Peran guru PAUD dalam mengimplementasikan kurikulum berbasis karakter
DOI:
https://doi.org/10.33474/jipemas.v7i1.21219Keywords:
pemberdayaan guru PAUD, kurikulum, karakterAbstract
Lembaga PAUD, bersama dengan keluarga dan lingkungan anak itu sendiri, memainkan peran yang sangat penting dalam pembentukan karakter anak usia dini. Guru di PAUD memiliki peran besar dalam meningkatkan pendidikan karakter anak. Guru harus memberikan contoh yang baik kepada anak agar anak dapat meniru apa yang dikatakan. Guru akan membantu anak menerapkan nilai-nilai karakter. Guru juga digugu dan ditiru oleh anak didiknya. Tujuan dari kegiatan PKM adalah untuk memberikan pemahaman kepada guru PAUD tentang implementasi kurikulum berbasis karakter pada anak usia dini sampai penilaian tentang implementasi kurikulum karakter yang sudah diterapkan oleh lembaga PAUD masing-masing. Lembaga mitra kegiatan PKM adalah ketua IGTKI Kecamatan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Peserta dalam kegiatan ini sebanyak 22 orang terdiri dari kepala sekolah dan guru PAUD. Metode yang digunakan dalam kegiatan PKM adalah seminar dan workshop. Pengumpulan data dengan memberikan instrumen berupa angket kepada guru dalam bentuk google form. Hasil dari kegiatan ini adalah guru-guru sangat antusias ketika narasumber menjelaskan materi, hal ini terlihat dari banyaknya pertanyaan dari guru. Selain itu, guru mendapatkan buku saku yang berisi contoh penerapan kurikulum karakter pada anak usia dini.
References
Alfiah, S. (2020). Konsep Pendidikan Islam Anak Usia Dini Perspektif Al-Ghazali dan Abdullah Nashih Ulwan (Studi Komparasi Pemikiran). WISDOM: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 50–63. https://doi.org/10.21154/wisdom.v1i1.2136
Ali, A., Abduloh, A. Y., Hasanah, A., & Arifin, B. S. (2021). Pendidikan Akhlak dan Karakter Sebagai Landasan Teori Pendidikan Karakter Bangsa Indonesia. Hawari: Jurnal Pendidikan Agama Dan Keagamaan Islam, 2(1), 38–47. https://doi.org/10.35706/hw.v2i1.5310
Alia, S., Resma, N., Nurali, R., Adi R., S., & Hamara, T. (2020). Budaya Lembaga Pendidikan sebagai Pilar Utama Melawan Degradasi Moral. Khazanah Pendidikan Islam, 2(2), 84–89. https://doi.org/10.15575/kp.v2i2.9283
Antari, L. P. S., & Liska, L. de. (2020). Implementas Nilai-Nilai Pancasila dalam Penguatan Karakter Bangsa. Jurnal Widyadari, 21(2), 676–687. https://doi.org/10.5281/zenodo.4049444
Arliman, L., Arif, E., & Sarmiati, S. (2022). Pendidikan Karakter Untuk Mengatasi Degradasi Moral Komunikasi Keluarga. Ensiklopedia of Journal, 4(2), 143–149. https://jurnal.ensiklopediaku.org/ojs-2.4.8-3/index.php/ensiklopedia/article/view/1056
DS, Y. N. (2021). Evaluasi Program Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar Islam Terpadu. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 6(2), 161–174. https://doi.org/10.23969/jp.v6i2.4729
Hidaya, N., & Aisna, Y. (2020). Pendidikan Karakter Anak Usia Dini sebagai Upaya Peningkatan Karakter Bangsa : Literature Review. Jurnal Hawa : Studi Pengarus Utamaan Gender Dan Anak, 2(1), 11–22. https://doi.org/10.29300/hawapsga.v2i1.2793
Hisyam, C. J. (2018). Perilaku Menyimpang: Tinjauan Sosiologis (R. N. Badria & Supriyanto (eds.); 1st ed.). Bumi Aksara.
Irawati, D., Iqbal, A. M., Hasanah, A., & Arifin, B. S. (2022). Profil Pelajar Pancasila Sebagai Upaya Mewujudkan Karakter Bangsa. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 1224–1238. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3622
Mulyasa, H. E. (2022). Manajemen Pendidikan Karakter (D. Ispurwati (ed.)). Bumi Aksara.
Novitasari, Y., & Fauziddin, M. (2022). Analisis Literasi Digital Tenaga Pendidik pada Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3570–3577. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2333
Pujianti, Y., Nadar, W., & Wijaya, P. K. (2023). Melestarikan Permainan Tradisional sebagai Kearifan Lokal dalam Menstimulasi Perkembangan Anak Usia Dini di SPS Tunas Mulia Bantar Gebang. Jurnal Abdimas Prakasa Dakara, 3(2), 134–142. https://doi.org/10.37640/japd.v3i2.1850
Purnama, E., & Dwikurnaningsih, Y. (2021). Evaluasi Program Pendidikan Karakter di Toddler-KB-TK Kristen 03 Eben Haezer Salatiga. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 8(2), 225–238. https://ejournal.uksw.edu/kelola/article/view/5302
Purwanto, A., & Maimunah, R. (2022). Evaluasi Implementasi Pendidikan Karakter pada Anak Usia Dini di Masa Pandemi Covid-19. AWLADY : Jurnal Pendidikan Anak, 8(2), 1–16. https://doi.org/10.24235/awlady.v8i2.10206
Rahmah, H. D., Ummah, L., Siti Aulia Fauzia, Rahmadani, S., & Hasanah, L. (2022). Studi Literatur Perbandingan Pembelajaran Pancasila dalam Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka di PAUD. Jurnal Pelita PAUD, 7(1), 179–189. https://doi.org/10.33222/pelitapaud.v7i1.2516
Sari, E. D. K., Zamakhsari, A., Pujianti, Y., Nabil, Mursidi, W., & Nadar, W. (2021). Pendampingan Pembelajaran bagi Guru PAUDQU dan Guru TPQ Al-Ikhlas: Bermain dan Belajar yang Menyenangkan Parenting untuk Orang Tua Urban. Almufi Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (AJPKM), 1(1), 1–7.
Uno, H. B. (2023). Perencanaan Pembelajaran. Bumi Aksara.
Yatim, S. S. M., & Sa’ari, C. Z. (2020). Kaedah Penyelesaian Masalah Kerohanian dalam Pendidikan Anak Menurut Abdullah Nasih Ulwan [Solution Methods Spiritual Problems in Children’s Education According To Abdullah Nasih Ulwan]. BITARA International Journal of Civilizational Studies and Human Sciences, 3(1), 130–145. https://bitarajournal.com/index.php/bitarajournal/article/view/102
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Yuli Pujianti, Entin Nuryati, Siti Aminah, Endang Komara, Agus Mulyanto
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
.