Peningkatan kompetensi guru dalam pengelolaan pembelajaran berbasis literasi digital

Authors

  • Fattachul Huda Aminuddin Universitas Nurdin Hamzah
  • Teuku Djauhari Universitas Nurdin Hamzah
  • Santoso Institut Teknologi dan Bisnis Pelita Raya
  • Gustinar Universitas Muhammadiyah Jambi
  • Kasih Adinda S. Universitas Nurdin Hamzah
  • Chandra Kusuma Universitas Nurdin Hamzah

DOI:

https://doi.org/10.33474/jipemas.v7i1.20697

Keywords:

KKG, pelatihan, kompetensi, literasi digital

Abstract

Kelompok Kerja Guru (KKG) Gugus Sartika merupakan suatu kelompok guru yang keberadaannya diharapkan menjadi wadah untuk meningkatkan kompetensi dan kemampuan guru serta menjadi motor dalam pengembangan guru khususnya di Desa Lubuk Ruso Kecamatan Pemayung Kabupaten Batang Hari. Namun saat ini keberadaanya masih belum maksimal dalam mendorong dan memotivasi guru untuk terus mengembangkan kualitas dan kompetensi dalam mengajar. Problematika saat ini yang dihadapi adalah rendahnya kemampuan dan kreatifitas guru dalam memanfaatkan teknologi dalam pembelajaran. Kurangnya kolaborasi antar guru dan minimnya fasilitas menjadi faktor penghambat dalam pengembangan kualitas guru. Tujuan pengabdian masyarakat ini adalah untuk meningkatkan kompetensi guru dalam pengelolaan pembelajaran berbasis pelatihan literasi digital. Kegiatan pengabdian masyarakat ini merupakan kegiatan yang didanai oleh kemdikbudristek tahun 2023. Metode yang digunakan adalah Community Based Participatory Action Research (CBPAR) yang dibagi menjadi 3 tahapan, yaitu persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Adapun pelatihan literasi yang diterapkan adalah pelatihan konsep implementasi kurikulum merdeka belajar, pelatihan membuat video pembelajaran dengan canva, dan membuat quis interaktif dengan AI. Hasil kegiatan ini memberikan dampak positif dalam meningkatkan kompetensi literasi digital guru dengan rata-rata 20 %. Berdasarkan evaluasi kegiatan, adanya peningkatan target guru sebesar 82 % dari pelatihan sebelumnya. Kegiatan pengabdian secara keseluruhan mendapat respon dan stimulus yang baik ke depannya.

References

Aminuddin, F. H., Djauhari, T., & Megawati, M. (2021). Pengembangan Media Interaktif Pengembangan Media Interaktif Berbasis Game Edukasi dalam Meningkatkan Kreativitas Guru Sekolah Dasar di Masa Pandemi Covid-19. JITCE (Journal of Information Technology and Computer Engineering), 5(2), 63–69. https://doi.org/10.25077/jitce.5.02.63-69.2021

Aminuddin, F. H., Megawaty, M., Surya, J., Elzas, E., & Mulyati, S. (2023). Implementasi Literasi Numerasi Kampus Mengajar Angkatan 3 SDN 188 IX Tanjung Baru Kabupaten Muaro Jambi. Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 260. https://doi.org/10.20527/btjpm.v5i1.6802

Arianda, T., Mas’ula, D., Femelia, I., & Mukhlis, M. (2021). Efektifitas Media Quiz di Masa Pandemi Covid-19. ARITMATIKA: Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 2(2), 79–86. https://doi.org/10.35719/aritmatika.v2i2.63

Haynes, E., Marawili, M., Marika, B. M., Mitchell, A. G., Phillips, J., Bessarab, D., Walker, R., Cook, J., & Ralph, A. P. (2019). Community-based participatory action research on rheumatic heart disease in an Australian Aboriginal homeland: Evaluation of the “On track watch” project. Evaluation and Program Planning, 74(C), 38–53. https://doi.org/10.1016/j.evalprogplan.2019.02.010

Ikhwan, A., Nasution, A. B., & Badri, M. (2022). Active Presenter : Making Videos as Learning Media. J-IbM: Jurnal IPTEK Bagi Masyarakat, 1(3), 1–7. https://doi.org/10.55537/jibm.v1i3.152

Indriawati, P., Ramadhani, A. N., Aryani, D., & Ananda, R. (2023). Peran Kelompok Kerja Guru (KKG) dalam Pengembangan Keprofesionalan Guru di Madrasah. JPG: Jurnal Pendidikan Guru, 4(1), 80–84. https://doi.org/10.32832/jpg.v4i1.9075

Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi. (2023). Data Pokok Pendidikan Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. https://dapo.kemdikbud.go.id/

Monika, L., Prabowo, F., & Jami, F. Y. (2024). Pemanfaatan Aplikasi Quizizz sebagai Media Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar Islam di Karawang. Jurnal Syntax Admiration, 5(1), 194–205. https://doi.org/10.46799/jsa.v5i1.975

Rusli, M., Djauhari, T., & Aminuddin, F. H. (2021). Sistem Informasi Pembelajaran Interaktif Mata Pelajaran Simulasi Digital Pada SMK Revany Indra Putra. Jurnal Sistem Komputer Dan Informatika (JSON), 3(2), 134–140. https://doi.org/10.30865/json.v3i2.3618

Suranto, S., Aklis, N., Sukriah, Y., Wulandari, S. S., & Amanda, B. (2023). Pengelolaan project based learning (PjBL) berbasis new teaching factory (TEFA) di sekolah menengah kejuruan. Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS), 6(2), 286–297. https://doi.org/10.33474/jipemas.v6i2.19529

Downloads

Published

2024-02-23

How to Cite

Aminuddin, F. H., Djauhari, T., Santoso, Gustinar, Adinda S., K., & Kusuma, C. (2024). Peningkatan kompetensi guru dalam pengelolaan pembelajaran berbasis literasi digital. Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS), 7(1), 168–180. https://doi.org/10.33474/jipemas.v7i1.20697