Akselerasi digitalisasi usaha batik melalui konten website dan search engine marketing sebagai strategi inbound marketing

Authors

  • Lutfi Auliarahman Universitas Sebelas Maret
  • Brian Gregory Adhihendra Universitas Sebelas Maret
  • Desy Mayasari Universitas Sebelas Maret
  • Dea Farahdiba Universitas Sebelas Maret
  • Reno Firman Anriza Hirianto Universitas Sebelas Maret

DOI:

https://doi.org/10.33474/jipemas.v7i2.20874

Keywords:

inbound marketing, website, search engine marketing

Abstract

Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) merupakan salah satu unit usaha yang berperan penting dalam pertumbuhan dan perkembangan perekonomian di Indonesia. Pandemi COVID-19 menjadi penyebab UMKM di berbagai daerah mengalami penurunan pendapatan, termasuk UMKM di Kampoeng Batik Laweyan, sehingga menuntut persaingan usaha beralih ke dunia digital. Terdapat beberapa permasalahan yang dihadapi oleh Kampoeng Batik Laweyan selaku mitra pengabdian, yaitu (a) menurunnya omzet penjualan dan wisatawan selama pandemi COVID-19, dan (b) mitra belum mengoptimalkan pemanfaatan platform digital dengan baik sebagai media promosi, khsusunya website. Berdasarkan permasalahan tersebut, tim pengabdian mendorong digitalisasi Kampoeng Batik Laweyan menggunakan digital inbound marketing sebagai solusi yang ditawarkan yang meliputi (a) membuat berbagai konten digital yang akan ditampilkan pada website Kampoeng Batik Laweyan, (b) menerapkan search engine marketing sebagai sarana untuk melakukan promosi website. Metode dalam kegiatan pengabdian ini menggunakan pendekatan service-learning dan transfer pengetahuan dari tim pengabdian kepada pihak Kampoeng Batik Laweyan dengan memenuhi aspek KAP (Kognitif, Afektif, Psikomotorik), dalam bentuk (a) diseminasi informasi; (b) pendampingan; dan (c) monitoring dan evaluasi. Hasil dari program pengabdian masyarakat ini adalah konten website berupa 20 artikel dan dua video, serta jumlah pengunjung website Kampoeng Batik Laweyan yang mengalami peningkatan dengan menggunakan Google Ads.

References

Arifin, A., & Kohar, K. (2022). Kesiapan UMKM Menghadapi Digitalisasi. Jurnal Ilmiah Ekonomi Manajemen, 13(1), 11–23. https://doi.org/10.52657/jiem.v13i1.1729

Astuti, R. P., Kartono, & Rahmadi. (2020). Pengembangan UMKM Melalui Digitalisasi Tekonolgi Dan Integrasi Akses Permodalan. Ethos: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 8(2), 248–256. https://doi.org/10.29313/ethos.v8i2.5764

Bezhovski, Z. (2015). Inbound Marketing - A New Concept in Digital Business. International Scientific Conference of the Romanian-German University of Sibiu, 10, 27–34.

Budhirianto, S. (2012). Pengelolaan Konten Website Website Content Management. 88, 51–66.

Budiningtyas, R. E. S. (2013). Showroom Batik di Kampoeng Batik Laweyan Respon Masyarakat Terhadap Pengembangan Pariwisata di Kawasan Cagar Budaya. Jurnal Nasional PARIWISATA, 5(3), 168–179. https://doi.org/10.22146/jnp.6690

Davidavicius. Sigitas, & Limba. L. (2022). Recognition of Digital Content Needs for Inbound Marketing Solutions. Social Sciences, 11, 351. https://doi.org/10.1093/geronb/gbq014

Ekarini, F. (2017). Analisis Desain Website Bni, Bukopin, J.Co Donuts Dan Mcdonals Menurut Buku “the Principles of Beautiful Web Design.” Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education), 2(1), 8–20. https://doi.org/10.21831/elinvo.v2i1.14489

Evangeulista, G., Agustin, A., Putra, G. P. E., Pramesti, D. T., & Madiistriyatno, H. (2023). Strategi UMKM Dalam Menghadapi Digitalisasi. Oikos Nomos: Jurnal Kajian Ekonomi Dan Bisnis, 16(1), 33–42. https://doi.org/10.37479/jkeb.v16i1.20799

Fedorko, M. R. (2014). Search Engine Marketing (SEM)-The current state of the issue. Online) Journal, 4509, 1339–4509.

