Program inovasi produk dan penjualan e-commerce bagi pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) batik

Authors

  • Muazza Universitas Jambi
  • Revis Asra Universitas Jambi
  • Siti Syuhada Universitas Jambi
  • Mayasari Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.33474/jipemas.v7i1.21038

Keywords:

program, inovasi produk, e-commerce, UMKM batik

Abstract

Pengabdian yang dilakukan oleh dosen FKIP Universitas Jambi  bekerjasama dengan pengrajin batik UMKM “Batik Istiqomah” agar dapat membuat suatu inovasi produk batik yang berkualitas dengan memanfaatkan kain batik perca bisa juga ditambah varian motif batik serta desain menjadi produk home decore yang dapat menarik minat dari konsumen batik dan dapat memasarkanya secara e-commerce, sehingga dapat mewujudkan laju keberlangsungan UMKM batik Jambi dan lebih mengenalkan batik Jambi secara luas. Untuk memperoleh data yang diperlukan lebih akurat dalam memecahkan permsaalahan yang dihadapi mitra dan mencapai tujuan dari kegiatan PkM ini digunakan metode agar program pelatihan inovasi produk dan penjualan e-commerce dari produk batik yang dihasilkan mitra dapat berjalan sesuai dengan target pengabdian ini maka metode yang digunakan Participatory Action Research (PAR) dengan pendekatan pelatihan melalui pendekatan klasikal, individual dan kolaboratif dengan metode cerah informatif, demonstrasi dan praktik. Hasil dari pengabdian ini berupa 1) Pelatihan inovasi produk perca batik yang tidak terpakai menjadi produk home decore seperti bantal sofa dan taplak meja; 2) Pelatihan penjualan e-commerce dalam pengabdian ini adalah pelatihan cara bagaimana memasarkan produk batik hasil dari UMKM khususnya Batik Istiqomah melalui media elektronik seperti shoppe, Lazada, Instagram dan lainya; 3) hasil evaluasi dan monitoring diketahui bahwa adanya pelatihan tersebut dapat membatu para pengrajin dalam kegiatan memproduksi membuat inovasi produk dari batik maupun proes penjualanya secara e-commerce.

References

Afandi, A. (2020). Participatory Action Research (PAR) Metodologi Alternatif Riset Dan Pengabdian Kepada Masyarakat Transformatif. Workshop Pengabdian Berbasis Riset Di LP2M UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, Februari, 11.

Alwi, T., & Handayani, E. (2018). Keunggulan Bersaing Ukm Yang Dipengaruhi Oleh Orientasi Pasar Dan Inovasi Produk. Jurnal Pengembangan Wiraswasta, 20(3), 193. https://doi.org/10.33370/jpw.v20i3.256

Djodjobo, C. V., & Tawas, H. N. (2021). Pengaruh Orientasi Kewirausahaan, Inovasi Produk, Keunggulan Bersaing, Terhadap Kinerja Pemasaran Usaha Nasi Kuning di Kota Makassar. PARADOKS : Jurnal Ilmu Ekonomi, 4(1), 219–232. https://doi.org/10.33096/paradoks.v4i1.768

Erawati, T., & Pramelia, N. (2022). E-commerce, Inovasi, Pricing, dan Pendapatan UMKM di Masa Pandemi Covid-19. Reslaj : Religion Education Social Laa Roiba Journal, 4(5), 1449–1465. https://doi.org/10.47467/reslaj.v4i5.1046

Fuadi, D. S., Akhyadi, A. S., & Saripah, I. (2021). Systematic Review: Strategi Pemberdayaan Pelaku UMKM Menuju Ekonomi Digital Melalui Aksi Sosial. Diklus: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 5(1), 1–13. https://doi.org/10.21831/diklus.v5i1.37122

Gupta, A. (2014). E-Commerce : Role of E-Commerce in Today’s Business. International Journal of Computing and Corporate Research, 4(1), 1–23.

Helia, R., Farida, N., & Prabawani, B. (2015). Pengaruh Orientasi Pasar dan Orientasi Kewirausahaan Terhadap Keunggulan Bersaing Melalui Inovasi Produk sebagai Variabel Antara (Studi Kasus pada IKM Batik di Kampung Batik Laweyan, Solo). Journal Of Social And Political Of Science, 4(4), 1–10. https://doi.org/10.14710/jiab.2015.9360

Hinelo, R., & Tantawi, R. (2022). Creative Economy Development : Survey in Boalemo. International Journal of Innovative Science and Research Technology, 7(5), 485–493. https://doi.org/10.5281/zenodo.6609436

Muhtarom, A. (2018). Participation Action Research dalam Membangun Kesadaran Pendidikan Anak di Lingkungan Perkampungan Transisi Kota. Dimas, 18(2), 259–278. https://doi.org/10.21580/dms.2018.182.3261

Rachman, A. R., Beny, & Fernando, E. (2017). Perancangan E-Commerce Berbasis Website Pada Toko Dunia Palembang. Jurnal Ilmiah Processor, 12(2), 1102–1117. https://ejournal.unama.ac.id/index.php/processor/article/view/333

Rahayu, Y., & Aziz, I. A. (2022). Pelatihan Inovasi Produk Kingkong (Keripik Daun Singkong) Sebagai Potensi Usaha Kreatif Bagi Masyarakat Desa Padamulya Kecamatan Pasirkuda Kabupaten Cianjur Provinsi Jawa Barat. ALMUJTAMAE: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 1–7. https://doi.org/10.30997/almujtamae.v2i1.2939

Rahmat, A., & Mirnawati, M. (2020). Model Participation Action Research Dalam Pemberdayaan Masyarakat. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 6(1), 62–71. https://doi.org/10.37905/aksara.6.1.62-71.2020

Rasyid, H. Al, & Indah, A. T. (2015). Pengaruh Inovasi Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Yamaha di Kota Tangerang Selatan. Jurnal Khatulistiwa Informatika, 16(1), 39–49. https://doi.org/10.31294/jp.v16i1.3031

Setiawan, V., & Hidayat, R. (2015). Pengaruh Metode Pelatihan Terhadap Kompetensi Karyawan NDT (Non Destructive Test) pada PT XYZ. Akuntansi, Ekonomi Dan Manajemen, 3(2), 142–149. https://doi.org/10.30871/jaemb.v3i2.169

Simbala, E., Akib, F. H. Y., & Moonti, U. (2022). Kinerja Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM) Pada Masa Pandemi Covid-19 di Desa Popalo Kecamatan Anggrek Kabupaten Gorontalo Utara. JAMBURA: Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 5(2), 550–556. https://doi.org/10.37479/jimb.v5i2.16494

Wahyudi, A. I. (2022). Pengaruh Inovasi Produk dan E-Commerce terhadap Keunggulan Bersaing (Survei pada Konsumen Produk B.O.T Store Kota Tasikmalaya). ULIL ALBAB : Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(10), 3487–3490. https://journal-nusantara.com/index.php/JIM/article/view/859

Downloads

Published

2023-12-22

How to Cite

Muazza, Asra, R., Syuhada, S., & Mayasari. (2023). Program inovasi produk dan penjualan e-commerce bagi pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) batik. Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS), 7(1), 43–53. https://doi.org/10.33474/jipemas.v7i1.21038