Menjelajah pemahaman Guru PAUD tentang implementasi kurikulum merdeka

Authors

  • Nita Priyanti Universitas Panca Sakti Bekasi
  • Chandra Apriansyah Universitas Panca Sakti Bekasi
  • Srie Harmiasih Universitas Panca Sakti Bekasi
  • Siti Nurhayati Universitas Panca Sakti Bekasi
  • Rice Anggrayni Universitas Panca Sakti Bekasi
  • Lelly Lenny Universitas Panca Sakti Bekasi
  • Rini Kumari Universitas Panca Sakti Bekasi
  • Vera Risman Universitas Panca Sakti Bekasi
  • Yayuk Winarsih Universitas Panca Sakti Bekasi

DOI:

https://doi.org/10.33474/jipemas.v7i1.21211

Keywords:

PAUD, IKM, KOSP

Abstract

Pada tahun 2020 Kemendikbudristek merilis sebuah kebijakan yaitu Kampus Merdeka Belajar sebagai pondasi untuk membantu mahasiswa menjadi lulusan yang berprestasi, relevan dengan perkembangan zaman, dan siap menjadi pemimpin yang berjiwa kebangsaan yang luhur.Tujuan dari kegiatan PKM ini adalah memberikan pemahaman tentang kurikulum merdeka, baik dalam hal penyusunan KOSP, pembelajaran intrakurikuler, maupun Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila terhadap guru-guru PAUD di Kota Bogor. Kegiatan PKM ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan Participatory Action Research (PAR). Hasil dari pre-test menunjukan rata-rata 50% pengetahuan guru-guru PAUD di Kota Bogor yang mengikuti pelatihan tentang Kurikulum merdeka, sedangkan hasil post-test menunjukkan peningkatan rata-rata 76% diperoleh peserta dengan bertambahnya pemahaman tentang kurikulum merdeka, baik dalam hal penyusunan KOSP, pembelajaran intrakurikuler, maupun Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, sebanyak 95% peserta mampu membuat dan menyusun Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan yang sesuai dengan karakteristik masing-masing Lembaga.

References

Afandi, A. (2020). Participatory Action Research (PAR) Metodologi Alternatif Riset Dan Pengabdian Kepada Masyarakat Transformatif. Workshop Pengabdian Berbasis Riset Di LP2M UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, Februari, 11.

Anwar, R. N. (2022). Communautaire: Journal of Community Service Pelatihan Implementasi Kurikulum Merdeka pada Guru di Lembaga Paud Se-Kecamatan Madiun. Communautaire: Journal of Community Service, 1(1), 21–29. https://doi.org/10.61987/communautaire.v1i1.7

Ashfarina, I. N., Soedjarwo, & Wijayati, D. T. W. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). EDUKASIA: Jurnal Pendidik an Dan Pembelajaran, 4(2), 1355–1364. https://jurnaledukasia.org/index.php/edukasia/article/view/442

Badan Standar Kurikulum dan Asesmen Pendidikan (BSKAP). (2022). Tahapan Implementasi Kurikulum Merdeka di Satuan Pendidikan. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. https://kurikulum.kemdikbud.go.id/wp-content/uploads/2022/07/Tahapan-Implementasi-Kurikulum-Merdeka.pdf

Dewi Kartika, Y., Made Arini, N., Bagus, I., & Wiguna, A. A. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Satuan Pendidikan Anak Usia Dini. Kumaracitta : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 27–37.

Husain, R., & Kaharu, A. (2021). Menghadapi Era Abad 21: Tantangan Guru Pendidikan Anak Usia Dini di Kabupaten Bone Bolango. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 85–92. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.527

Nugroho, B. (2023). Filosofi Pendidikan Ki Hadjar Dewantara Basis Dalam Merdeka Belajar Untuk Mencetak Manusia Indonesia Berkarakter. Psiko Edukasi, 21(1), 28–40. https://doi.org/10.25170/psikoedukasi.v21i1.4374

Priyanti, N., Harahap, E., Triastutik, M., Sitinjak, M., Miftahul Jannah, Kurniyanti, T. E., Damcha, T. D. A., Elminah, Sari, N., Aesti, S., & Narsih. (2022). Workshop Implementasi Kurikulum Merdeka pada Guru Guru Pendidikan Anak Usia Dini di Kecamatan Pondok Gede Kota Bekasi. Almufi Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat(AJPKM), 2(2), 74–80. https://almufi.com/index.php/AJPKM/article/view/190

Rizal, M., Najmuddin, N., Iqbal, M., Zahriyanti, Z., & Elfiadi, E. (2022). Kompetensi Guru PAUD dalam Mengimplementasikan Profil Pelajar Pancasila di Sekolah Penggerak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 6924–6939. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3415

Shalehah, N. A. (2023). Studi Literatur: Konsep Kurikulum Merdeka pada Satuan Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Cahaya Paud, 5(1), 70–81. https://doi.org/10.33387/cahayapd.v5i1.6043

Sriandila, R., Suryana, D., & Mahyuddin, N. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka di PAUD Nurul Ikhlas Kemantan Kebalai Kabupaten Kerinci. Journal on Education, 5(2), 1826–1840. https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.823

Downloads

Published

2024-01-19

How to Cite

Priyanti, N., Apriansyah, C., Harmiasih, S., Nurhayati, S., Anggrayni, R., Lenny, L., Kumari, R., Risman, V., & Winarsih, Y. (2024). Menjelajah pemahaman Guru PAUD tentang implementasi kurikulum merdeka. Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS), 7(1), 116–126. https://doi.org/10.33474/jipemas.v7i1.21211