Penguatan empati konselor: Upaya peningkatan profesionalitas melalui cased method

Authors

  • Henny Indreswari Universitas Negeri Malang
  • Rizka Apriani Universitas Negeri Malang
  • Devy Probowati Universitas Negeri Malang
  • Shabrina Muyassirotul ‘Aliyah Universitas Negeri Malang
  • Achmad Miftachul Ilmi Universitas Negeri Malang
  • Anisa Ultari Lisnanti Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.33474/jipemas.v7i3.22118

Keywords:

empati, kompetensi konselor, case method

Abstract

Upaya peningkatan profesionalitas konselor terus dibutuhkan seiring perkembangan zaman. Salah satu keterampilan yang sangat dibutuhkan dalam pemberian layanan bimbingan dan konseling yaitu penguasaan empati. Tujuan dalam pengabdian ini berupa penguatan empati konselor sebagai upaya peningkatan profesionalitas melalui cased method. Metode pengabdian merujuk pada pendekatan Service Learning (SL) berbasis case method terdiri atas tiga tahap terdiri atas (1) Service Learning Planning, Analysis and Design; (2) Service Learning Delivery and Phase; (3) Service Learning Evaluation, Reflection and Monitoring. Kegiatan pengabdian diikuti oleh 25 perwakilan konselor yang berasal dari 25 SMP di Malang Raya (Kota Malang, Kabupaten Malang dan Kota Batu) dan dilaksanakan pada 9-31 Juli 2023. Secara keseluruhan terdapat peningkatan pemahaman (14%), sikap (21%) dan perilaku (23%) terkait empati dan implementasinya dalam layanan BK di sekolah. Secara keseluruhan empati konselor ditinjau dari tiga aspek mengalami peningkatan sebesar 19%. Hasil uji Wilcoxon signed rank test menunjukkan peningkatan signifikan pada skor post-test dibandingkan dengan pre-test. Adapun dampak kegiatan ini terhadap konselor SMP Malang Raya, yakni meningkatkan pemahaman, sikap dan perilaku konselor terkait empati dan implementasinya dalam layanan bimbingan dan konseling di sekolah. Harapannya para peserta yang terdiri dari perwakilan konselor SMP Malang Raya dapat menyebarluaskan wawasan dan pengetahuan yang didapat kepada sejawat konselor lainnya. Tim pengabdian lanjutan dapat memberikan pelatihan-pelatihan lain untuk menunjang peningkatan profesionalitas konselor SMP di Malang Raya.

References

Akbar, J. S., Dharmayanti, P. A., Nurhidayah, V. A., Lubis, S. I. S., Saputra, R., Sandy, W., Maulidiana, S., Setyaningrum, V., Lestari, L. P. S., & Ningrum, W. W. (2023). Model & Metode Pembelajaran Inovatif: Teori Dan Panduan Praktis. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Amalia, R. (2019). Empati Sebagai Dasar Kepribadian Konselor. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 1(1), 56–58. https://doi.org/10.31004/jpdk.v1i1.350

Corey, G. (2017). Theory and practice of counseling and psychotherapy. Nelson Education.

Davis, M. H. (1983). Measuring individual differences in empathy: Evidence for a multidimensional approach. Journal of Personality and Social Psychology, 44(1), 113–126. https://doi.org/10.1037/0022-3514.44.1.113

Dianto, M., & Putri, B. N. D. (2019). Media Pelayanan Bimbingan Konseling dan Tantangan Konselor dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0. Konvensi Nasional Bimbingan Dan Konseling XXI, April, 99–104. http://proceedings.upi.edu/index.php/konvensiabkinxxi/article/view/458/411

Fall, K. A., Holden, J. M., & Marquis, A. (2004). Theoretical Models of Counseling and Psychotherapy. Brunner-Routledge.

Goodman-Scott, E., Donohue, P., & Betters-Bubon, J. (2023). A Phenomenological Investigation of Universal Mental Health Screening: Making Meaning for School Counseling. Professional School Counseling, 27(1), 2156759X221150008.

Handari, S. (2016). Empati Sebagai Pengembangan Seni Konseling Untuk Efektivitas Pelayanan Konseling. Lentera, 18(1), 49–63.

Indreswari, H., Utami, N. W., Prihatiningsih, R., & Apriani, R. (2021). Integration of medical physical principles with empathy as scientific strengthening and counseling action. Bisma The Journal of Counseling, 5(1), 49–55. https://doi.org/10.23887/bisma.v5i1.33324

Irmayanti, R. (2018). Bimbingan dan Konseling Sebagai Profesi Khusus. Quanta : Jurnal Kajian Bimbingan Dan Konseling Dalam Pendidikan, 2(1), 21–30. https://doi.org/10.22460/q.v2i1p%25p.712

Jaber, F., & Al-Hroub, A. (2023). School counselors’ perceptions of virtual counseling in Lebanon: A qualitative study. Frontiers in Psychology, 13, 1083644.

