Pembuatan media pembelajaran kreatif berbasis aplikasi canva pada Guru SD
DOI:
https://doi.org/10.33474/jipemas.v7i3.21146Keywords:
canva, guru, media pembelajaranAbstract
Pendidikan yang berkualitas merupakan kunci untuk menyiapkan sumber daya manusia yang unggul dan siap bersaing menghadapi perubahan zaman. Kualitas pendidikan dapat meningkat jika memiliki tenaga pendidik yang dapat memanfaatkan dan mengoperasikan teknologi informasi dengan baik. Salah satu sarana teknologi informasi yang dapat dimanfaatkan dalam membuat media pembelajaran yaitu aplikasi Canva. Tujuan dari kegiatan ini adalah memberikan pelatihan pembuatan media pembelajaran yang kreatif berbasis aplikasi Canva untuk mengatasi kesulitan yang dialami oleh guru Sekolah Dasar Negeri 4 Halong, Kota Ambon. Metode kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PKM) menggunakan metode Service Learning yang terdiri dari tiga tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Hasil kegiatan pelatihan menunjukkan para guru sangat antusias terhadap pelatihan Canva yang telah diberikan oleh tim PkM sehingga kegiatan ini dapat berjalan dengan baik dan menghasilkan hasil yang nyata dalam mendesain media pembelajaran. Berdasarkan hasil evaluasi kuesioner menunjukkan para guru sangat setuju kegiatan pelatihan Canva telah menambah pengetahuan terhadap aplikasi Canva, meningkatkan kreativitas pembuatan media pembelajaran, dan meningkatkan profesionalisme guru. Pada pelatihan ini perbandingan peningkatan pengetahuan awal tidak diukur sehingga disarankan untuk perlu dilakukan pemberian pretest sebagai acuan mengukur tingkat pengetahuan guru. Pelatihan ini diharapkan dapat membuat proses pembelajaran di kelas menjadi lebih menyenangkan dan interaktif.
References
Adam, H. K. D. (2019). Meningkatkan Kompetensi Guru Dalam Menyusun Administrasi Penilaian Melalui Penerapan Supervisi Akademik Di SD Negeri 01 Wanggarasi. Jurnal Ideas (Pendidikan, Sosial Dan Budaya, 5(2), 71–76. https://jurnal.ideaspublishing.co.id/index.php/ideas/article/view/202
Azis, A. A., Arifin, A. N., & Daud, F. (2021). Pemanfaatan Aplikasi Evaluasi Pembelajaran Digital ISpring bagi Guru Sekolah Menengah kabupaten Gowa. SMART: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 1. https://doi.org/10.35580/smart.v1i1.24431
Budhwar, K. (2017). The role of technology in education. International Journal of Engineering Applied Sciences and Technology, 2(8), 55–57. https://www.ijeast.com/papers/55-57,TESMA208,IJEAST.pdf
Djawad, Y., Suhaeb, S., & Jaya, H. (2018). Innovation In Learning Through Digital Literacy at Vocational School of Health. 201(Aptekindo), 239–245. https://doi.org/10.2991/aptekindo-18.2018.53
Fauhan, I. P. (2023). Utilization of the Canva application on the Belajar . Id site as a learning media at SMK Bina Nusa Mandiri Jakarta. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 10(4), 344–352. https://doi.org/10.21831/jitp.v10i4.63299
Ghavifekr, S., & Rosdy, W. A. W. (2015). Teaching and learning with technology: Effectiveness of ICT integration in schools. International Journal of Research in Education and Science, 1(2), 175–191. https://doi.org/10.21890/ijres.23596
Ghaznavi, M. R., Keikha, A., & Yaghoubi, N.-M. (2011). The Impact of Information and Communication Technology (ICT) on Educational Improvement. International Education Studies, 4(2). https://doi.org/10.5539/ies.v4n2p116
Haleem, A., Javaid, M., Qadri, M. A., & Suman, R. (2022). Understanding the role of digital technologies in education: A review. Sustainable Operations and Computers, 3(February), 275–285. https://doi.org/10.1016/j.susoc.2022.05.004
