Pengembangan perangkat pembelajaran dengan pendekatan teaching at the right level (TaRL) bagi guru matematika SMK

Authors

  • Dini Kinati Fardah Universitas Negeri Surabaya
  • Abdul Haris Rosyidi Universitas Negeri Surabaya
  • Tatag Yuli Eko Siswono Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.33474/jipemas.v7i1.20975

Keywords:

pendekatan TaRL, guru SMK, perangkat ajar

Abstract

Pendekatan pembelajaran yang diusung dalam penerapan kurikulum baru (Kurikulum Merdeka) adalah Teaching at the Right Level (TaRL). Guru di Magetan, khususnya guru matematika tingkat SMK, belum memiliki seluruh informasi tentang bagaimana menerapkan kurikulum mandiri dan pendekatan TaRL di kelas. Maka tim PKM mengusulkan untuk melaksanakan kegiatan PKM dengan tema ini. Kegiatan ini menggunakan pendekatan Participatory Action Research (PAR) dan memiliki tujuan mengenalkan pada guru matematika SMK bagaimana mengembangkan perangkat dengan pendekatan TaRL yang diusung oleh Kurikulum Merdeka. Seluruh kegiatan yang telah direncanakan terlaksana dengan baik dan mendapat respon baik dari peserta. Dari angket respon yang diberikan diperoleh hasil dengan kategori baik dengan poin materi mudah diterima dan diterapkan serta durasi waktu pelatihan cukup, sedangkan hasil angket dengan kategori sangat baik diperoleh untuk poin-poin pernyataan mengenai kesesuaian materi dengan kebutuhan peserta, kejelasan dan konsistensi sistematis materi pelatihan, penguasaan materi dari narasumber dan kejelasan materi serta jawaban dari narasumber. Lebih dari 50% peserta terlibat dalam mengerjakan tugas dan mereka menyusun perangkat pembelajaran berdasarkan pendekatan TaRL.

References

Afandi, A., Laily, N., Wahyudi, N., Umam, M. H., Kambau, R. A., Rahman, S. A., & Sudirman, M. (2022). Metodologi Pengabdian Masyarakat (S. Suwendi, A. Basir, & W. Jarot, Eds.).

Apriyantini, N. P. D., & Sukendra, I. K. (2023). Penerapan Teaching at the Right Level (TaRL) Berbantuan E-LKPD untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika Siswa Kelas VIII.I SMP Negeri 1 Kuta Utara. Widyadari, 24(2). https://doi.org/10.59672/widyadari.v24i2.3186

Banerji, R., & Chavan, M. (2020). A twenty-year partnership of practice and research: The Nobel laureates and Pratham in India. World Development, 127, 104788. https:// doi.org/10.1016/j.worlddev.2019.104788

Cahyono, S. D. (2022). Melalui Model Teaching at Right Level ( TARL) Metode Pemberian Tugas untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 12407-12418. https://doi.org/10.31004/jptam.v6i2.4431

Jazuli, L. (2022). Teaching at the Right Level (TaRL) Through the All Smart Children Approach (SAC) Improves Student’s Literature Ability. Progres Pendidikan, 3(3), 156–165. https://doi.org/10.29303/prospek.v3i3.269

Lakhsman, S. (2019). Improving reading and arithmetic outcomes at scale: Teaching at the Right Level (TaRL), Pratham’s approach to teaching and learning. Revue Internationale d’éducation de Sèvres. https://doi.org/10.4000/ries.7470

Mubarokah, S. (2022). Tantangan Implementasi Pendekatan TaRL (Teaching at the Right Level) dalam Literasi Dasar yang Inklusif di Madrasah Ibtida’iyah Lombok Timur. BADA’A: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar 4(1). https://doi.org/10.37216/badaa.v4i1.582

Peto, J. (2022). Melalui Model Teaching At Right Level (TARL) Metode Pemberian Tugas untuk Meningkatkan Penguatan Karakter dan Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris KD. 3.4/4.4 Materi Narrative Text di Kelas X.IPK.3 MAN 2 Kota Payakumbuh Semester Genap Tahun Pelajaran 2021/2022. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 12419-12433. https://doi.org/10.31004/jptam.v6i2.4432

Suprayitno, M. A. (2022). Penerapan Kurikulum Prototipe Butuh Kesiapan Guru-Sarpas Sekolah, Nisa: Data PISA menunjukkan Kualitas Stagnan. Portalmagetan.Com.

Tim Admin. (2022, March 9). Sosialisasi Implementasi Kurikulum Merdeka. Dinas Pendidikan, Kepemudaan Dan Olahraga Kab. Magetan.

Wirjana, I. M. A. Y., & Sumandya, I. W. (2023). Penerapan Teaching at the Right Level (TaRL) untuk Meningkatkan Partisipasi Belajar Matematika Peserta Didik Kelas XI SMA. Widyadari, 24(2), 263–275. https://doi.org/10.59672/widyadari.v24i2.3190

Downloads

Published

2024-03-15

How to Cite

Fardah, D. K., Rosyidi, A. H., & Siswono, T. Y. E. (2024). Pengembangan perangkat pembelajaran dengan pendekatan teaching at the right level (TaRL) bagi guru matematika SMK. Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS), 7(1), 208–217. https://doi.org/10.33474/jipemas.v7i1.20975