Peningkatan pemasaran produk UMKM melalui pemanfaatan marketplace tokopedia dan facebook

Authors

  • Lailil Muflikhah Universitas Brawijaya
  • Agus Wahyu Widodo Universitas Brawijaya
  • Muh. Arif Rahman Universitas Brawijaya
  • Novanto Yudistira Universitas Brawijaya

DOI:

https://doi.org/10.33474/jipemas.v7i3.21920

Keywords:

UMKM, marketplace, penjualan online, pemasaran produk

Abstract

Salah satu bentuk usaha yang merupakan potensi desa dan mendapat dukungan dari pemerintah adalah Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Namun, adanya keterbatasan dalam hal pemasaran menjadikan tidak nampaknya produk asli masyarakat setempat. Pentingnya dilakukan program Pengabdian kepada Masyarakat. Pada program ini bertujuan untuk meningkatkan pemasaran produk UMKM melalui pemanfaatan platform marketplace Tokopedia dan media sosial Facebook. Metode pengabdian masyarakat yang digunakan meliputi sosialisasi, pelatihan, dan pendampingan langsung kepada para pelaku UMKM di wilayah target. Tokopedia, digunakan sebagai marketplace toko online, sedangkan untuk Facebook sebagai sarana pengiklanan produk. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman mengenai pentingnya digital marketing, serta keterampilan praktis dalam membuat dan mengelola akun di Tokopedia dan Facebook. Hasil dari program ini menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan dalam pemahaman dan kemampuan peserta dalam menggunakan kedua platform tersebut. Selain itu, terdapat peningkatan penjualan dan jangkauan pasar produk UMKM setelah program berjalan. Kesimpulan dari penelitian ini menyatakan bahwa pemanfaatan marketplace Tokopedia dan media sosial Facebook secara efektif dapat membantu pelaku UMKM dalam meningkatkan pemasaran dan penjualan produk mereka, yang pada gilirannya dapat mendorong pertumbuhan ekonomi lokal.

References

Apriadi, D., & Saputra, A. Y. (2017). E-Commerce Berbasis Marketplace Dalam Upaya Mempersingkat Distribusi Penjualan Hasil Pertanian. Jurnal RESTI (Rekayasa Sistem Dan Teknologi Informasi), 1(2), 131–136. https://doi.org/10.29207/resti.v1i2.36

Fauziyah, F. (2020). Tantangan UMKM dalam Menghadapi Revolusi Industri 4.0 Ditinjau dari Aspek Marketing dan Accounting. JMK (Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan), 5(2), 155–172. https://doi.org/10.32503/jmk.v5i2.1008

Halim, A. (2020). Pengaruh Pertumbuhan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Kabupaten Mamuju. GROWTH: Jurnal Ilmiah Ekonomi Pembangunan, 1(2), 157–172. https://stiemmamuju.e-journal.id/GJIEP/article/view/39

Handajani, L., Akram, Furkan, L. M., & Rifa’i, A. (2019). Penggunaan Pemasaran Digital Pada Usaha Home Industry Kopi Lombok di Desa Sigerongan Kabupaten Lombok Barat. Abdi Insani, 6(3), 409–421. https://doi.org/10.29303/abdiinsani.v6i3.267

Hayati, S., & Fatarib, H. (2022). The Role of Small and Medium Micro Enterprises (MSMEs) In Economic Development in Bandar Lampung. Budapest International Research and Critics Institute-Journal (BIRCI-Journal), 5(2), 13010–13015. https://doi.org/10.33258/birci.v5i2.5140 13010

Mahdi, M. I., & Nanda, A. P. (2022). Sosialisasi Peningkatan Hasil Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Menggunakan Marketplace di Pekon Sukoharjo 1. Jurnal PkM Pemberdayaan Masyarakat, 3(4), 126–131. https://doi.org/10.56327/jurnalpkm.v3i4.53

Nengsih, T. A., Orinaldi, M., & Nurwahid, Y. (2022). Kesenjangan UMKM pada Pengelolaan Keuangan: Studi di Kota Jambi. Eksis: Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 13(2), 78–83. https://doi.org/10.33087/eksis.v13i2.299

Ningtyas, P. K., Sunarko, B., & Jaryono. (2015). Analisis Faktor yang Mempengaruhi Adopsi E-Commerce dan Pengaruhnya Terhadap Kinerja UMKM. Performance, 21(1), 95–107. http://jp.feb.unsoed.ac.id/index.php/Performance/article/view/516

Purnomo, R. F., Dirayati, F., Oktaria, E. T., & Yuniarthe, Y. (2024). Sosialisai Peranan Website Sebagai Media Publikasi Kegiatan UMKM pada Balai Pemerintahan Desa Lampung. Jurnal Pengabdian UMKM, 3(1), 25–31. https://doi.org/10.36448/jpu.v3i1.53

Rejito, J., Atthariq, A., & Abdullah, A. S. (2021). Application of text mining employing k-means algorithms for clustering tweets of Tokopedia. Journal of Physics: Conference Series, 1722(1), 012019. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1722/1/012019

Rosyidiana, R. N., & Narsa, I. M. (2024). Micro, small, and medium-sized enterprises (MSMEs) during the post-pandemic economic recovery period: digitalization, literation, innovation, and its impact on financial performance. Cogent Business and Management, 11(1), 1–16. https://doi.org/10.1080/23311975.2024.2342488

Sfenrianto, Wang, G., Abdul, H., & Nurul, F. A. (2017). Comparative analysis of e-commerce and social media based trading in Indonesia. IOP Conference Series: Materials Science and Engineering, 237(1), 1–7. https://doi.org/10.1088/1757-899X/237/1/012028

Utami, A., & Alamsyah, A. (2018). Content Analysis of Indonesia’s E-Commerce on Facebook Page using Social Network Analysis for Social Customer Relationship Management Effort (Case Studies: Shopee, Tokopedia, and Bukalapak). E-Proceeding of Management, 5(1), 866–873. https://jitl.web.id/index.php/management/article/view/6165

Downloads

Published

2024-07-01

How to Cite

Muflikhah, L., Widodo, A. W., Rahman, M. A., & Yudistira, N. (2024). Peningkatan pemasaran produk UMKM melalui pemanfaatan marketplace tokopedia dan facebook. Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS), 7(3), 554–564. https://doi.org/10.33474/jipemas.v7i3.21920