Pemanfaatan literasi digital melalui pegelolaan website dan media sosial desa menuju desa go digital
DOI:
https://doi.org/10.33474/jipemas.v7i1.21030Keywords:
pendampingan, literasi digital, go digitalAbstract
Literasi digital telah menjadi kebutuhan penting dalam masyarakat modern yang semakin bergantung pada teknologi digital. Di tengah perubahan komunikasi dan aksesibilitas teknologi, Desa Pleret di Kecamatan Pohjentrek mengambil inisiatif untuk meningkatkan literasi digital masyarakat melalui pendampingan yang difokuskan pada pengelolaan website dan media sosial desa. Tujuan dari Pengabdian kepada Masyarakat ini adalah untuk mengidentifikasi dampak dari pendampingan literasi digital melalui pengelolaan website dan media sosial desa terhadap peningkatan pengetahuan dan keterampilan digital masyarakat. Metode Pengabdian kepada Masyarakat dengan metode PAR (Participatory Action Research). Hasil dari Pengabdian kepada Masyarakat ini menunjukkan bahwa pendampingan literasi digital di Desa Pleret memiliki potensi untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan pemberdayaan masyarakat dalam penggunaan teknologi digital. Ini dapat memfasilitasi komunikasi yang lebih baik, akses informasi yang lebih luas, dan partisipasi aktif dalam perkembangan digital. Namun, keberhasilan pendampingan ini memerlukan kerja sama yang erat antara pemerintah desa, lembaga pendidikan, dan komunitas lokal untuk menyediakan pelatihan dan dukungan yang diperlukan untuk mewujudkan Desa Digital. Untuk pengembangan selanjutnya yaitu Pengembangan dan integrasi Digitalisasi Desa dengan Digitalisasi BUMDES serta Pokdarwis di sektor Pariwisata.
References
Abdurrozzaq, I., Fajaryanto, A., & Setyawan, M. B. (2021). Pelatihan Dan Implementasi Sistem Informasi Website Desa Ilo-Ilo. COMMUNITY: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 44–51. http://journal.stiestekom.ac.id/index.php/Community/article/view/165
Adilla, N., Amalia Zuhri, R., & Elvina, S. (2023). Implementasi penggunaan media sosial instragram dalam perpustakaan perguruan tinggi. Sci-Tech Journal, 2(2), 217. https://doi.org/10.56709/stj.v2i2.82
Astuti, R. P. (2023). Efektivitas Konten Promosi Terhadap Kesadaran Merek di Akun Instagram @warunkwowkwb_png. Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
Choiruman, D., & Widaningsih, S. (2023). Pengaruh Brand Awareness dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Produk Indihome: Studi Kasus PT . Telekomunikasi Indonesia Tbk Graha Merah Putih Bandung Tahun 2022. E-Proceeding of Applied Science, 9(2), 608–613. https://openlibrarypublications.telkomuniversity.ac.id/index.php/appliedscience/article/view/20326
Hariono, T., Putra, C., & Chabibullah, M. W. (2020). Penerapan Website Opensid untuk Menginformasikan Profil dan Potensi Desa Banjarsari. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bidang Informatika, 1(1), 5–8. https://ejournal.unwaha.ac.id/index.php/abdimas_if/article/view/1045
Iannuzzi, I. (2019). Smart community: A new way of being together? In 1st (Ed.), Smart Society. Routledge.
Isoraite, M. (2020). Internet Website Analysis. International Journal of Trend in Scientific Research and Development, 5(1), 9–12. https://www.ijtsrd.com/management/marketing/35786/internet-website-analysis/margarita-išoraite
Jalma, H., Putera, R. E., & Kusdarini. (2019). E-Government dengan Pemanfaatan Web OpenSID dalam Pelayanan Publik di Nagari Tanjung Haro Sikabu-kabu Padang Panjang. Publik (Jurnal Ilmu Administrasi), 8(1), 24–37. https://doi.org/10.31314/pjia.8.1.24-37.2019
Pratama, A., Bachtiar, A., Tripuji, A., & Hidayat, D. N. (2023). Usability Testing Pada Website Kelurahan Mojoroto. Prosiding SEMNAS INOTEK (Seminar Nasional Inovasi Teknologi), 7, 409–416. https://doi.org/10.29407/inotek.v7i1.3451
Purnamawati, A., Winarto, M. N., & Mailasari, M. (2023). Analisis Sentimen Aplikasi TikTok menggunakan Metode BM25 dan Improved K-NN Fitur Chi-Square. Jurnal Komtika (Komputasi Dan Informatika), 7(1), 97–105. https://doi.org/10.31603/komtika.v7i1.8938
Puspawati, D. P. H., & Ristanto. (2018). Strategi Promosi Digital Untuk Pengembangan Pariwisata Kota Magelang. Jurnal Jendela Inovasi Daerah, 1(2), 1–20. https://doi.org/10.56354/jendelainovasi.v1i2.14
Sahputri, S., Pristika, F. J., Kasih, A. C., Irwan, M., & Nasution, P. (2023). Analisis Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Sarana Promosi Produk UMKM “ Halua ” di Desa Paya Rengas. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research Volume, 3(5), 5181–5191. https://doi.org/10.31004/innovative.v3i6.5964
Wahyudi, H. S., & Sukmasari, M. P. (2014). Teknologi dan Kehidupan Masyarakat. Jurnal Analisa Sosiologi, 3(1), 13–24. https://doi.org/10.20961/jas.v3i1.17444
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Miftahul Huda, Irfan Maulana, Maslikhatul Uriva C, Laela Hidayati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
.