Peningkatan kompetensi digital marketing MGMP pemasaran dalam dimensi penguatan karakter pelajar pancasila
DOI:
https://doi.org/10.33474/jipemas.v7i1.20880Keywords:
digital marketing, kompetensi, karakter pelajar pancasilaAbstract
Tujuan dari pelaksanaan program pemberdayaan kemitraan masyarakat dengan skema mitra sasaran masyarakat sekolah di lingkungan MGMP Pemasaran se-eks Karesidenan Pekalongan ini adalah untuk memberikan solusi atas permasalahan dengan melakukan empat aktivitas. Pertama, Pelatihan dan pendampingan dalam mencapai kelulusan dalam uji kompetensi Digital Marketing. Kedua, Menentukan sistem kesetaraan kualifikasi guru antara kompetensi pembelajaran yang didapat dari suatu pendidikan dengan standar kompetensi yang dipersyaratkan. Ketiga, Menguatkan kerjasama dalam bidang peningkatan kapasitas guru pemasaran online. Keempat, Melaksanakan hasil evaluasi dan tindak lanjut Penguatan Karakter Pelajar Pancasila di delapan SMK se-eks karesidenan Pekalongan. Hasil yang diperoleh adalah peningkatan skor post-test materi uji kompetensi digital marketing pada guru dan siswa. Luaran yang dihasilkan adalah tersedianya website mgmp pekalongan, media sosial instagram dan tiktok serta alur tujuan pembelajaran digital marketing dengan penguatan profil pelajar Pancasila. Rencana tindal lanjut adalah dengan mengembangkan pendekatan inovatif dalam pembelajaran digital marketing yang berorientasi pada siswa dalam penguatan karakter pelajar Pancasila.References
Andriani, R., & Sa’di, A. (2021). Pelatihan Strategi Digital Marketing Pada UKM Pukis Klaten. In M. Sulistiyono & R. S. Kharisma (Eds.), Prosiding Seminar Hasil Pengabdian Masyarakat (pp. 371–376). Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Amikom. https://ojs.amikom.ac.id/index.php/semhasabdimas/article/view/2744
Astuti, I. P. (2021). Pemanfaatan Digital Marketing dan Pencatatan Keuangan Digital pada Toko Kelontong di Masa Pandemi COVID-19. In M. Sulistiyono & R. S. Kharisma (Eds.), Prosiding Seminar Hasil Pengabdian Masyarakat (pp. 186–191). Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Amikom. https://ojs.amikom.ac.id/index.php/semhasabdimas/article/view/2713
Diartono, D. A., & Amin, F. (2017). Peningkatan Kompetensi Guru Pemasaran Online Kurikulum 2013 Bagi MGMP Pemasaran. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat (PENAMAS), 1(1), 13–26. https://www.unisbank.ac.id/ojs/index.php/penamas/article/view/4964
Hasan, I. (2022). Peningkatan Kapasitas Guru dalam Pembuatan Learning Management System (LMS) untuk Pembelajaran Daring Menggunakan Google Sites. Jurnal Pengabdian UntukMu NegeRI, 6(1), 103–109. https://doi.org/10.37859/jpumri.v6i1.3394
Indriyani, S., Hermawan, N. S. A., Riskawati, R., & Yuniarthe, Y. (2023). Penyuluhan Mengenai COVID-19 dan Penyuluhan Bidang Digital Marketing. ANDASIH Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 24–28. https://doi.org/10.57084/andasih.v4i1.1135
Irawati, D., Iqbal, A. M., Hasanah, A., & Arifin, B. S. (2022). Profil Pelajar Pancasila Sebagai Upaya Mewujudkan Karakter Bangsa. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 1224–1238. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3622
Puspitasari, E., Amin, F., Lisiantara, G. A., & Alfasadun. (2022). Alat Pemasaran Media Sosial Youtube bagi Komunitas Guru Tata Niaga Pelaku Bisnis Online. Jurnal Pengabdian Masyarakat Intimas (Jurnal INTIMAS): Inovasi Teknologi Informasi Dan Komputer Untuk Masyarakat, 2(2), 109–114. https://doi.org/10.35315/intimas.v2i2.9030
Rahmidani, R., Armiati, A., & Susanti, D. (2018). Pkm Meningkatkan Kemampuan Hard Skills Guru Pembelajar Jurusan Bisnis Daring Dan Pemasaran Melalui Pembuatan Web-Blog Sebagai Kompetensi Pemasaran Online, Smkn 1 Dan Smk Kosgoro 2 Kota Payakumbuh. Jurnal Pengabdian Masyarakat Universitas Merdeka Malang, 3(2), 50–56. https://doi.org/10.26905/abdimas.v3i2.2479
Satria, R., Adiprima, P., Wulan, K. S., & Harjatanaya, T. Y. (2022). Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. In Badan Standar, Kurikulum, Dan Asesmen Pendidikan.
Taufiq, M., Lubis, M., & Refiadi, G. (2023). Optimalisasi Bisnis Digital Dengan Pendampingan Sebagai Perencanaan Strategi Pemasaran UMKM Ranting Muhammadiyah Tasikmalaya. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(3), 1737–1744. https://doi.org/10.31949/jb.v4i3.5105
Utami, R. S., Tambunan, K., & Sari, I. P. (2022). Implementasi kelompok umkm e-commerce di kelurahan pagar Merbau II kecamatan Lubuk Pakam. Publikasi Kegiatan Pengabdian Masyarakat (PUNDIMASWID), 1(1), 21–31. https://doi.org/10.54593/pundimaswid.v1i1.92
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Elen Puspitasari, Fatkhul Amin, Alimuddin Rizal, Eddy Nurraharjo, Felix Andreas Sutanto
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
.