Meningkatkan pengetahuan navigasi kapal dengan bridge simulator

Authors

  • Ryan Puby Sumarta Politeknik Pelayaran Sorong
  • Dodik Widarbowo Politeknik Pelayaran Sorong
  • Dwi Haryanto Politeknik Pelayaran Sorong
  • Meti Kendek Politeknik Pelayaran Sorong
  • I Komang Hedi Pramana Adiputra Politeknik Pelayaran Sorong

DOI:

https://doi.org/10.33474/jipemas.v7i2.20710

Keywords:

peralatan navigasi, simulator jembatan, taruna, Sorong

Abstract

Peningkatan kualitas pendidikan bergantung pada keberadaan elemen penting seperti fasilitas dan infrastruktur pendidikan, yang mencakup laboratorium. Simulator jembatan adalah laboratorium penting yang digunakan untuk tujuan pelatihan kelautan. Inisiatif pengabdian masyarakat dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa Sekolah Vokasi Pelayaran mengenai peralatan navigasi yang digunakan di kapal, melalui pemanfaatan simulator jembatan. Metode pelaksanaan kegiatan pengabdian masyarakat yaitu dengan pendekatan participatory learning and action (PLA). Temuan penilaian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan secara statistik dalam pemahaman siswa setelah pelaksanaan intervensi penyuluhan (0.00<0.05). Sebelum kegiatan, hampir 83% siswa mencapai nilai di bawah 70. Namun, setelah kegiatan tersebut, semua siswa atau 100% siswa mencapai atau melampaui nilai 70. Singkatnya, inisiatif pengabdian masyarakat ini secara efektif meningkatkan pemahaman siswa tentang peralatan navigasi yang digunakan di kapal dengan menggunakan simulator anjungan. Para peneliti dan pelaksana pengabdian masyarakat berikutnya yang ingin melakukan upaya serupa dapat mempertahankan upaya mereka melalui penyediaan skenario praktek yang terjadi di atas kapal.

References

Adri, R. F. (2020). Pengaruh Pre-Test Terhadap Tingkat Pemahaman Mahasiswa Program Studi Ilmu Politik Pada Mata Kuliah Ilmu Alamiah Dasar. MENARA Ilmu, 14(1), 81–85. https://doi.org/10.31869/mi.v14i1.1742

Alkadri, R., Mustari, B., & Setiawan, A. (2022). Pengaruh Bridge Simulator Karya PT. LEN Sebagai Industri Pertahanan Dalam Negeri untuk Meningkatkan Kompetensi Taruna AAL Korps Pelaut. REKAYASA: Journal of Science and Technology, 15(2), 199–203. https://doi.org/10.21107/rekayasa.v15i2.14155

Annisa, F. (2017). Penggunaan Fasilitas Laboratorium dalam Pembelajaran Konsep Besaran dan Satuan di SMA Negeri I Ingin Jaya Aceh Besar. Jurnal Phi: Jurnal Pendidikan Fisika & Terapan, 3(2), 1–5. https://doi.org/10.22373/p-jpft.v2018i2.7450

Choeron, R. C., & Metrikayanto, W. D. (2020). Meningkatkan Kesiapan Uji Kompetensi Ners Melalui Bimbingan Intensif. Jurnal Ilmiah Keperawatan (Scientific Journal of Nursing), 6(1), 143–147. https://doi.org/10.33023/jikep.v6i1.574

Damayanti, N. A., Pusparini, M., Djannatun, T., & Ferlianti, R. (2017). Metode Pre-Test Dan Post-Test Sebagai Salah Satu Alat Ukur Keberhasilan Kegiatan Penyuluhan Kesehatan Tentang Tuberkulosis Di Kelurahan Utan Panjang, Jakarta Pusat. Prosiding SNaPP2017 Kesehatan, 144–150. https://proceeding.unisba.ac.id/index.php/kesehatan/article/view/1131

Douglas, J., & Douglas, A. (2006). Evaluating teaching quality. Quality in Higher Education, 12(1), 3–13. https://doi.org/10.1080/13538320600685024

Hartanto, C. F. B. (2018). Pemanfaatan Simulator dalam Meningkatkan Pengetahuan dan Keterampilan Bernavigasi Taruna Akademi Pelayaran Niaga Indonesia. Jurnal Mitra Pendidikan, 2(4), 404–415. https://doi.org/10.13140/RG.2.2.28873.49762