Ha, N. M., & Khoa, B. T. (2021). The Google Advertising Service Adoption Behavior of Enterprise in the Digital Transformation Age. Webology, 18(SpecialIssue2), 153–170. https://doi.org/10.14704/WEB/V18SI02/WEB18064

Handini, V. A., & Choiriyati, W. (2021). Digitalisasi Umkm Sebagai Hasil Inovasi Dalam Komunikasi Pemasaran Sahabat Umkm Selama Pandemi Covid-19. JRK (Jurnal Riset Komunikasi), 11(2), 282. https://doi.org/10.31506/jrk.v11i2.9682

Hanim, L., Soponyono, E., & Maryanto. (2021). Pengembangan UMKM Digital di Masa Pandemi Covid-19. Seminar Nasional Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Sang Bumi Ruwa Jurai Tahun 2021. https://doi.org/10.38204/atrabis.v6i2.512

Idah, Y. M., & Pinilih, M. (2020). Strategi Pengembangan Digitalisasi UMKM. Prosiding Seminar Nasional Dan Call for Papers “Pengembangan Sumber Daya Pedesaan Dan Kearifan Lokal Berkelanjutan IX,” 9(1).

Joseph, M. N., & John, M. (2022). Effect of search engine marketing on the performance of Kenya’s top 100 medium-sized companies. International Journal of Management and Commerce Innovations, 10(1), 502–508.

Khairunnisa, A., Fourqoniah, F., & Hairunnisa. (2021). Penerapan Digital Inbound Marketing Sebagai Strategi Komunikasi Pemasaran Terpadu PT. Comtelindo Balikpapan Dalam Mempertahankan Loyalitas Pelanggan. Jurnal Llmu Komunikasi, 9(2), 119–128.

Kouchesfahani, M. M., Jalili, M., & Noraei, M. (2019). Effect of Inbound Marketing Factors on Marketing Performance: The Case of Restaurant and Catering Industry in Rasht with an Emphasis on Restaurants with Gilaki Names. International Journal of Agricultural Management and Development, 9(4), 363–378. https://doi.org/10.22004/ag.econ.301189

Krisma, E., & Kristiyani, D. N. (2023). Daya Tarik dan Strategi Komunikasi Forum Pengembangan Kampoeng Batik Laweyan Solo dalam Upaya Mempertahankan Wisata Lokal. Jurnal Ilmu Komunikasi UHO : Jurnal Penelitian Kajian Ilmu Sosial Dan Informasi, 8(3), 444–457. https://doi.org/10.52423/jikuho.v8i3.7

Kusumastuti, A. L., Aliyah, I., & Sugiarti, R. (2019). Manajemen Spasial Bagi Keberlanjutan Destinasi Wisata Budaya (Studi Kasus : Kampung Batik Laweyan). Cakra Wisata, 20(1), 10–18. https://jurnal.uns.ac.id/cakra-wisata/article/view/34010

Latifah, R., Mujiastuti, R., & Hendra. (2018). Analisis Penggunaan Inbound Marketing di UMKM Fashion Kelurahan Penggilingan. Prosiding Seminar Nasional Sains Dan Teknologi, 1–6.

Meidiyustiani, R., Lestari, I. R., & Natalia, D. (2021). Pemanfaatan Google Ads sebagai Penunjang Bisnis UMKM Dimasa Pandemi COVID-19. Jurnal PKM: Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(4), 376–383. https://doi.org/10.30998/jurnalpkm.v4i4.7003

Ningsih, N. P. D. U. (2020). Pengembangan Industri Kecil dan Menengah Kampung Batik untuk Mendukung Pariwisata Kreatif di Surakarta. Lampuhyang, 11(1), 69–84. https://doi.org/0.47730/jurnallampuhyang.v11i1.190

Nyagadza, B. (2020). Search engine marketing and social media marketing predictive trends. Journal of Digital Media & Policy, October. https://doi.org/10.1386/jdmp_00036_1

Pinem, D., Pusporini, & Masnuna. (2021). Digitalisasi Manajemen Pada Usaha Kecil dan Menengah (UMKM) di Depok Jawa Barat. Jurnal IKRAITH-Abdimas, 5(1), 172–183. https://journals.upi-yai.ac.id/index.php/IKRAITH-ABDIMAS/article/view/1614

