Peningkatan kompetensi guru dalam pengelolaan pembelajaran berbasis literasi digital
DOI:
https://doi.org/10.33474/jipemas.v7i1.20697Keywords:
KKG, pelatihan, kompetensi, literasi digitalAbstract
Kelompok Kerja Guru (KKG) Gugus Sartika merupakan suatu kelompok guru yang keberadaannya diharapkan menjadi wadah untuk meningkatkan kompetensi dan kemampuan guru serta menjadi motor dalam pengembangan guru khususnya di Desa Lubuk Ruso Kecamatan Pemayung Kabupaten Batang Hari. Namun saat ini keberadaanya masih belum maksimal dalam mendorong dan memotivasi guru untuk terus mengembangkan kualitas dan kompetensi dalam mengajar. Problematika saat ini yang dihadapi adalah rendahnya kemampuan dan kreatifitas guru dalam memanfaatkan teknologi dalam pembelajaran. Kurangnya kolaborasi antar guru dan minimnya fasilitas menjadi faktor penghambat dalam pengembangan kualitas guru. Tujuan pengabdian masyarakat ini adalah untuk meningkatkan kompetensi guru dalam pengelolaan pembelajaran berbasis pelatihan literasi digital. Kegiatan pengabdian masyarakat ini merupakan kegiatan yang didanai oleh kemdikbudristek tahun 2023. Metode yang digunakan adalah Community Based Participatory Action Research (CBPAR) yang dibagi menjadi 3 tahapan, yaitu persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Adapun pelatihan literasi yang diterapkan adalah pelatihan konsep implementasi kurikulum merdeka belajar, pelatihan membuat video pembelajaran dengan canva, dan membuat quis interaktif dengan AI. Hasil kegiatan ini memberikan dampak positif dalam meningkatkan kompetensi literasi digital guru dengan rata-rata 20 %. Berdasarkan evaluasi kegiatan, adanya peningkatan target guru sebesar 82 % dari pelatihan sebelumnya. Kegiatan pengabdian secara keseluruhan mendapat respon dan stimulus yang baik ke depannya.
References
Aminuddin, F. H., Djauhari, T., & Megawati, M. (2021). Pengembangan Media Interaktif Pengembangan Media Interaktif Berbasis Game Edukasi dalam Meningkatkan Kreativitas Guru Sekolah Dasar di Masa Pandemi Covid-19. JITCE (Journal of Information Technology and Computer Engineering), 5(2), 63–69. https://doi.org/10.25077/jitce.5.02.63-69.2021
Aminuddin, F. H., Megawaty, M., Surya, J., Elzas, E., & Mulyati, S. (2023). Implementasi Literasi Numerasi Kampus Mengajar Angkatan 3 SDN 188 IX Tanjung Baru Kabupaten Muaro Jambi. Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 260. https://doi.org/10.20527/btjpm.v5i1.6802
Arianda, T., Mas’ula, D., Femelia, I., & Mukhlis, M. (2021). Efektifitas Media Quiz di Masa Pandemi Covid-19. ARITMATIKA: Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 2(2), 79–86. https://doi.org/10.35719/aritmatika.v2i2.63
Haynes, E., Marawili, M., Marika, B. M., Mitchell, A. G., Phillips, J., Bessarab, D., Walker, R., Cook, J., & Ralph, A. P. (2019). Community-based participatory action research on rheumatic heart disease in an Australian Aboriginal homeland: Evaluation of the “On track watch” project. Evaluation and Program Planning, 74(C), 38–53. https://doi.org/10.1016/j.evalprogplan.2019.02.010
Ikhwan, A., Nasution, A. B., & Badri, M. (2022). Active Presenter : Making Videos as Learning Media. J-IbM: Jurnal IPTEK Bagi Masyarakat, 1(3), 1–7. https://doi.org/10.55537/jibm.v1i3.152
Indriawati, P., Ramadhani, A. N., Aryani, D., & Ananda, R. (2023). Peran Kelompok Kerja Guru (KKG) dalam Pengembangan Keprofesionalan Guru di Madrasah. JPG: Jurnal Pendidikan Guru, 4(1), 80–84. https://doi.org/10.32832/jpg.v4i1.9075
Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi. (2023). Data Pokok Pendidikan Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. https://dapo.kemdikbud.go.id/
Monika, L., Prabowo, F., & Jami, F. Y. (2024). Pemanfaatan Aplikasi Quizizz sebagai Media Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar Islam di Karawang. Jurnal Syntax Admiration, 5(1), 194–205. https://doi.org/10.46799/jsa.v5i1.975
Rusli, M., Djauhari, T., & Aminuddin, F. H. (2021). Sistem Informasi Pembelajaran Interaktif Mata Pelajaran Simulasi Digital Pada SMK Revany Indra Putra. Jurnal Sistem Komputer Dan Informatika (JSON), 3(2), 134–140. https://doi.org/10.30865/json.v3i2.3618
Suranto, S., Aklis, N., Sukriah, Y., Wulandari, S. S., & Amanda, B. (2023). Pengelolaan project based learning (PjBL) berbasis new teaching factory (TEFA) di sekolah menengah kejuruan. Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS), 6(2), 286–297. https://doi.org/10.33474/jipemas.v6i2.19529
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Fattachul Huda Aminuddin, Teuku Djauhari; Santoso; Gustinar, Kasih Adinda S., Chandra Kusuma
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
.