Digital marketing dengan memanfaatkan social media dan e-commerce bagi komunitas UMKM wanita

Authors

  • Zainarti Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Nurwani Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Nurbaiti Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Siti Aisyah Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Della Agustina Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.33474/jipemas.v7i2.20873

Keywords:

UMKM, pemasaran digital, e-commerce, media sosial

Abstract

Terjadinya Pembangunan jalan tol di Indonesia memiliki nilai positif dan negatif, nilai positif yang dirasakan adalah semakin sedikitnya jarak waktu tempuh yang digunakan. Tetapi dampak negatif juga terlihat dimana munculnya permasalahan sosial dan ekonomi yang dirasakan oleh UMKM. Komunitas UMKM di Pasar Bengkel, Kab. Serdang Bedagai juga mengeluhkan hal yang sama dimana ruas jalan di Pasar Bengkel menjadi sepi akibat adanya jalan tol MKTT. Disisi lain, perkembangan dunia usaha khususnya kegiatan pemasaran saat ini sudah berbasis digital (digital marketing). Namun, masih banyak UMKM di Pasar Bengkel yang belum menerapkan pemasaran digital, sehingga diperlukan pendampingan bagi mereka. Pendampingan terhadap UMKM yang dilaksanakan menggunakan teknik pelatihan melalui pendekatan PAR (Participatory Action Research). Metode ini digunakan dengan tujuan dapat mengamati permasalahan-permasalahan yang terjadi pada UMKM secara lebih menyeluruh, serta dengan metode ini diharapkan terjadi partisipasi yang aktif dari para UMKM agar pendampingan digital marketing menjadi lebih efektif. Adapun kegiatan pendampingan ini dimulai dengan memberikan pengarahan seputar perkembangan digital marketing yang dilanjutkan dengan praktik yakni membuat google digital bussiness page serta konten digital marketing untuk di unggah di media sosial. Antusiasme UMKM dalam mengikuti kegiatan pelatihan dan pendampingan ini sangat positif. Berdasarkan hasil survey pra dan pasca kegiatan diketahui bahwa terjadi peningkatan pengetahuan UMKM terhadap pentingnya digital marketing dalam mempromosikan usaha mereka serta meningkatnya minat UMKM untuk menerapkan digital marketing dalam kegiatan promosi usaha mereka. Kegiatan pendampingan ini dilanjutkan dengan monitoring dan diskusi melalui grup komunitas UMKM dengan tujuan agar penerapan digital marketing dapat terus dilaksanakan.

References

Afandi, A., Laily, N., Wahyudi, N., Umam, M. H., Kambau, R. A., Rahman, S. A., Sudirman, M., Jamilah, Kadir, N. A., Junaid, S., Nur, S., Parmitasari, R. D. A., Nurdiyanah, Wahid, M., & Wahyudi, J. (2022). Metodologi Pengabdian Masyarakat (Suwendi, A. Basir, & J. Wahyudi (eds.)). Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam, Direktorat Jenderal Pendidikan Islam, Kementerian Agama RI. https://pendispress.kemenag.go.id/index.php/ppress/catalog/book/19

Aisyah, S. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 Bagi UMKM Serta Strategi E-Marketing UMKM Di Indonesia. In Repository UIN Sumatera Utara Medan. http://repository.uinsu.ac.id/10168/

Aisyah, S., Imamsyah, I., Banurea, S. A., Supardi, S., & Bimantaka, Y. (2023). Penerapan Transformasi Digital Melalui Tokopedia Seller Apps untuk Memperluas Pemasaran Pada Pelaku UMKM di Kota Medan (Studi Kasus Pada Pelita Petshop Medan). Abdinesia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 6–11. https://unu-ntb.e-journal.id/abdinesia/article/view/304

Astuti, P. (2023). Dampak Sosial Ekonomi Pembangunan Jalan Tol Permai di Kelurahan Muara Fajar Timur, Kota Pekanbaru. Jurnal Planologi Dan Sipil (JPS), 5(1), 60–73. https://ejournal.uniks.ac.id/index.php/JPS/article/view/3147

