S. (2020). Pola Perilaku Konsumen Digital Dalam Memanfaatkan Aplikasi Dompet Digital. Jurnal Komunikasi, 12(2), 311–324. https://doi.org/10.24912/jk.v12i2.9829
Badri, M. (2020). Adopsi Inovasi Aplikasi Dompet Digital di Kota Pekanbaru. Inovbiz: Jurnal Inovasi Bisnis, 8(1), 120–127. https://doi.org/10.35314/inovbiz.v8i1.1335
Basmantra, I. N. (2023). Dompet Digital Sebagai Alat Alternatif Pembayaran Non-Tunai pada UMKM di Desa Padangsambian. Kaibon Abhinaya : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 27–33. https://doi.org/10.30656/ka.v5i1.4448
Hardiky, M. I., Nova, D. K., Rahmadewi, A., & Kustiningsih, N. (2021). Optimalisasi Digital Payment sebagai Solusi Pembayaran UMKM Roti Kasur. JRE: Jurnal Riset Entrepreneurship, 4(1), 44–48. https://doi.org/10.30587/jre.v4i1.2193
Havidz, I. L. H. (2021). Sosialisasi Inovasi Pembayaran Digital WeChat Pay ke Generasi Z Universitas Esa Unggul dan President University. Jurnal Komunitas : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 21–27. https://doi.org/10.31334/jks.v4i1.1629
Lu, C. (2022). Sosialisasi Pengenalan E-money kepada UMKM di Kota Bandung. AKM: Aksi Kepada Masyarakat, 3(1), 133–140. https://doi.org/10.36908/akm.v3i1.474
Qadri, A. H. Al, & Jempa, I. K. (2021). Tindak Pidana Peredaran Uang Palsu Berdasarkan Undang- Undang Nomor 7 Tahun 2011 tentang Mata Uang. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Bidang Hukum Pidana, 5(4), 552–559. https://jim.usk.ac.id/pidana/article/view/19644/0
Qutrunnada, A., Kholil, M., & Hadiati, T. (2022). Penarikan Uang Kembalian Sebagai Donasi Prespektif Hukum Ekonomi Syariah. El Hisbah: Journal of Islamic Economic Law, 2(1), 159–172. https://doi.org/10.28918/el_hisbah.v2i1.6259
Saprudin, R. A., & Hakim, A. (2023). Penggunaan QRIS pada UMKM Desa Kutawargi sebagai Daya Saing di Era Digitalisasi. ABDIMA Jurnal Pengabdian Mahasiswa, 2(1), 2966–2970. https://journal.ubpkarawang.ac.id/index.php/AJPM/article/view/4021
Saputri, O. B. (2020). Preferensi konsumen dalam menggunakan quick response code indonesia standard (QRIS) sebagai alat pembayaran digital. Kinerja: Jurnal Ekonomi Dan Manajemen, 17(2), 237–247. https://doi.org/10.30872/jkin.v17i2.7355
Sihaloho, J. E., Ramadani, A., & Rahmayanti, S. (2020). Implementasi Sistem Pembayaran Quick Response Indonesia Standard. Jurnal Manajemen Bisnis, 17(2), 287–297. https://doi.org/10.38043/jmb.v17i2.2384
Tarantang, J., Awwaliyah, A., Astuti, M., & Munawaroh, M. (2019). Perkembangan Sistem Pembayaran Digital pada Era Revolusi Industri 4.0 di Indonesia. Jurnal Al Qardh, 4(1), 60–75. https://doi.org/10.23971/jaq.v4i1.1442
Tukino, Effendi, S., Zakrimal, & Fajrah, N. (2021). Pembinaan Pembukuan Akuntansi pada Perusahan Kecil Industri Tahu Tempe di Bengkong - Kota Batam. Jurnal Pengabdian Barelang (JPB), 3(3), 54–61. https://ejournal.upbatam.ac.id/index.php/jpkm/article/view/4647
Wulandari, R. (2022). Sosialisasi Transaksi Non Tunai Pada Siswa SMP Negeri 9 Kota Pontianak. GERVASI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(1), 229–237. https://doi.org/10.31571/gervasi.v6i1.2415
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Umi Nandiroh, Mohamad Bastomi, Risma Aliatun Nutkhofifah, Muhammad Zacky Abdillah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
.