Gerakan aktivitas fisik bersama disabilitas sebagai bentuk implementasi bahwa semua manusia setara

Authors

  • Mika Vernicia Humairo Universitas Negeri Malang
  • Alifah Tesha Nur Sabrina Universitas Negeri Malang
  • Amanda Lintang Febriyanti Universitas Negeri Malang
  • Dian Amanda Universitas Negeri Malang
  • Elisa Lutfiyah Azizah Universitas Negeri Malang
  • Grevilla Deva Salsabela Russalam Universitas Negeri Malang
  • Jihan Pratika Nastiti Universitas Negeri Malang
  • Nalaina Izzaty Maulidia Universitas Negeri Malang
  • Nida'a Astie Nuraziizah Universitas Negeri Malang
  • Viona Riska Febiana Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.33474/jipemas.v7i3.21175

Keywords:

disabilitas, senam, setara

Abstract

Penyandang disabilitas sangat membutuhkan jiwa yang sehat, kesegaran jasmani dan rohani dengan melakukan olahraga walaupun memiliki keterbatasan pada dirinya. Penyandang disabilitas fisik, intelektual, mental, dan atau sensorik mempunyai hak untuk memperoleh pelayanan dalam kegiatan olahraga sesuai dengan kebutuhan, harkat, dan martabatnya sehingga dapat berkesempatan untuk memunculkan potensi dirinya. Program kesehatan dan olahraga ini berupa senam bersama disabilitas. Tujuan dari program adalah sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan kesehatan fisik pada disabilitas serta dapat memberi keuntungan psikologis yaitu mengurangi depresi dan meningkatkan rasa percaya diri pada disabilitas. Metode yang digunakan yaitu Asset Based Community Development (ABCD) dengan fokus untuk mengidentifikasi dan memaksimalkan aset dan sumber daya penyandang disabilitas. Hasil dari program ini adalah perubahan sikap para penyandang disabilitas yang semula takut dengan orang baru menjadi akrab, yang semula takut untuk bergerak jadi bisa leluasa menggerakan motoriknya, bahkan meminta senam untuk kedua kali, tersenyum dan bercanda dengan teman disabilitas lainnya, mampu menyelesaikan games bersama.

References

Ashadi, K., Wiriawan, O., Purnomo, M., Sifaq, A., Kurrotun, I., Roro, R., Setyowati, N., & Kartiko, D. C. (2023). Disabilitas Hambatan Visual Melalui Pelatihan Inclusive Physical Literacy (Incalcy). Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 29(3), 376–381. https://doi.org/10.24114/jpkm.v29i3

Bagas, M. C., Sholikhah, R. A., Faroha, S., & Rahmawati, V. (2023). Implementasi Asset Based Community Development Dalam Menumbuhkan Modal Sosial, Ekonomi dan Budaya Pada Masyarakat Pesisir Desa Branta. Community Development: Jurnal Pengembangan Masyarakat Islam, 7(2), 168. https://doi.org/10.21043/cdjpmi.v7i2.22509

Ekawati, F. F., Ismaryati, I., Rahayu, T. W., & Prasetyo, H. J. (2022). Peningkatan Pemahaman Tentang Aktivitas Fisik untuk Anak Cerebral Palsy pada Guru Kelas dan Orang Tua. Wikrama Parahita : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(1), 43–48. https://doi.org/10.30656/jpmwp.v6i1.3838

Kuryanto, M. S., Santoso, D. A., Fardani, M. A., Rondli, W. S., & Hariyadi, A. (2023). Pendampingan Senam Warga Panti Pelayanan Sosial Disabilitas Sensorik Netra (PPSDSN) Pendowo Kudus. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(4), 9526–9533. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i4.19849

Naufal, A. F., Setiawan, R., Prasetyani, M., Putri, J. I., Zahwany, A. P. A., Siddiq, M. N., & Pristianto, A. (2024). Modifikasi Senam Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) untuk Siswa/i Tunagrahita pada SLB C-YPSLB Surakarta. Journal of Approriate Technology for Community Services, 5(1), 9–15. https://doi.org/10.20885/jattec.vol5.iss1.art2

Ndaumanu, F. (2020). Hak Penyandang Disabilitas: Antara Tanggung Jawab dan Pelaksanaan oleh Pemerintah Daerah. Jurnal HAM, 11(1), 131. https://doi.org/10.30641/ham.2020.11.131-150

Ningsih, A. D. (2020). Penyandang Disabilitas, Antara Hak Dan Kewajiban. Jurnal Generasi Tarbiyah : Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 92–100. https://jurnal.insan.ac.id/?journal=jgt&page=article&op=view&path%5B%5D=101

Pane, B. S. (2015). Peranan Olahraga Dalam Meningkatkan Kesehatan. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 21(79), 1–4. https://doi.org/10.24114/jpkm.v21i79.4646

Purna, S. K., Kardiyanto, D. W., & Angga, P. D. (2020). Kerangka pembinaan olahraga disabilitas. Zifatama Jawara.

Rejeki, D. S. (2020). Pengembangan Kreatifitas dan Penciptaan Inovasi Serta Modifikasi Olahraga Adaptif untuk Anak Berkebutuhan Khusus. Jurnal ORTOPEDAGOGIA, 6(1), 31–34. https://doi.org/10.17977/um031v6i12020p31-34

Saputri, A. E., Raharjo, S. T., & Apsari, N. C. (2019). Dukungan Sosial Keluarga Bagi Orang Dengan Disabilitas Sensorik. Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(1), 62. https://doi.org/10.24198/jppm.v6i1.22783

Suharti, E. S. K. (2020). Pengaruh Latihan Senam Kesegaran Jasmani 2017 terhadap Peningkatan Keseimbangan dan Daya Tahan Kordiorespirasi. Majalah Ilmiah Olahraga (MAJORA), 26(1), 33–39. https://doi.org/10.21831/majora.v26i1.30954

Wijayanti, D. G. S., Soegiyanto, S., & Nasuka, N. (2016). Pembinaan Olahraga untuk Penyandang Disabilitas di NPC Salatiga. Journal of Physical Education and Sports, 5(1), 17–23. https://doi.org/10.15294/jpes.v5i1.13274

Zahra, A. F., Hartono, F. V., & Kholik, A. (2023). Model Physical Activity Berbasis Permainan pada Disabilitas Netra. Journal Olahraga ReKat (Rekreasi Masyarakat), 2(2), 35–43. https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jor/article/view/38791

Zahro, S., Risanti, A., Bakti, F. R. F. K., Safitri, I. R., & Ningtias, W. R. (2020). Inovasi Senam Ceria Khusus Untuk Tunagrahita Ringan di SLB Tamima Mumtaz. Jurnal KARINOV, 3(1), 27. https://doi.org/10.17977/um045v3i1p27-30

Downloads

Published

2024-08-15

How to Cite

Humairo, M. V., Sabrina, A. T. N., Febriyanti, A. L., Amanda, D., Azizah, E. L., Russalam, G. D. S., Nastiti, J. P., Maulidia, N. I., Nuraziizah, N. A., & Febiana, V. R. (2024). Gerakan aktivitas fisik bersama disabilitas sebagai bentuk implementasi bahwa semua manusia setara. Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS), 7(3), 693–702. https://doi.org/10.33474/jipemas.v7i3.21175