Butar, H. W. B., & Rahayu, E. (2023). Dampak Sosial Dan Ekonomi Pembangunan Jalan Tol MKTT Terhadap UMKM Pasar Bengkel Kabupaten Serdang Bedagai. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 7(1), 190–200. https://doi.org/10.58258/jisip.v7i1.4118

Chusniyah, I., & Fauza, N. (2022). Pelatihan Digital Marketing Bagi Pelaku UMKM sebagai Upaya Peningkatan Pemasaran di Masa Pandemi Bagi Masyarakat. Khidmatuna : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 138–149. https://doi.org/10.54471/khidmatuna.v2i2.1582

Deni, S., Deni, A., Agusmawanda, Machmud, I., Sosiawaty, Husen, M., Mafoloi, X., Jama, A., & Tolafu, R. (2023). Konflik dan Pembangunan Politik Kepulauan. CV. Eureka Media Aksara.

Hamdun, N., Marliyah, M., & Nurbaiti, N. (2022). Strategi Pelaku Bisnis Electronic Commerce (E-Commerce). Jurnal Locus Penelitian Dan Pengabdian, 1(2), 60–67. https://doi.org/10.58344/locus.v1i2.13

Hukom, A. (2014). Hubungan Ketenagakerjaan dan Perubahan Struktur Ekonomi terhadap Kesejahteraan Masyarakat. Jurnal Ekonomi Kuantitatif Terapan, 7(2), 120–129.

Irfan, A., Rosalia, F., & Maryanah, T. (2021). Analisis Dampak Pembangunan Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) Ruas Terbanggi Besar-Gunung Sugih Terhadap Usaha Rumah Makan dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Wacana Publik, 15(2), 95–103. https://doi.org/10.37295/wp.v15i2.63

Kasindi, E. E. (2020). Analisis Dampak Pembangunan Jalan Tol Medan-Tebing Tinggi Terhadap Pendapatan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Dodol (Kasus: Desa Bengkel, Kecamatan Perbaungan, Kabupaten Serdang Bedagai).

Kementerian Keuangan. (2022). Peranan Perempuan Mayoritas dalam UMKM, Menkeu : Negara Hadir Memperkuat.

Mahadiansar, M., Ikhsan, K., Sentanu, I. G. E. P. S., & Aspariyana, A. (2020). Paradigma Pengembangan Model Pembangunan Nasional di Indonesia. Jurnal Ilmu Administrasi: Media Pengembangan Ilmu Dan Praktek Administrasi, 17(1), 77–92. https://doi.org/10.31113/jia.v17i1.550

Manullang, J., & Samosir, H. (2019a). Analisis Dampak Pembangunan Jalan Tol Medan Tebing Tinggi Terhadap Kegiatan Jajanan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah di Pasar Bengkel. Jurnal Bisnis Terapan, 3(2), 167–178. https://doi.org/10.24123/jbt.v3i02.2512

Manullang, J., & Samosir, H. (2019b). Pengaruh Pembangunan Jalan Tol Medan-Tebing Tinggi Terhadap Usaha Mikro Kecil dan Menengah. Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Finansial Indonesia, 3(1), 45–54. https://doi.org/10.31629/jiafi.v3i1.1516

Panjaitan, A. N. P. (2022). Dampak Keberadaan Jalan Tol Medan-Tebing Tinggi Terhadap Pendapatan Pelaku Usaha Keripik Ubi Kayu (Studi Kasus : Desa Bengkel, Kecamatan Perbaungan, Kabupaten Serdang Bedagai). Universitas Medan Area.

Prinatasya, D. (2024). Evaluasi Dampak Jalan Tol Trans Sumatera Terhadap Pertumbuhan Ekonomi di Provinsi Lampung. Diponegoro.

Downloads

Published

2024-04-19

How to Cite

Zainarti, Nurwani, Nurbaiti, Aisyah, S., & Agustina, D. (2024). Digital marketing dengan memanfaatkan social media dan e-commerce bagi komunitas UMKM wanita. Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS), 7(2), 343–362. https://doi.org/10.33474/jipemas.v7i2.20873