Pemanfaatan teknologi digital marketing untuk menunjang operasional mini-hidroponik berbasis energi terbarukan dan internet of things

Authors

  • Yusak Tanoto Universitas Kristen Petra
  • Handry Khoswanto Universitas Kristen Petra
  • Willyanto Anggono Universitas Kristen Petra
  • Katlyn Maclain Anggung Universitas Kristen Petra
  • Vincentia Evangeline Setiawan Universitas Kristen Petra

DOI:

https://doi.org/10.33474/jipemas.v7i1.20871

Keywords:

digital, pemasaran, IoT, mini, hidroponik, pemberdayaan

Abstract

Pengembangan income generation merupakan salah satu potensi yang dapat dikembangkan di Sekolah SMA Advent Surabaya dalam rangka pemberdayaan siswa, yang dapat diupayakan melalui pemanfaatan fasilitas dan sarana pembelajaran luar ruangan. Salah satu cara yang dapat dilakukan ditengah tantangan keterbatasan lahan di sekolah ini adalah menerapkan kombinasi metode pengembangan komunitas dan service learning, dimana salah satu aktivitanya adalah pelatihan pemanfaatan platform dan teknologi digital marketing yang diikuti oleh siswa pengurus OSIS untuk menunjang operasional mini-hidroponik berbasis energi terbarukan dan internet of things. Dalam kegiatan ini, wawasan siswa tentang konsep, metode dan contoh kegunaan teknologi digital marketing diuji dan dievaluasi. Salah satu indikasi keberhasilan pelatihan digital marketing yang terkait dengan pemahaman siswa tentang konsep dan kegunaan teknologi digital marketing sebagai sarana edukasi dan promosi hasil budidaya tanaman hidroponik adalah nilai post-test yang lebih baik daripada pre-test, di samping dihasilkannya desain konten poster Instagram yang menarik yang dibuat oleh kelompok siswa. Kegiatan pelatihan digital marketing telah berlangsung dengan baik dan memberikan manfaat bagi peserta menuju pengembangan komunitas sekolah yang mengelola sistem mini-hidroponik. Dalam konteks pemberdayaan siswa dan pengembangan sekolah, tim abdimas mengupayakan keberlanjutan capaian kegiatan melalui kerjasama dengan sekolah untuk mengadakan kegiatan pendampingan lanjutan dalam rangka pemanfaatan dan pengembangan instalasi mini-hidroponik.

References

Setiawan, D., Eteruddin, H., & Siswati, L. (2020). Sistem Pembangkit Listrik Tenaga Surya untuk Tanaman Hidroponik. JURNAL TEKNIK, 14(2), 208–215. https://doi.org/https://doi.org/10.31849/teknik.v14i2

Nandika, R., & Amrina, E. (2021). Sistem Hidroponik Berbasis Internet of Things (IoT). SIGMA TEKNIKA, 4(1), 1–8. https://doi.org/10.33373/sigmateknika.v4i1.3253

Rahmi, D. Y., Faisal, R. F., Agestayani, A., Susiana, S., Marlina, W. A., Mardiah, F. P., Erizal, E., Ahmad, F. A., & Srivani, M. (2020). Hidroponik Sebagai Bentuk Pemanfaatan Lahan Sempit Untuk Peningkatan Pendapatan Rumah Tangga di Nagari Sungai Kamuyang. Jurnal Hilirisasi IPTEKS, 3(1), 20–30. https://doi.org/10.25077/jhi.v3i1.389

Fidiyani, R., Baroroh, L., Lestari, A. W., Safitri, A. N., & Novyta, D. (2023). Pemberdayaan Ibu Rumah Tangga Melalui Pelatihan Budidaya Hidroponik Sayur Selada dengan Pemanfaatan Limbah Botol Plastik. Jurnal Bina Desa, 4(2), 235–240. https://doi.org/10.15294/jbd.v4i2.32494

Putri, N. W. S., Suryati, K., Kartini, K. S., Wijayanti, N. W. E., Wardika, I. W. G., & Krisna, E. D. (2022). Pelatihan Hidroponik Untuk Meningkatkan Keterampilan Guru-Guru PAUD. PUAN INDONESIA, 3(2), 295–302. https://doi.org/10.37296/jpi.v3i2.78

Maghfiroh, L., Lianah, L., & Hidayatullah, A. F. (2019). Pengaruh Penggunaan Teknologi Hidroponik Terhadap Minat Bercocok Tanam Siswa. Al-Hayat: Journal of Biology and Applied Biology, 1(2), 99. https://doi.org/10.21580/ah.v1i2.3762

Sukoco, E. (2022). Menumbuhkan Jiwa Kemandirian Siswa dan Meningkatkan Kualitas Lingkungan Hidup Melalui Tanaman Hidroponik. EduStream: Jurnal Pendidikan Dasar, 6(1), 56–62. https://doi.org/10.26740/eds.v6n1.p56-62

Pardede, G. (2022). A SWOT Analysis of the Hydroponics Entrepreneurship as Sustainable Income in Covid-19 Pandemic Adaptation. Jurnal Teknotan, 16(2), 93. https://doi.org/10.24198/jt.vol16n2.5

Kurniawati, N. K., Widyastuti, N. W., Alifi, M. I., Pratiwi, M., Nisa, H., & Maulana, I. C. (2022). Penerapan Attention, Interest, Desire, Action (AIDA) Terhadap Komunikasi Pemasaran Kerajinan Tangan. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(9), 347–353.

Lieb, R., & Szymanski, J. (2017). Content-The Atomic Particle of Marketing: The Definitive Guide to Content Marketing Strategy (1st Edition). Kogan Page Ltd.

Christiani, J., & Fauzi, A. (2022). Analisa Strategi Bauran Pemasaran 4P (Price, Product, Place, Promotion) Pada Usaha Prol Tape Sari Madu Jember Dalam Meningkatkan Volume Penjualan. Jurnal Akuntansi Dan Manajemen Bisnis, 2(3), 16–23. https://doi.org/10.56127/jaman.v2i3.328

Downloads

Published

2023-12-06

How to Cite

Tanoto, Y., Khoswanto, H., Anggono, W., Anggung, K. M., & Setiawan, V. E. (2023). Pemanfaatan teknologi digital marketing untuk menunjang operasional mini-hidroponik berbasis energi terbarukan dan internet of things. Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS), 7(1), 20–31. https://doi.org/10.33474/jipemas.v7i1.20871