Mitigasi bencana banjir pada anak usia dini

Authors

  • Wiratri Anindhita Universitas Negeri Jakarta
  • Eliana Sari Universitas Negeri Jakarta
  • Dwi Linda Kusuma Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.33474/jipemas.v7i2.21759

Keywords:

mitigasi bencana, anak usia dini, sungai ciliwung

Abstract

Permasalahan banjir tidak hanya sebatas mengupayakan upaya agar sungai tidak meluap saja, akan tetapi langkah-langkah melakukan evaluasi menjadi hal penting yang harus dilakukan oleh masyarakat disaat bencana banjir datang. Pengkomunikasian pentingnya tanggap bencana banjir harus selalu digaungkan tidak hanya kepada masyarakat dari kalangan orang tua, dewasa, remaja tetapi juga anak usia dini. Solusi permasalahan tersebut dapat dilakukan dengan kegiatan pengabdian kepada masyarakat melalui mitigasi bencana banjir pada anak usia dini. Metode pengabdian ini dilakukan dengan Asset Based Community Development (ABCD). Kegiatan ini bekerjasama dengan komunitas Masyarakat Peduli Ciliwung dan Lingkungan Hidup (Mat Peci). Peserta kegiatan pengabdian ini adalah 20 anak usia dini dengan rentang usia 5 sampai 7 tahun. Mitigasi bencana banjir ini dilakukan melalui workshop dan praktik simulasi banjir. Hasil kegiatan ini menunjukkan bahwa 84.9 persen aspek pembicara dinyatakan baik sekali. Selain itu 92.7 persen substansi pelatihan yang dilakukan dinilai baik sekali. Sedangkan 80.3 persen aspek layanan kegiatan ini dinilai baik. Aspek sarana dan prasarana dari kegiatan mitigasi bencana banjir juga baik dengan presentase 79.2 persen. Kegiatan pengabdian ini diharapkan dapat membantu meminimalisir jumlah korban jiwa anak-anak ketika terjadi bencana banjir dan dapat dilanjutkan di berbagai wilayah yang rentan dengan bencana alam seperti longsor dan gempa bumi.

References

Azad, M. A. K., Haque, C. E., & Choudhury, M. U. I. (2022). Social learning-based disaster resilience: collective action in flash flood-prone Sunamganj communities in Bangladesh. Environmental Hazards, 21(4), 309–333. https://doi.org/10.1080/17477891.2021.1976096

Cahyo, F. D., Ihsan, F., Roulita, R., Wijayanti, N., & Mirwanti, R. (2023). Kesiapsiagaan Bencana Gempa Bumi Dalam Keperawatan: Tinjauan Penelitian. JPP (Jurnal Kesehatan Poltekkes Palembang), 18(1), 87–94. https://doi.org/10.36086/jpp.v18i1.1525

Dewi, M. P., Adhe, K. R., Maulidiyah, E. C., & Simatupang, N. D. (2023). Pengembangan Media Pop Up Book Mitigasi Bencana Banjir Terhadap Kemampuan Berfikir Logis Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Inovasi Ilmu Pendidikan, 1(2), 121–144. https://doi.org/10.55606/lencana.v1i2.1462

Djoharam, V., Widiatmaka, W., Marimin, M., Panuju, D. R., & Tarigan, S. D. (2022). Model Pengelolaan Banjir: Systematic Review dan Arahan untuk Masa Depan. Jurnal Ilmu Lingkungan, 20(3), 524–545. https://doi.org/10.14710/jil.20.3.524-545

Dyregrov, A., Yule, W., & Olff, M. (2018). Children and natural disasters. European Journal of Psychotraumatology, 9. https://doi.org/10.1080/20008198.2018.1500823

Efastri, S. M., Erianti, R. W., & Hudha, A. M. (2023). Persepsi Guru Terhadap Mitigasi Bencana Banjir Bagi Anak Usia Dini di TK Pembina Kampar. Jurnal Pelita PAUD, 7(2), 440–444. https://doi.org/10.33222/pelitapaud.v7i2.3089

Efastri, S. M., & Wahyuni, S. (2023). Mitigasi Bencana Hidrologi Banjir Untuk Anak Usia Dini di TK Negeri Pembina Kampar. Dinamisia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(6), 1597–1601. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v7i6.16917

Eldi. (2020). Analisis Penyebab Banjir di DKI Jakarta. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(6), 1057–1064. https://doi.org/10.47492/jip.v1i6.203

Faiza, I. M., Gunawan, G., & Andriani, W. (2022). Tinjauan Pustaka Sistematis: Penerapan Metode Machine Learning untuk Deteksi Bencana Banjir. Jurnal Minfo Polgan, 11(2), 59–63. https://doi.org/10.33395/jmp.v11i2.11657

Fikriyah, A. T., & Syafi’i, I. (2021). Peran Bimbingan Konseling Dalam Mengatasi Anak Temper Tantrum. WISDOM: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 127–140. https://doi.org/10.21154/wisdom.v2i2.3077

Harsoyo, B. (2013). Mengulas Penyebab Banjir Di Wilayah Dki Jakarta Dari Sudut Pandang Geologi, Geomorfologi Dan Morfometri Sungai. Jurnal Sains & Teknologi Modifikasi Cuaca, 14(1), 37. https://doi.org/10.29122/jstmc.v14i1.2680

Jalaludin, S. (2021). Pencegahan Mitigasi Bencana (Teori dan Praktik). Yayasan Pendidikan Cendekia Muslim.