Hermawan, M., Shohibul Anwar, M., & Junius, E. (2020). Peningkatan Pemahaman Para Mualim Terhadap Penggunaan ECDIS Guna Menunjang Keselamatan Pelayaran. Jurnal Sains Teknologi Transportasi Maritim, 2(1), 36–42. https://doi.org/10.51578/j.sitektransmar.v2i1.17

Hidayat, W., Nura’eny, N., & Wahyuni, I. S. (2019). Gambaran Hasil Pre Dan Post Test Kegiatan Penyuluhan Kesehatan Terhadap Kader Posyandu Di Puskesmas Babatan Bandung. Dharmakarya: Jurnal Aplikasi Ipteks Untuk Masyarakat, 8(4), 225–226. https://doi.org/10.24198/dharmakarya.v8i4.20058

Klimkowski, C. (2023). What is a Bridge Simulator? Maritime Institue of Technology and Graduate Studies.

Kuncowati, Listriyawati, N. A., Febriana, E., & Maulino, A. (2023). Penggunaan Bridge Simulator dan Komunikasi untuk Keselamatan Pelayaran di Era New Normal. Jurnal Sains Dan Teknologi Maritim (JSTM), 23(2), 151–158. https://doi.org/10.33556/jstm.v23i2.343

Lees, G. D., & Williamson, W. G. (2015). Handbook for Marine Radio Communication (6th ed.). Informa Law from Routledge. https://doi.org/10.4324/9781315766393

Masri, E., Adfar, T. D., & Primanofajra, M. (2022). Pengembangan Media Flash Card Berbahasa Minang Tentang Gula, Garam dan Lemak dalam Makanan Jajanan. Ghidza: Jurnal Gizi Dan Kesehatan, 6(1), 105–119. https://doi.org/10.22487/ghidza.v6i1.511

Mundiarsono. (2016). Pengaruh Sarana dan Prasarana Bengkel Otomotif terhadap Prestasi Belajar Praktek Sistem Kelistrikan Bodi pada Siswa Kelas XI TKR SMK Nawa Bhakti Kebumen Tahun Pelajaran 2014/2015. Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif_Universitas Muhammadiyah Purworejo, 7(2), 35–38.

Novianto, A., & Riana, D. (2023). Integrative Factors of Bridge Simulator Laboratory Adaption: Based Project Model. Jurnal TAM (Technology Acceptance Model), 14(1), 36–47. https://doi.org/10.56327/jurnaltam.v14i1.1519

Salim, M. B. (2018). Pengaruh Pemberian Pre Test Dan Post Test Terhadap Kesiapan Dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VII Di SMP Negeri 7 Metro Tahun Pelajaran 2015/2016. Kappa Journal, 2(1), 1. https://doi.org/10.29408/kpj.v2i1.754

Saputri, D., Apriana, E., & Rubiah. (2023). Pemanfaatan Laboratorium Indoor dan Outdoor pada Materi Sistem Gerak terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI di SMAN 1 Darul Imarah Kabupaten Aceh Besar. Jurnal Pembelajaran Dan Sains, 2(2), 24–40. https://doi.org/10.32672/jps.v2i2.469

Sutini, & Mahendro, I. (2018). Pengenalan Teknologi Navigasi Melalui Pembelajaran Sistem Navigasi Elektronik Untuk Pemahaman Taruna Tentang Navigasi. Jurnal Sains Dan Teknologi Maritim (JSTM), 18(1), 41–49. https://doi.org/10.33556/jstm.v0i1.185

Widyanto, A. M. (2013). Statistika Terapan Konsep dan Aplikasi dalam Penelitian Bidang Pendidikan Psikologi dan Ilmu Sosial lainnya. PT Elex Media Komputindo.

Widyasari, F., Yusuf, F., Arafat, G., Jaya, M., Wiwit Handayani, Adi, F., Kusaly, J., & Sayuti, M. (2022). Sosialisasi Dalam Pengenalan Lingkungan Pesisir Dan Laut (Pena Laut). Buletin SWIMP, 2(1), 16–24. http://jurnal.polikpsorong.ac.id/index.php/buletinswimp/article/view/penalaut

Downloads

Published

2024-03-31

How to Cite

Sumarta, R. P., Widarbowo, D., Haryanto, D., Kendek, M., & Adiputra, I. K. H. P. (2024). Meningkatkan pengetahuan navigasi kapal dengan bridge simulator. Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS), 7(2), 271–282. https://doi.org/10.33474/jipemas.v7i2.20710