Inovasi batik kreatif dengan menggunakan perintang gutta tamarind
DOI:
https://doi.org/10.33474/jipemas.v7i2.21761Keywords:
asam jawa, batik kreatif, gutta tamarind, perintangAbstract
Perintang dalam membatik dengan menggunakan limbah dari biji asam jawa belum banyak diketahui oleh masyarakat, karena itu kegiatan ini bertujuan untuk mengenalkan penggunaan limbah ini kepada masyarakat juga pendidik. Metode dalam pelaksanaan kegiatan ini menggunakan metode ABCD. Tahap awal dilakukan sosialisasi kepada masyarakat untuk dapat mengikuti kegiatan ini, tahap kedua masyarakat yang merespon berkoordinasi dengan tim pengabdi, tahap ketiga adalah pelaksanaan kegiatan yang diikuti oleh 20 orang peserta yang terdiri atas pendidik dan masyarakat umum. Tahap terakhir adalah evaluasi karya melalui sesi kritik yang tujuannya untuk melihat indikator keberhasilan pendampingan ini. Tingkat keberhasilan pelaksanaan pengabdian masyarakat yaitu semua peserta berhasil membuat batik kreatif dengan menggunakan perintang dari gutta tamarind. Rencana tindaklanjutnya peserta dapat mengajarkan kepada peserta didiknya juga lingkungannya. Manfaatnya penggunaan media alternatif untuk batik kreatif dapat diimplementasikan dan juga kedepannya dapat dimanfaatkan oleh industri kreatif dengan material yang ramah lingkungan.
References
Adi, S. P., Sukerta, P. M., Marianto, M. D., Hadi, S., & Pandanwangi, A. (2022). Pelatihan Teknik Cetak Tinggi dengan Format Mini Sebagai Hiasan di Café-Café Kekinian Pada Komunitas Grafis Makmur Sukoharjo. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(3), 2387. https://doi.org/10.37905/aksara.8.3.2387-2396.2022
Afandi, A., Laily, N., Wahyudi, N., Umam, M. H., Kambau, R. A., Rahman, S. A., Sudirman, M., Jamilah, Kadir, N. A., Junaid, S., Nur, S., Parmitasari, R. D. A., Nurdiyanah, Wahid, M., & Wahyudi, J. (2022). Metodologi Pengabdian Masyarakat (Suwendi, A. Basir, & J. Wahyudi (eds.)). Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam, Direktorat Jenderal Pendidikan Islam, Kementerian Agama RI. https://pendispress.kemenag.go.id/index.php/ppress/catalog/book/19
Alashari, D., & Bahru, J. (2021). The significance of Feldman method in art criticism and art education. International Journal of Psychosocial Rehabilitation, 25(2), 877–884. https://doi.org/10.37200/V25I2/38013
Apin, A. M. (2016). Tamarind Batik Semination An Economic Improvement For Patimban Fishermen Into Craftsmen. In The Art Of Entrepreneurs To Survive During Pandemic Covid-19 (pp. 33–36). Novateur Publication, India.
Apin, A. M., Pandanwangi, A., Dewi, B. S., & Damayanti, N. (2021). Cerita Pekalongan diatas Batik Tamarind (A. Widhayani, A. Rini, & M. I. Rahmawati (eds.); 1st ed.). Gumun.
Dewi, B. S., Pandanwangi, A., Aryani, D. I., Manurung, R. T., & Ida, I. (2023). Gagasan Kearifan Lokal: Pendampingan Pelatihan Batik Kreatif Di Atas Kayu Di Kampung Batik Pasiran. Abdimas Bina Bangsa, 4(1), 329–337. https://doi.org/10.46306/jabb.v4i1.369
Fajar, Y. W., & Izzah, L. (2014). Upaya Meningkatkan Kreativitas Anak Melalui Metode Menggambar di Desa Karangasem Kabupaten Lamongan. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo, 1(1), 1–7. https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v1i1.3471
Maesaroh, S. S. (2020). Upaya Peningkatan Daya Saing Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Kota Tasikmalaya melalui Pemanfaatan System Informasi Geografis (SIG). Jurnal Ilmu Manajemen Dan Bisnis, 11(1), 61–74. https://doi.org/10.17509/jimb.v11i1.21148
Manurung, R. T., Pandanwangi, A., Meythi, M., & Setin, S. (2023). Pemberdayaan Perempuan Pelaku UMKM untuk Kemandirian Ekonomi dalam Program Kampung Bangkit di Desa Ciporeat. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 9(1), 1–6. https://doi.org/10.37905/aksara.9.1.1-6.2023
Nadia. (2019). Komunitas 22 Ibu Perkenalkan Olahan Biji Klungsu untuk Material Batik di Eropa. POJOKSATU.Id.
Pandanwangi, A., Apin, A. M., Belinda Sukapura, D., & Damayanti, N. (2020). Buku Ajar Teknik Batik Gutta Tamarind: Membatik itu Mudah dan Menyenangkan (kesatu). Pelita Ilmu Bandung.
Pandanwangi, A., Ida, I., Dewi, B. S., & Aryani, D. I. (2023). Tingkat Keberhasilan Pelatihan Membatik Eco Green Dengan Menggali Potensi Alam Di Kampung Adat Cireundeu- Cimahi. Abdimas Bina Bangsa, 4(1), 480–488. https://doi.org/10.46306/jabb.v4i1.409
Pandanwangi, A., Rianingrum, C. J., Damayanti, N., & Rahmat, A. (2021). The Icon of Local Culture : Downstream of Tamarind Waste as a Superior Motif Barrier in Indonesia. Turkish Journal of Computer and Mathematics Education, 12(13), 1524–1535. https://doi.org/10.17762/turcomat.v12i13.8781
Pandanwangi, A., Sukapura Dewi, B., Juli Rianingrum, C., & Wilastrina, A. (2023). Pelatihan Membuat Batik Diatas Kayu Dengan Menggunakan Metode Service Learning Di Sma Kebangsaan-Tanggerang Selatan. Jurnal Abdimas Ilmiah Citra Bakti, 4(1), 1–16. https://doi.org/10.38048/jailcb.v4i1.1411
Pandanwangi, A., Widowati, W., & Marcus, T. (2023). Pendampingan dalam pelatihan produk frutopia hasil inovasi metode liofilisasi di UMKM Aruma Sukajadi Bandung. Jurnal Abdimas Ilmiah Citra Bakti, 4(April), 186–199. https://doi.org/https://doi.org/10.38048/jailcb.v4i2
Rianingrum, C. J., Pandanwangi, A., Wilastrina, A., Novianti, E., Utomo, D. W., Dewi, B. S., & Indralaksmi, I. (2022). Pelatihan Batik Kreatif Teknik Transfer Warna Sebagai Elemen Penunjang Interior Bagi Siswa SMA Pada Mata Kuliah Keterampilan. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(2), 1357. https://doi.org/10.37905/aksara.8.2.1357-1366.2022
Ridwan, M. F. (2018). Komunitas 22 Ibu Adakan Pelatihan Batik Klungsu di Fukuoka. Republika.Com. https://ameera.republika.co.id/berita/peh8ia328/komunitas-22-ibu-adakan-pelatihan-batik-klungsu-di-fukuoka#google_vignette
Suarta, N., Dwi, D., & Rahayu, I. (2018). Model Pembelajaran Holistik Integratif di PAUD Untuk Mengembangkan Potensi Dasar Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 3(1), 31. https://doi.org/10.29303/jipp.Vol3.Iss1.44
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Ariesa Pandanwangi, Belinda Sukapura Dewi, Arleti Mochtar Apin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
.