Pengemasan dan pemasaran kopi biji salak (Salacca zalaca) melalui e-commerce untuk peningkatan perekonomian masyarakat desa

Authors

  • Muhammad Andry Prio Utomo Universitas Negeri Malang
  • Yunita Rakhmawati Universitas Negeri Malang
  • Ajeng Daniarsih Universitas Negeri Malang
  • Utami Sri Hastuti Universitas Negeri Malang
  • Kennis Rozana Universitas Negeri Malang
  • Nadila Sekar Zahida Universitas Negeri Malang
  • Tomy Rizky Izzalqurny Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.33474/jipemas.v7i2.20872

Keywords:

kopi biji salak, pengemasan, pemasaran, e-commerce

Abstract

Tingginya produksi keripik salak Monik (Salacca zalacca) di desa Tirtoyudo juga diimbangi dengan meningkatnya jumlah limbah biji salak yang dihasilkan. Biji salak umumnya dibuang karena keras dan sulit untuk didegradasi sehingga mengakibatkan pencemaran lingkungan. Tujuan dari pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk memberikan pelatihan tentang pengemasan produk kopi biji salak Monik dengan easy drip dan pemasarannya melalui e-commerce kepada ibu-ibu PKK Desa Tirtoyudo, Malang. Metode yang digunakan dalam pelatihan ini yaitu service learning, sehingga peserta dapat mencoba praktik mengemas produk kopi biji salak dan mengelola tokodi e-commerce setelah materi. Jumlah peserta pada kegiatan pelatihan ini adalah 40 orang. Hasil pelatihan ini adalah produk box kopi biji salak kemasan easy drip dalam box yang menarik dan toko online di Shopee dengan nama Zacco Official Store. Shopee dipilih sebagai e-commerce untuk memasarkan produk karena 50% peserta pelatihan pernah melakukan transaksi di Shopee. Selain itu pelatihan ini mampu meningkatkan pengetahuan peserta tentang e-commerce, perkembangan e-commerce di Indonesia dan manfaat e-commerce menjadi 100%. Hasil survey pada akhir pelatihan menunjukkan peserta menilai puas hingga sangat puas untuk pelaksanaan pelatihan ini. Tindak lanjut yang diharapkan dari pengabdian ini adalah produk kopi biji salak Monik dapat teregistrasi di BPOM dan Halal MUI sehingga kualitas produk terjamin.

References

Christie, C. D. Y., & Lestari, N. A. (2018). Identifikasi Morfologi Dan Kekerabatan Salak Di Jawa Timur. Jurnal Viabel Pertanian, 14(2), 26-33. https://doi.org/10.35457/viabel.v14i2.1228.

Darajat, T. M. (2013). Tinjauan Media Visual dalam Strata Masyarakat yang Tinggal dalam Tata Kota Kawasan Pemukiman. Inosains 8 (2), 119-131. https://digilib.esaunggul.ac.id/public/UEU-Journal-3516-Teddy-darajat.pdf

Daru, K., Sekretari, W. A., Manajemen, D., Sarana, B., Sitasi, C., & Widayati. (2018). Implementasi SWOT Strategi Pemasaran Online dan Offline Pada PT Roti Nusantara Prima Cabang Jatiasih. Widya Cipta, 2(2), 209–216. http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/widyacipta

Farki, A., Baihaqi, I., & Wibawa, B. M. (2016). Pengaruh Online Customer Review dan Rating Terhadap Kepercayaan dan Minat Pembelian pada Online Marketplace di Indonesia. Jurnal Teknik ITS, 5(2), 6. https://doi.org/j23373539.v5i2.19671.

Istanti, A., Setiadevi, S., & Zazilah, A. N. (2023). Pembuatan Kopi Decaf dalam Kemasan Drip Bag dengan Metode Cold Brew di Rumah Kopi Ibu Bumi Banyuwangi. Jurnal ABDINUS : Jurnal Pengabdian Nusantara, 7(2), 366–372. https://doi.org/10.29407/ja.v7i2.18743

Lokaria, E., & Susanti, I. (2018). Uji Organoleptik Kopi Biji Salak dengan Varian Waktu Penyangraian. BIOEDUSAINS: Jurnal Pendidikan Biologi Dan Sains, 1(1), 34–42. https://doi.org/10.31539/bioedusains.v1i1.262.

