Peningkatan kompetensi digital marketing MGMP pemasaran dalam dimensi penguatan karakter pelajar pancasila

Authors

  • Elen Puspitasari Universitas Stikubank
  • Fatkhul Amin Universitas Stikubank
  • Alimuddin Rizal Universitas Stikubank
  • Eddy Nurraharjo Universitas Stikubank
  • Felix Andreas Sutanto Universitas Stikubank

DOI:

https://doi.org/10.33474/jipemas.v7i1.20880

Keywords:

digital marketing, kompetensi, karakter pelajar pancasila

Abstract

Tujuan dari pelaksanaan program pemberdayaan kemitraan masyarakat dengan skema mitra sasaran masyarakat sekolah di lingkungan MGMP Pemasaran se-eks Karesidenan Pekalongan ini adalah untuk memberikan solusi atas permasalahan dengan melakukan empat aktivitas. Pertama, Pelatihan dan pendampingan dalam mencapai kelulusan dalam uji kompetensi Digital Marketing. Kedua, Menentukan sistem kesetaraan kualifikasi guru antara kompetensi pembelajaran yang didapat dari suatu pendidikan dengan standar kompetensi yang dipersyaratkan. Ketiga, Menguatkan kerjasama dalam bidang peningkatan kapasitas guru pemasaran online. Keempat, Melaksanakan hasil evaluasi dan tindak lanjut Penguatan Karakter Pelajar Pancasila di delapan SMK se-eks karesidenan Pekalongan. Hasil yang diperoleh adalah peningkatan skor post-test materi uji kompetensi digital marketing pada guru dan siswa. Luaran yang dihasilkan adalah tersedianya website mgmp pekalongan, media sosial instagram dan tiktok serta alur tujuan pembelajaran digital marketing dengan penguatan profil pelajar Pancasila. Rencana tindal lanjut adalah dengan mengembangkan pendekatan inovatif dalam pembelajaran digital marketing yang berorientasi pada siswa dalam penguatan karakter pelajar Pancasila.

References

Andriani, R., & Sa’di, A. (2021). Pelatihan Strategi Digital Marketing Pada UKM Pukis Klaten. In M. Sulistiyono & R. S. Kharisma (Eds.), Prosiding Seminar Hasil Pengabdian Masyarakat (pp. 371–376). Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Amikom. https://ojs.amikom.ac.id/index.php/semhasabdimas/article/view/2744

Astuti, I. P. (2021). Pemanfaatan Digital Marketing dan Pencatatan Keuangan Digital pada Toko Kelontong di Masa Pandemi COVID-19. In M. Sulistiyono & R. S. Kharisma (Eds.), Prosiding Seminar Hasil Pengabdian Masyarakat (pp. 186–191). Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Amikom. https://ojs.amikom.ac.id/index.php/semhasabdimas/article/view/2713

Diartono, D. A., & Amin, F. (2017). Peningkatan Kompetensi Guru Pemasaran Online Kurikulum 2013 Bagi MGMP Pemasaran. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat (PENAMAS), 1(1), 13–26. https://www.unisbank.ac.id/ojs/index.php/penamas/article/view/4964

Hasan, I. (2022). Peningkatan Kapasitas Guru dalam Pembuatan Learning Management System (LMS) untuk Pembelajaran Daring Menggunakan Google Sites. Jurnal Pengabdian UntukMu NegeRI, 6(1), 103–109. https://doi.org/10.37859/jpumri.v6i1.3394

Indriyani, S., Hermawan, N. S. A., Riskawati, R., & Yuniarthe, Y. (2023). Penyuluhan Mengenai COVID-19 dan Penyuluhan Bidang Digital Marketing. ANDASIH Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 24–28. https://doi.org/10.57084/andasih.v4i1.1135

Irawati, D., Iqbal, A. M., Hasanah, A., & Arifin, B. S. (2022). Profil Pelajar Pancasila Sebagai Upaya Mewujudkan Karakter Bangsa. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 1224–1238. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3622

Puspitasari, E., Amin, F., Lisiantara, G. A., & Alfasadun. (2022). Alat Pemasaran Media Sosial Youtube bagi Komunitas Guru Tata Niaga Pelaku Bisnis Online. Jurnal Pengabdian Masyarakat Intimas (Jurnal INTIMAS): Inovasi Teknologi Informasi Dan Komputer Untuk Masyarakat, 2(2), 109–114. https://doi.org/10.35315/intimas.v2i2.9030

Rahmidani, R., Armiati, A., & Susanti, D. (2018). Pkm Meningkatkan Kemampuan Hard Skills Guru Pembelajar Jurusan Bisnis Daring Dan Pemasaran Melalui Pembuatan Web-Blog Sebagai Kompetensi Pemasaran Online, Smkn 1 Dan Smk Kosgoro 2 Kota Payakumbuh. Jurnal Pengabdian Masyarakat Universitas Merdeka Malang, 3(2), 50–56. https://doi.org/10.26905/abdimas.v3i2.2479

Satria, R., Adiprima, P., Wulan, K. S., & Harjatanaya, T. Y. (2022). Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. In Badan Standar, Kurikulum, Dan Asesmen Pendidikan.

Taufiq, M., Lubis, M., & Refiadi, G. (2023). Optimalisasi Bisnis Digital Dengan Pendampingan Sebagai Perencanaan Strategi Pemasaran UMKM Ranting Muhammadiyah Tasikmalaya. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(3), 1737–1744. https://doi.org/10.31949/jb.v4i3.5105

Utami, R. S., Tambunan, K., & Sari, I. P. (2022). Implementasi kelompok umkm e-commerce di kelurahan pagar Merbau II kecamatan Lubuk Pakam. Publikasi Kegiatan Pengabdian Masyarakat (PUNDIMASWID), 1(1), 21–31. https://doi.org/10.54593/pundimaswid.v1i1.92

Downloads

Published

2024-02-25

How to Cite

Puspitasari, E., Amin, F., Rizal, A., Nurraharjo, E., & Sutanto, F. A. (2024). Peningkatan kompetensi digital marketing MGMP pemasaran dalam dimensi penguatan karakter pelajar pancasila. Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS), 7(1), 181–195. https://doi.org/10.33474/jipemas.v7i1.20880