Memanfaatkan potensi tiktok: Panduan komprehensif untuk membuat dan mengelola iklan produk gaya hidup di era digital
DOI:
https://doi.org/10.33474/jipemas.v7i2.21696Keywords:
tiktok, iklan, tren, strategi pemasaran, periklanan digitalAbstract
Proyek pengabdian masyarakat ini, merupakan kerjasama antara Prodi Bisnis Digital dan Naughty Indonesia, bertujuan menjelajahi potensi TikTok sebagai platform periklanan, khususnya untuk produk gaya hidup, sambil memberikan panduan komprehensif terkait membuat dan mengelola iklan di era digital. Perubahan perilaku konsumen digital mengubah cara mereka berinteraksi dengan merek dan produk, menekankan pentingnya strategi pemasaran digital yang efektif. Melalui pendekatan partisipatif, berbagai pemangku kepentingan di Naughty Indonesia dilibatkan. Studi kasus iklan sukses di TikTok dianalisis untuk memberikan wawasan tentang optimasi kinerja periklanan. Selain itu, memfasilitasi pengalaman belajar praktis, memberdayakan karyawan dengan keterampilan yang diperlukan untuk menjalankan kampanye iklan TikTok yang efektif. Pendekatan penelitian kualitatif memungkinkan pemahaman mendalam tentang potensi periklanan TikTok dan dampaknya terhadap strategi pemasaran digital Naughty Indonesia. Sesi pelatihan terstruktur membantu peserta memperoleh wawasan dan belajar strategi merancang kampanye iklan yang sukses di TikTok. Evaluasi menunjukkan umpan balik positif mengenai sifat edukatif, objektif, akuntabel, dan transparan dari program pelatihan. Proyek ini berhasil mengatasi tantangan pemasaran digital Naughty Indonesia, memperkuat posisinya dalam lanskap periklanan digital yang terus berubah. Fokus pada inovasi, kreativitas, dan adaptasi terhadap tren teknologi dan sosial mempersiapkan Naughty Indonesia untuk memperluas jangkauan pemasaran dan meningkatkan keterlibatan audiens di era digital yang berkembang.
References
Arrofi, A., & Hasfi, N. (2019). Memahami Pengalaman Komunikasi Orang Tua – Anak Ketika Menyaksikan Tayangan Anak-Anak di Media Sosial Tik Tok. Interaksi Online, 7(3), 203–208. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/interaksi-online/article/view/24143
Bulele, Y. N. (2020). ). Analisis Fenomena Sosial Media Dan Kaum Milenial: Studi Kasus Tiktok. Conference on Business, Social Sciences and Innovation Technology, 1(1), 565–572. https://journal.uib.ac.id/index.php/cbssit/article/view/1463
Damayanti, T., & Gemiharto, I. (2019). Kajian Dampak Negatif Aplikasi Berbagi Video bagi Anak-Anak di Bawah Umur di Indonesia. Jurnal Communication, 10(1), 1–15. http://dx.doi.org/10.36080/comm.v10i1.809
Dewanti, G. K., & Solihin, K. A. (2021). Pemanfaatan Instagram Business Sebagai Startegi Promosi Produk Pada Ahass Zamrud Motor. Jurnal PKM: Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1). https://doi.org/10.30998/jurnalpkm.v4i1.5890
Dwiyanti, S. A. I., & Fitri, A. I. (2021). Efektivitas Media Tiktok dan Influencer Mendongkrak Penjualan Lippie Serum Raecca Dipandemi Covid19. Jurnal Ekonomi dan Bisnis (EK dan BI), 4(1), 345–353. https://doi.org/10.37600/ekbi.v4i1.210
Felix, A., Briyanti, D. O., Young, F. M., Livaro, I., & Wijaya, W. (2023). Strategi Identitas Digital: Analisis Personal Branding Di Platform Tiktok. Jurnal Digital Media & Relationship, 5(2), 92–100. https://doi.org/10.51977/jdigital.v5i2.1405
Felix, A., & Rembulan, G. D. (2023a). Analysis of Key Factors for Improved Customer Experience, Engagement, and Loyalty in the E-Commerce Industry in Indonesia. Aptisi Transactions on Technopreneurship (ATT), 5(2sp), 196–208. https://doi.org/10.34306/att.v5i2sp.350
Felix, A., & Rembulan, G. D. (2023b). Digital Transformation and The Customer Experience: Enhancing Engagement and Loyalty. ENTREPRENEUR Jurnal Bisnis Manajemen Dan Kewirausahaan, 4(3). http://ejournal.unma.ac.id/index.php/entrepreneur
Nofela, N. P., & Saputri, M. E. (2022). The Effect of Social Media Marketing and Influencer Endorser on Purchase Intention. Almana : Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 6(2), 258–264. https://doi.org/10.36555/almana.v6i2.1801
Praditasetyo, D., & Saputri, M. E. (2021). ). Pengaruh Social Media Marketing Melalui Aplikasi Tiktok Terhadap Keputusan Pembelian Online Pada Shopee Indonesia. EProceedings of Management, 8(5), 6507–6515. https://openlibrarypublications.telkomuniversity.ac.id/index.php/management/article/view/16517
Rasyid, M. H. (2020). Pembelajaran Puisi Secara Daring Dengan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi (Tik Tok) Kelas X Sma Negeri 3 Pati. Seminar Nasional Pascasarjana 2020, 3(1). https://proceeding.unnes.ac.id/index.php/snpasca/article/view/584
Solikah, M., & Kusumaningtyas, D. (2022). Tik Tok Shop : Quality System And Marketing Mix On Consumer Satisfaction Of Online Shopping. Proceeding 2nd International Conference on Business & Social Sciences (ICOBUSS) STIESIA, 877–887. https://ojsicobuss.stiesia.ac.id/index.php/icobuss1st/article/view/255
We Are Social. (2021). Hootsuite (We Are Social): Indonesian Digital Report 2021. https://andi.link/hootsuite-we-are-social-indonesian-digital-report2021/
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Antonius Felix, Agung Stefanus Kembau, Julius Sutrisno, Devi Yurisca, Claresta Antonia
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
.