Komariah, I., & Matsumoto, T. (2021). System dynamics for water resource sustainability issues: assessing the impact of river restoration plans in the Upper-Middle Ciliwung river basin, Indonesia. International Journal of River Basin Management, 19(4), 565–574. https://doi.org/10.1080/15715124.2020.1803336

Liang, Y., Chen, Y., Huang, Q., Zhou, Y., & Liu, Z. (2023). Network structure and temporal stability of depressive symptoms after a natural disaster among children and adolescents. European Journal of Psychotraumatology, 14(1). https://doi.org/10.1080/20008066.2023.2179799

Luong, H. T., Le, T. Q., Nguyen, T. Van, & Luong, V. K. (2024). Community-based policing of natural disasters in Vietnam: analysing the ‘four-on-the-spot’ model. Policing and Society, 1–15. https://doi.org/10.1080/10439463.2024.2319819

Mahmudah, D., & Kurniasari, R. (2024). Pengaruh Penggunaan Media Leaflet dan Video Audiovisual Terhadap Pengetahuan Sayur dan Buah Anak Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 10(6), 502–506. https://doi.org/10.5281/zenodo.10643911

Marcela, R., & Usiono, U. (2023). Persepsi Masyarakat Dalam Penanggulangan Bencana Banjir : Sistematic Literature Review. Jurnal Kesehatan Tambusai, 4(4), 4996–5002. https://doi.org/10.31004/jkt.v4i4.19858

Mathie, A., & Cunningham, G. (2003). From clients to citizens: Asset-based Community Development as a strategy for community-driven development. Development in Practice, 13(5), 474–486. https://doi.org/10.1080/0961452032000125857

Maulana, I., Febrianti, S., & Nugraha, B. A. (2023). Intervensi Terapi Dukungan Psikologis pada Korban Terdampak Bencana yang Mengalami PTSD (Literature Review). Malahayati Nursing Journal, 5(3), 647–659. https://doi.org/10.33024/mnj.v5i3.8019

Midtbust, L. G. H., Dyregrov, A., & Djup, H. W. (2018). Communicating with children and adolescents about the risk of natural disasters. European Journal of Psychotraumatology, 9(sup2). https://doi.org/10.1080/20008198.2018.1429771

Nafari, R. H., & Ngo, T. (2018). Predictive applications of australian flood loss models after a temporal and spatial transfer. Geomatics, Natural Hazards and Risk, 9(1), 416–430. https://doi.org/10.1080/19475705.2018.1445666

Navrud, S., Tuan, T. H., & Tinh, B. D. (2012). Estimating the welfare loss to households from natural disasters in developing countries: A contingent valuation study of flooding in Vietnam. Global Health Action, 5(1). https://doi.org/10.3402/gha.v5i0.17609

Oktarina, Y., & Abdullah, Y. (2017). Komunikasi dalam perspektif teori dan praktik. Deepublish.

Purba, T. P. B. (2023). Systematic Literature Review (SLR): Menyiapkan Sekolah Siaga Bencana Gempa di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 28337–28342. https://doi.org/10.31004/jptam.v7i3.11394

Putri, M. S., Reza, M., Widayanti, M. D., & Komalasari, D. (2022). Efektivitas Penggunaan Media Busy Book Dalam Meningkatkan Pengetahuan Mitigasi Bencana Banjir Pada Anak Usia 5-6 Tahun. Kiddo: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 3(2), 66–77. https://doi.org/10.19105/kiddo.v3i2.6483

Quesada-Román, A., & Campos-Durán, D. (2023). Natural Disaster Risk Inequalities in Central America. Papers in Applied Geography, 9(1), 36–48. https://doi.org/10.1080/23754931.2022.2081814

Rahma, N. M., Pramudyawardhani, R., Rozanti, D. W., & Hastuti, P. (2020). Peran Perpustakaan Dalam Menghadapi Bencana: Sebuah Tinjauan Literatur. Journal of Documentation and Information Science, 4(1), 57–82. https://doi.org/10.33505/jodis.v4i1.160

Tamitiadini, D., Dewi, W. W. A., & Adila, I. (2019). Inovasi Model Mitigasi Bencana Non Struktural berbasis Komunikasi, Informasi, Koordinasi dan Kerjasama. Jurnal Komunikasi, 13(1), 41–52. https://doi.org/10.21107/ilkom.v13i1.5216

Wahlström, L., Michélsen, H., Schulman, A., Backheden, H., & Keskinen-Rosenqvist, R. (2013). Longitudinal course of physical and psychological symptoms after a natural disaster. European Journal of Psychotraumatology, 4(SUPPL.). https://doi.org/10.3402/ejpt.v4i0.21892

Zimmermann, T., Shinde, S., Parthasarathy, D., & Narayanan, N. C. (2023). Linking climate change adaptation and disaster risk reduction: reconceptualizing flood risk governance in Mumbai. Journal of Integrative Environmental Sciences, 20(1), 1–29. https://doi.org/10.1080/1943815X.2023.2169712

Downloads

Published

2024-06-01

How to Cite

Anindhita, W., Sari, E., & Kusuma, D. L. (2024). Mitigasi bencana banjir pada anak usia dini. Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS), 7(2), 504–515. https://doi.org/10.33474/jipemas.v7i2.21759