Memanfaatkan potensi tiktok: Panduan komprehensif untuk membuat dan mengelola iklan produk gaya hidup di era digital

Authors

  • Antonius Felix Universitas Bunda Mulia
  • Agung Stefanus Kembau Universitas Bunda Mulia
  • Julius Sutrisno Universitas Bunda Mulia
  • Devi Yurisca Universitas Bunda Mulia
  • Claresta Antonia Universitas Bunda Mulia

DOI:

https://doi.org/10.33474/jipemas.v7i2.21696

Keywords:

tiktok, iklan, tren, strategi pemasaran, periklanan digital

Abstract

Proyek pengabdian masyarakat ini, merupakan kerjasama antara Prodi Bisnis Digital dan Naughty Indonesia, bertujuan menjelajahi potensi TikTok sebagai platform periklanan, khususnya untuk produk gaya hidup, sambil memberikan panduan komprehensif terkait membuat dan mengelola iklan di era digital. Perubahan perilaku konsumen digital mengubah cara mereka berinteraksi dengan merek dan produk, menekankan pentingnya strategi pemasaran digital yang efektif. Melalui pendekatan partisipatif, berbagai pemangku kepentingan di Naughty Indonesia dilibatkan. Studi kasus iklan sukses di TikTok dianalisis untuk memberikan wawasan tentang optimasi kinerja periklanan. Selain itu, memfasilitasi pengalaman belajar praktis, memberdayakan karyawan dengan keterampilan yang diperlukan untuk menjalankan kampanye iklan TikTok yang efektif. Pendekatan penelitian kualitatif memungkinkan pemahaman mendalam tentang potensi periklanan TikTok dan dampaknya terhadap strategi pemasaran digital Naughty Indonesia. Sesi pelatihan terstruktur membantu peserta memperoleh wawasan dan belajar strategi merancang kampanye iklan yang sukses di TikTok. Evaluasi menunjukkan umpan balik positif mengenai sifat edukatif, objektif, akuntabel, dan transparan dari program pelatihan. Proyek ini berhasil mengatasi tantangan pemasaran digital Naughty Indonesia, memperkuat posisinya dalam lanskap periklanan digital yang terus berubah. Fokus pada inovasi, kreativitas, dan adaptasi terhadap tren teknologi dan sosial mempersiapkan Naughty Indonesia untuk memperluas jangkauan pemasaran dan meningkatkan keterlibatan audiens di era digital yang berkembang.

References

Arrofi, A., & Hasfi, N. (2019). Memahami Pengalaman Komunikasi Orang Tua – Anak Ketika Menyaksikan Tayangan Anak-Anak di Media Sosial Tik Tok. Interaksi Online, 7(3), 203–208. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/interaksi-online/article/view/24143

Bulele, Y. N. (2020). ). Analisis Fenomena Sosial Media Dan Kaum Milenial: Studi Kasus Tiktok. Conference on Business, Social Sciences and Innovation Technology, 1(1), 565–572. https://journal.uib.ac.id/index.php/cbssit/article/view/1463

Damayanti, T., & Gemiharto, I. (2019). Kajian Dampak Negatif Aplikasi Berbagi Video bagi Anak-Anak di Bawah Umur di Indonesia. Jurnal Communication, 10(1), 1–15. http://dx.doi.org/10.36080/comm.v10i1.809

Dewanti, G. K., & Solihin, K. A. (2021). Pemanfaatan Instagram Business Sebagai Startegi Promosi Produk Pada Ahass Zamrud Motor. Jurnal PKM: Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1). https://doi.org/10.30998/jurnalpkm.v4i1.5890

Dwiyanti, S. A. I., & Fitri, A. I. (2021). Efektivitas Media Tiktok dan Influencer Mendongkrak Penjualan Lippie Serum Raecca Dipandemi Covid19. Jurnal Ekonomi dan Bisnis (EK dan BI), 4(1), 345–353. https://doi.org/10.37600/ekbi.v4i1.210

Felix, A., Briyanti, D. O., Young, F. M., Livaro, I., & Wijaya, W. (2023). Strategi Identitas Digital: Analisis Personal Branding Di Platform Tiktok. Jurnal Digital Media & Relationship, 5(2), 92–100. https://doi.org/10.51977/jdigital.v5i2.1405

Felix, A., & Rembulan, G. D. (2023a). Analysis of Key Factors for Improved Customer Experience, Engagement, and Loyalty in the E-Commerce Industry in Indonesia. Aptisi Transactions on Technopreneurship (ATT), 5(2sp), 196–208. https://doi.org/10.34306/att.v5i2sp.350

Felix, A., & Rembulan, G. D. (2023b). Digital Transformation and The Customer Experience: Enhancing Engagement and Loyalty. ENTREPRENEUR Jurnal Bisnis Manajemen Dan Kewirausahaan, 4(3). http://ejournal.unma.ac.id/index.php/entrepreneur

Nofela, N. P., & Saputri, M. E. (2022). The Effect of Social Media Marketing and Influencer Endorser on Purchase Intention. Almana : Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 6(2), 258–264. https://doi.org/10.36555/almana.v6i2.1801

Praditasetyo, D., & Saputri, M. E. (2021). ). Pengaruh Social Media Marketing Melalui Aplikasi Tiktok Terhadap Keputusan Pembelian Online Pada Shopee Indonesia. EProceedings of Management, 8(5), 6507–6515. https://openlibrarypublications.telkomuniversity.ac.id/index.php/management/article/view/16517

Rasyid, M. H. (2020). Pembelajaran Puisi Secara Daring Dengan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi (Tik Tok) Kelas X Sma Negeri 3 Pati. Seminar Nasional Pascasarjana 2020, 3(1). https://proceeding.unnes.ac.id/index.php/snpasca/article/view/584

Solikah, M., & Kusumaningtyas, D. (2022). Tik Tok Shop : Quality System And Marketing Mix On Consumer Satisfaction Of Online Shopping. Proceeding 2nd International Conference on Business & Social Sciences (ICOBUSS) STIESIA, 877–887. https://ojsicobuss.stiesia.ac.id/index.php/icobuss1st/article/view/255

We Are Social. (2021). Hootsuite (We Are Social): Indonesian Digital Report 2021. https://andi.link/hootsuite-we-are-social-indonesian-digital-report2021/

Downloads

Published

2024-05-31

How to Cite

Felix, A., Kembau, A. S., Sutrisno, J., Yurisca, D., & Antonia, C. (2024). Memanfaatkan potensi tiktok: Panduan komprehensif untuk membuat dan mengelola iklan produk gaya hidup di era digital. Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS), 7(2), 479–491. https://doi.org/10.33474/jipemas.v7i2.21696