Pemberdayaan sekolah wilayah tertinggal melalui pembelajaran berbasis teknologi informatika

Authors

  • Zulfikar Ali Buto Siregar Institut Agama Islam Negeri Lhokseumawe
  • Abdul Kadir Institut Agama Islam Negeri Lhokseumawe

DOI:

https://doi.org/10.33474/jipemas.v7i3.21086

Keywords:

pemberdayaan, sekolah tertinggal, teknologi informasi

Abstract

Pengabdian ini bertujuan Menumbuhkan semangat guru, siswa dan tenaga Kependidikan dalam proses belajar dan mengajar di sekolah-sekolah di Desa Alue Papuen Kecamatan Nisam Antara kabupaten Aceh Utara. Selain itu juga untuk Memberdayakan potensi sekolah melalui pembelajaran berbasis teknologi informasi. Pengabdian ini dilakukan di SD Negeri 8  dan SMP Negeri 3 Nisam Antara Kecamatan Nisam Antara Kabupaten Aceh Utara Metode pengabdian menggunakan model Participatory Action Research (PAR) dengan langkah yang gunakan To Know (mengetahui kondisi sekolah), to understand (memahami problem sekolah), to plan (merencanakan pemecahan masalah sekolah), to action (melakukan program) to reflection (penyadaran) dan Evaluation (evaluasi). Dari data pretest diperoleh bahwa pemahaman dan keterampilan guru dalam menggunakan aplikasi presentasi dan membuat video diperoleh persentase nilai 51,3%. Setelah dilakukan pengabdian dan analisis data posttest ditemukan bahwa ada peningkatan pemahaman dan keterampilan guru-guru dalam menggunakan aplikasi Microsoft power point, google slide untuk mermbuat bahan presentasi dan aplikasi perekam layar untuk membuat video pembelajaran diperoleh persentase skor 91,7%. Terdapat kenaikan sebesar 40,4% pemahaman dan keterampilan setelah mengikuti proses pengabdian.Selain itu juga ditemukan bahwa guru-guru sudah menggunakan Microsoft power point dan google slide untuk merancang presentasi pembelajaran dan video pembelajaran dengan mamanfaatkan aplikasi perekam layar.

References

Adawiyah, R., Isnaini, N. F., Hasanah, U., & Faridah, N. R. (2021). Kesiapan Pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka pada Era New Normal di MI At-Tanwir Bojonegoro. Jurnal Basicedu, 5(5), 3814–3821. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1435

Arkiang, F. (2021). Analisis Pembelajaran Daring Selama Pandemi COVID-19 di Daerah 3T (Nusa Tenggara Timur). Jurnal Pendidikan, 12(1), 57–64. https://doi.org/10.31258/jp.12.1.57-64

Denzin, N. K., & Lincoln, Y. S. (2009). Handbook of Qualitative Research. Pustaka Pelajar.

Falah, A. I., & Hadna, A. H. (2022). Problematika Pendidikan Masa Pandemi di Indonesia pada Daerah 3-T (Terluar, Tertinggal, dan Terdepan). Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 7(2), 164–185. https://doi.org/10.24832/jpnk.v7i2.2997

Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan T. (2021). Daftar wilayah dalam kategori wilayah 3T yang salah satunya adalah Aceh. https://kemendesa.go.id/berita/assets/images/gallery/einfo/sangat tertinggal

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan T. (2022). Data Sekolah Kabupaten Aceh Utara Kecamatan Nisam Antara. https://dapo.kemdikbud.go.id/sp/3/060330

Koesnandar, A. (2018). Pengembangan Inovasi Pembelajaran Berbasis Tik Pada Sekolah Di Daerah 3T Papua Dan Papua Barat Melalui Pendampingan Jarak Jauh. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 6(2), 177–198. https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v6n2.p177--198

Latang, L., Gaffar, F., Ilham, M., & Hadi, P. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Presentasi Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Siswa SDN Daya 1 Kecamatan Biringkanaya Kota Makassar. Jurnal Publikasi Pendidikan, 12(3), 243–249. https://doi.org/10.26858/publikan.v12i3.39173