Prasetya, M. D., & Hertini, E. S. (2022). Pendampingan Pembuatan Konten dan Pengelolaan Website Desa Kiringan Boyolali. Muria Jurnal Layanan Masyarakat, 4(2), 102–107. https://doi.org/10.24176/mjlm.v4i2.7666

Pratama, G., Atmaja, D. R., Mukmin, A. H., & Tamzil, F. (2024). Kemitraan pendidikan dan pengembangan kapabilitas dinamis UMKM guna meningkatkan ekspor melalui manajemen produksi berkualitas. Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS), 7(1), 82–91. https://doi.org/10.33474/jipemas.v7i1.21040

Rahmawati, M. I., Ardini, L., Lestariningsih, M., & Shabrie, W. S. (2022). Digitaliasi UMKM dengan Penguatan E-Commerce Shopee pada UMKM Kecamatan Wonokromo Kota Surabaya. Mujtama’ Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 35–42. https://doi.org/10.32528/mujtama’.v2i2.7981

Ratnawati, A. Y., & Susena, E. (2017). Analisis manajemen pemasaran batik di kampoeng batik laweyan surakarta. Jurnal Informa : Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat, 3(1), 1–9. https://doi.org/10.46808/informa.v3i1.2

Rokhman, A., & Sahat Satyawan, D. (2012). Web Usability of Public Organization Websites: The Case of Indonesian Ministry Websites. Jurnal Studi Pemerintahan, 3(2), 391–400. https://doi.org/10.18196/jgp.2012.0022

Setyaningrum, G. D., Setyaningrum, I., & Djoemadi, F. R. (2021). Strategi Bertahan Industri Batik di Kampoeng Batik Laweyan Saat Pandemi COVID-19. Ekonomi Dan Bisnis: Berkala Publikasi Gagasan Konseptual, Hasil Penelitian, Kajian, Dan Terapan Teori, 25(1), 32–39. https://doi.org/10.24123/jeb.v25i1.4769

Soegoto, E. S., & Simbolon, T. (2018). Inbound Marketing as a Strategy in Digital Advertising. IOP Conference Series: Materials Science and Engineering, 407(1). https://doi.org/10.1088/1757-899X/407/1/012183

Sumadi. (2019). Dinamika transformasi UMKM di era digitalisasi pandemi covid-19. Prosiding Seminar Nasional & Call for Paper STIE AAS, September, 189–200.

Terrance, A. R., Shrivastava, S., & Mishra, A. (2018). Importance of Search Engine Marketing in the Digital World. Proceedings of the First International Conference on Information Technology and Knowledge Management, 14, 155–158. https://doi.org/10.15439/2017km24

Trimarsiah, Y., & Arafat, M. (2017). Analisis dan Perancangan Website sebagai Sarana Informasi pada Lembaga Bahasa Kewirausahaan dan Komputer AKMI Baturaja. Jurnal Ilmiah MATRIK, 19(1), 1–10. https://doi.org/10.33557/jurnalmatrik.v19i1.366

Tyas, A., & Aryani, D. (2017). Efektivitas Iklan Digital Google Adsense. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 20(1), 1–10. https://doi.org/10.31941/jebi.v20i1.689

Wenning, S. (2021). Use and E ffect of Google Ads Effect of Google Ads for M arketing S uccess. International Journal of Management and Humanities, 6(3), 23–26. https://doi.org/10.35940/ijmh.b1402.116321

Widyantara, I. M. O., Linawati, L., Mertasana, I. P. A., & Setiawan, W. (2016). Strategi Pengembangan Website sebagai Media Informasi Desa di Kabupaten Klungkung. Buletin Udayana Mengabdi; Jurnal Udayana Mengabdi, 15(1), 22–28. https://ojs.unud.ac.id/index.php/jum/article/view/20808

Za, S. Z., & Tricahyadinata, I. (2017). An Analysis on the Use of Google AdWords to Increase E-Commerce Sales. International Journal of Social Sciences and Management, 4(1), 60–67. https://doi.org/10.3126/ijssm.v4i1.16433

Downloads

Published

2024-04-19

How to Cite

Auliarahman, L., Adhihendra, B. G., Mayasari, D., Farahdiba, D., & Hirianto, R. F. A. (2024). Akselerasi digitalisasi usaha batik melalui konten website dan search engine marketing sebagai strategi inbound marketing. Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS), 7(2), 330–342. https://doi.org/10.33474/jipemas.v7i2.20874