Mukhsin. (2019). Manfaat Penerapan Marketing Online (Menggunakan E-Commerce dan Media Sosial) Bagi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). TEKNOKOM 2(1), 1-10. https://doi.org/10.31943/teknokom.v2i1.25.

Natawijaya, D., Saepudin, A., & Pangesti, D. (2015). Uji Kecepatan Pertumbuhan Jamur Rhizopus Stolonifer dan Aspergillus Niger yang Diinokulasikan pada Beberapa Jenis Buah Lokal. Jurnal Siliwangi, 1(1), 32-40. https://doi.org/10.37058/jssainstek.v1i1.24.

Ompi, G. F., Pakasi, C. B. D., & Benu, N. M. (2012). Strategi Pemasaran Kopi Biji Salak “Kobisa” di Desa Pangu Kecamatan Ra-Tahan Timur Kabupaten Minahasa Tenggara. COCOS: Jurnal Ilmiah Fakultas Pertanian Universitas Sam Ratulangi, 7(1), 1–6. https://doi.org/10.35791/cocos.v7i1.11378.

Saolan, Sukainah, A., & Wijaya, M. (2020). Pengaruh Jenis Kemasan dan Lama Waktu Penyimpanan Terhadap Mutu Bubuk Kopi Robusta (Coffea robusta). Jurnal Pendidikan Teknologi Pertanian, 6(2), 337-348. https://doi.org/10.26858/jptp.v6i2.12021.

Putra, E., Tinggi, S., & Pasaman, I. E. (2020). Pengaruh Promosi melalui Sosial Media dan Review Produk pada Marketplace Shopee terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Mahasiswa STIE Pasaman. Jurnal Apresiasi Ekonomi, 8(3), 467–474. https://doi.org/10.31846/jae.v8i3.298.

Raharja, K. T., Chabibah, A. N., Sudarmayasa, I. W., & Romadhoni, I. F. (2021). Pembuatan Boba Kopi Biji Salak sebagai Pangan Fungsional Sumber Antioksidan. Jurnal Technopreneur (JTech), 9(1), 7–13. https://doi.org/10.30869/jtech.v9i1.690

Rahmawati, D., Pardian, P., Setiawan, I., & Sadeli, A.H. (2021). Komunikasi Pemasaran Coffee Shop dalam Situasi Pandemi COVID-19 (Studi Kasus Work Coffee Indonesia di Bandung). Jurnal Pemikiran Masyarakat Ilmiah Berwawasan Agribisnis 7(1), 824-834. http://dx.doi.org/10.25157/ma.v7i1.4826.

Tahir, M. (2023). Pengaruh Produk, Harga dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Smart Phone Pada Toko Rahmat Cell Di Kabupaten Mamuju. Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen, 2(1), 91-105. https://stiemmamuju.e-journal.id/FJIIM/article/view/154/94

Wahyuningtias, D. (2010). UJI Organoleptik Hasil Jadi Kue Menggunakan Bahan Non Instant dan Instant. BINUS Business Review, 1(1), 116-125. http://dx.doi.org/10.21512/bbr.v1i1.1060

Wibowo, D. H., Arifin, Z., & Sunarti. (2015). Analisis Strategi Pemasaran untuk Meningkatkan Daya Saing UMKM (Studi pada Batik Diajeng Solo). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 29(1), 59-66. http://administrasibisnis.studentjournal.ub.ac.id/index.php/jab/article/view/1172.

Yunus, I. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran E-Leaflet sebagai Media Interaktif Terhadap Materi Hardware di SMAN 7 Kupang. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi (JUKANTI), 3(2), 39-47. https://doi.org/10.37792/jukanti.v3i2.224

Downloads

Published

2024-03-26

How to Cite

Utomo, M. A. P., Rakhmawati, Y., Daniarsih, A., Hastuti, U. S., Rozana, K., Zahida, N. S., & Izzalqurny, T. R. (2024). Pengemasan dan pemasaran kopi biji salak (Salacca zalaca) melalui e-commerce untuk peningkatan perekonomian masyarakat desa. Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS), 7(2), 244–257. https://doi.org/10.33474/jipemas.v7i2.20872