Maulana, R. Y. (2022). Collabotive Digital Transformation Pemerintah Provinsi Jawa barat. Jurnal Noken: Imu-Ilmu Sosial, 7(2), 263–277. https://doi.org/10.33506/jn.v7i2.1784

Morales, M. P. E. (2016). Participatory action research (PAR) cum action research (AR) in teacher professional development: A literature review. International Journal of Research in Education and Science, 2(1), 156–165. https://doi.org/10.21890/ijres.01395

Mulyasa. (2009). Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Kemandirian Guru dan Kepala Sekolah (1st ed.). Bumi Aksara.

My, R., Sa, N., Mutia, Abdullah, A., & Hayaturrahmi. (2022). Pelatihan Kerajinan Tangan Sebagai Upaya Peningkatan Ekonomi Santri Melalui Sulam Kasab Payung Khas Aceh Di Dayah Putri Muslimat Samalanga. Khadem: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 313–326. https://doi.org/10.54621/jkdm.v1i2.499

Ramadan, F., Fajriah, N. N., Suhartini, & Setiawan, U. (2022). Penggunaan Media IT Dalam Pembelajaran. Jurnal Edukasi Nonformal, 3(2), 602–615. https://ummaspul.e-journal.id/JENFOL/article/view/5339

Soe’oed, R., Hanim, Z., Sanda, Y., & Yau, L. (2022). Pendampingan Peningkatan Mutu Pengajaran Guru untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan di Samarinda. Amalee: Indonesian Journal of Community Research and Engagement, 3(2), 355–367. https://doi.org/10.37680/amalee.v3i2.1998

Suciati, & Ariningsih. (2016). Pengembangan Model Pendidikan Menengah Sekolah Kebangsaan di Daerah Terpencil, Tertinggal, Terluar, dan Perbatasan Sebagai Implementasi Pembelajaran PKn. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 1(1), 76–86. https://doi.org/10.21067/jmk.v1i1.1188

Sumiyarno, S. (2007). Pembelajaran Orang Dewasa Berbasis Andragogi: Tinjauan Teori. Jurnal Ilmiah Visi (JIV), 2(1), 49–55. https://doi.org/10.21009/jiv.0201.7

Supandri, & Siahaan, S. (2020). Pemanfaatan Perangkat TIK Bantuan Uso untuk Pembelajaran di SMPN 2 Sakra, Kabupaten Lombok Timur. Jurnal Teknodik, 23(1), 15–28. https://doi.org/10.32550/teknodik.v0i0.505

Syahza, A., & Suarman. (2018). Model Pengembangan Daerah Tertinggal Dalam Upaya Percepatan Pembangunan Ekonomi Pedesaan. EKUITAS (Jurnal Ekonomi Dan Keuangan), 18(3), 365–386. https://doi.org/10.24034/j25485024.y2014.v18.i3.154

Syaifurahman, & Ujiati, T. (2013). Manajemen dalam pembelajaran (Burhanuddin (ed.); 1st ed.). Indeks.

Syarif, I., Elihami, & Buhari, G. (2021). Mengembangkan Rasa Percaya Diri Melalui Stategi Peer Tutoring di Sekolah Dasar. Journal of Education, Psichology and Counseling, 3(1), 1–9. https://ummaspul.e-journal.id/Edupsycouns/article/view/1262/503

Warsihna, J. (2013). Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) untuk Pendidikan di Daerah Terpencil, Tertinggal, dan Terdepan (3T). Jurnal Teknodik, 17(2), 238–245. https://doi.org/10.32550/teknodik.v0i0.82

Young, L. (2006). Participatory action research (PAR): a research strategy for nursing? West J Nurs Res, 28(5), 499–504. https://doi.org/10.1177/0193945906288597

Downloads

Published

2024-06-19

How to Cite

Siregar, Z. A. B., & Kadir, A. (2024). Pemberdayaan sekolah wilayah tertinggal melalui pembelajaran berbasis teknologi informatika. Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS), 7(3), 526–536. https://doi.org/10.33474/jipemas.v7i3.21086