Pembuatan media papan ultrasi (ular tangga numerasi) bagi guru untuk meningkatkan kemampuan numerasi siswa
DOI:
https://doi.org/10.33474/jipemas.v7i2.21575Keywords:
sosialisasi, media papan ultrasi, kemampuan numerasiAbstract
Tujuan kegiatan PkM adalah meningkatkan keterampilan guru dalam mengajar materi numerasi dengan menggunakan media yang menarik, seperti Papan Ultrasi. Dengan demikian, diharapkan pembelajaran menjadi lebih menarik dan siswa lebih aktif serta termotivasi dalam belajar numerasi. Metode yang diterapkan dalam kegiatan pengabdian masyarakat mengikuti pendekatan pelatihan yang terstruktur. Secara keseluruhan, hasil pelaksanaan kegiatan pengabdian masyarakat menunjukkan pencapaian yang positif. Guru-guru telah menunjukkan kemampuan mandiri dalam mempersiapkan materi dan instruksi untuk pembuatan media, meskipun masih ada beberapa kesalahan yang terjadi. Mereka juga menunjukkan inovasi dan kreativitas dalam pembuatan media tersebut, serta telah mulai menerapkannya dalam proses pembelajaran. Dampaknya terlihat dari peningkatan tingkat antusiasme dan motivasi peserta didik dalam mengikuti pembelajaran numerasi di kelas, serta kemampuan siswa untuk terus belajar dan meningkatkan kemampuan mereka melalui keterlibatan aktif dalam proses pembelajaran. Penggunaan media papan ular tangga numerasi (Ultrasi) juga membantu siswa memahami konsep dan pengetahuan dengan lebih baik. Secara keseluruhan, para guru menunjukkan antusiasme yang tinggi dalam mengikuti kegiatan pelatihan, dan mereka termotivasi untuk menerapkan keterampilan baru dalam pengajaran mereka. Diharapkan bahwa hal ini akan membantu dalam mengembangkan pengetahuan dan keterampilan siswa secara efektif.
References
Abdullah, R. (2016). Pembelajaran Dalam Perspektif Kreativitas Guru Dalam Pemanfaatan Media Pembelajaran. Lantanida Journal, 4(1), 35–49. https://doi.org/10.22373/lj.v4i1.1866
Anwar, F., Pajarianto, H., Herlina, E., Raharjo, T. D., Fajriyah, L., Astuti, I. A. D., Hardiansyah, A., & Susen, K. A. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran “Telaah Perspektif pada Era Society 5.0” (R. M. Alti & V. Rizki (eds.)). Tohar Media.
Aprinawati, I. (2017). Penggunaan Media Gambar Seri Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 12–18. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i1.33
Arsyad, A. (2015). Media pembelajaran (A. Rahman (ed.); Revisi). Raja Grafindo Persada.
Berk, L. E. (2010). Development Through the Lifespan. Allyn & Bacon.
Djamarah, S. B., & Zain, A. (2010). Strategi belajar mengajar (Revisi). Rineka Cipta.
Fanny, A. M. (2018). Paradigma Kreativitas Pembuatan Multimedia Pembelajaran IPS di SD. Buana Pendidikan: Jurnal Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 13(23), 1–9. https://doi.org/10.36456/bp.vol13.no23.a1582
Kosim, A., Nurwidhia, R., Saputra, A. A. F., Anwari, C., Aini, F., Fitriana, R., & Ad-Afah, D. A. (2024). Media Pembelajaran Sebagai Alat Bantu Dalam Keberhasilan Proses Belajar Mengajar. Indonesia Bergerak : Jurnal Hasil Kegiatan Pengabdian Masyarakat, 2(1), 48–54. https://doi.org/10.61132/inber.v2i1.130
Noviyanti, L., Santoso, K., & Habibah, N. A. (2013). Keefektifan Penggunaan Kartu Bergambar Berbentuk Pop Up Card pada Pembelajaran Siswa SMP. Lembaran Ilmu Kependidikan, 42(2), 76–83. https://doi.org/10.15294/lik.v42i2.2916
Nugrahani, R. (2007). Media Pembelajaran Berbasis Visual Berbentuk Permainan Ular Tangga untuk Meningkatkan Kualitas Belajar Mengajar di Sekolah Dasar. Lembaran Ilmu Kependidikan, 36(1). https://doi.org/10.15294/lik.v36i1.524
Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Misykat, 3(1), 171–187. https://doi.org/10.33511/misykat.v3n1.171
Sadiman, A. S., Harjito, Haryono, A., & Rahardjo. (2018). Media pendidikan : pengertian, pengembangan, dan pemanfaatannya. Rajagrafindo Persada.
Slavin, R. E., Samosir, M., & Sarwiji, B. (2019). Psikologi pendidikan : teori dan praktik (10th ed.). Indeks.
Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103–114. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113
Wati, A. (2021). Pengembangan Media Permainan Ular Tangga untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar , 2(1), 68–73. https://doi.org/10.33487/mgr.v2i1.1728
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Irene Hendrika Ramopoly, Charlie Baka, Hasni
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
.