Ilham, S., Vázquez-cano, E., & Novita, L. (2022). Use of Canva Application as a Learning Media. Al-Hijr: Journal of Adulearn World, 1(1), 9–15. https://www.neliti.com/id/publications/409068/use-of-canva-application-as-a-learning-media
Kristin, F., & Setyawan, Y. (2021). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran dengan Memanfaatkan Bahan Bekas bagi Guru SD Negeri Mangunsari 06 Salatiga. Magistrorum et Scholarium: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(3), 361–368. https://doi.org/10.24246/jms.v1i32021p361-368
Maritsa, A., Salsabila, U. H., Wafiq, M., Rahma Anindya, P., & Azhar Ma’shum, M. (2021). Pengaruh Teknologi Dalam Dunia Pendidikan. Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian Dan Kajian Sosial Keagamaan, 18(2), 91–100. https://doi.org/10.46781/al-mutharahah.v18i2.303
Nurdiana, N., & Nita, S. (2023). The Influence of The Problem-Based Learning Model To Growing Learning Character In PKN Subjects. International Journal of Students Education, 1(3), 179–182. https://journal.berpusi.co.id/index.php/IJoSE/article/view/292
Pane, A., & Dasopang, M. D. (2017). Belajar dan Pembelajaran. FITRAH:Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2), 333. https://jurnal.uinsyahada.ac.id/index.php/F/article/view/945
Prasasty, A. T., Isroyati, & Nurhidayati, R. (2022). Pelatihan Pengembangan Media Pembelajaran 3D pada Guru kelas di SDN Pondok Terong. Rangkiang : Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 4(1), 32–37. https://ejournal.upgrisba.ac.id/index.php/rangkiang/article/view/5749
Ratnasari, D. (2019). Analysis of Utilization of Gadgets as Effective Learning Media in Innovation Education to improve Student Learning Achievement. 2019, 460–467. https://doi.org/10.18502/kss.v3i17.4671
Sahelatua, L. S., Vitoria, L., & Mislinawati. (2018). Kendala Guru Memanfaatkan Media IT dalam Pembelajaran di SDN 1 Pagar Air Aceh Besar. Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(2), 131–140. https://jim.usk.ac.id/pgsd/article/view/8579
Setyowati, E., & Permata, A. (2018). Service Learning: Mengintegrasikan Tujuan Akademik dan Pendidikan Karakter Peserta Didik melalui Pengabdian kepada Masyarakat. Bakti Budaya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 143–152. https://doi.org/10.22146/bb.41076
Singh, J., Shiekh, A. S., Kour, M., & Kumar, P. (2020). Student Learning and the Role of Information and Communication Technology (ICT) in 21st Century: A Review. International Journal on Integrated Education, 3(9), 181–185. https://doi.org/10.31149/ijie.v3i9.617
Syahroni, M., Dianastiti, F. E., & Firmadani, F. (2020). Pelatihan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi untuk Meningkatkan Keterampilan Guru dalam Pembelajaran Jarak Jauh. International Journal of Community Service Learning, 4(3), 170–178. https://doi.org/10.23887/ijcsl.v4i3.28847
Tanjung, R. E., & Faiza, D. (2019). Canva Sebagai Media Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Dasar Listrik Dan Elektronika. Voteteknika (Vocational Teknik Elektronika Dan Informatika), 7(2), 79. https://doi.org/10.24036/voteteknika.v7i2.104261
Winda, R., & Dafit, F. (2021). Analisis Kesulitan Guru dalam Penggunaan Media Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 4(2), 211. https://doi.org/10.23887/jp2.v4i2.38941
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Juen Carla Warella, Gede Wiratma Jaya
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
.