Jones, A., & Pijanowski, J. C. (2023). Understanding and addressing the well-being of school counselors. NASSP Bulletin, 107(1), 5–24. https://doi.org/10.1177/01926365231153436

Lam, T. C. M., Kolomitro, K., & Alamparambil, F. C. (2011). Emphaty Training: Methods, Evaluation Practices, and Validity. Journal of Multidisciplinary Evaluation, 7(16), 162–200. https://doi.org/10.56645/jmde.v7i16.314

Latifah, L. (2019). Keefektifan Teknik Drama Segitiga Karpman untuk Meningkatkan Keterampilan Empati Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Kajian Bimbingan Dan Konseling, 4(1), 30–36. https://doi.org/10.17977/um001v4i12019p030

Musa, N., Ibrahim, D. H. A., Abdullah, J., Saee, S., Ramli, F., Mat, A. R., & Khiri, M. J. A. (2017). A methodology for implementation of service learning in higher education institution: A case study from faculty of computer science and information technology, UNIMAS. Journal of Telecommunication, Electronic and Computer Engineering (JTEC), 9(2–10), 101–109. https://jtec.utem.edu.my/jtec/article/view/2712

Mustafa, P. S. (2021). Model Discrepancy sebagai Evaluasi Program Pendidikan. Palapa, 9(1), 182–198. https://doi.org/10.36088/palapa.v9i1.1067

Nurhasanah, N., Neviyarni, S., & Effendi, Z. M. (2019). The Effectiveness of Group Counseling with Role-Playing Techniques to Increase Student Empathy. International Journal of Applied Counseling and Social Sciences, 1(1), 54–61. https://doi.org/10.24036/005304ijaccs

Petrus, J. (2016). Kajian Konseptual Hubungan Terapeutik dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keberhasilan Proses Konseling. Jurnal Inovasi Pembelajaran Karakter (JIPK), 1(2), 1–10. https://i-rpp.com/index.php/jipk/article/view/712

Putra, F. Y. A. (2016). Keberhasilan Konseling Ditinjau dari Minat Siswa Mengikuti Proses Konseling dan Sikap Empati Konselor. Educatio Vitae, 5(1), 1–23. http://portal.widyamandala.ac.id/jurnal/index.php/educatiovitae/article/view/932

Putri, A. (2016). Pentingnya kualitas pribadi konselor dalam konseling untuk membangun hubungan antar konselor dan konseli. Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia, 1(1), 10–13. https://doi.org/10.26737/jbki.v1i1.99

Rogers, C. (1951). Client-Centered Therapy: Its Current Practice, Implications, and Theory. Houghton Mifflin.

Rosidah, C. T., & Pramulia, P. (2021). Team Based Project dan Case Method Sebagai Strategi Pengembangan Keterampilan Mengembangkan Pembelajaran Mahasiswa. MENDIDIK: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pengajaran, 7(2), 245–251. https://doi.org/10.30653/003.202172.196

Salem, A. A. M. S., Al-Huwailah, A. H., Abdelsattar, M., Al-Hamdan, N. A. H., Derar, E., Alazmi, S., Abu Al-Diyar, M., & Griffiths, M. D. (2023). Empathic skills training as a means of reducing cyberbullying among adolescents: an empirical evaluation. International Journal of Environmental Research and Public Health, 20(3), 1846. https://doi.org/10.3390/ijerph20031846

Tondok, M. S., Agustin, I. C., Eka, N., Maris, S., Yasmin, R., Leonardo, L., & Kinanti, A. D. P. (2023). Psikoedukasi untuk Peningkatan Pengetahuan dan Empati Guna Mengatasi Perundungan di SMP “X” Surabaya. INTEGRITAS: Jurnal Pengabdian, 7(1), 176–186. https://doi.org/10.36841/integritas.v7i1.2292

Utomo, N., Ni’mah, D., & Rahmawati, H. (2023). Online Vs Offline Reading Classes. Journey: Journal of English Language and Pedagogy, 6(1), 242–250. https://doi.org/10.33503/journey.v6i1.2694

Vahlepi, S., Helty, H., & Tersta, F. W. (2021). Implementasi Model Pembelaaran berbasis Case Method dan Project Based Learning dalam rangka mengakomodir Higher Order Thinking Skill mahasiswa dalam Mata Kuliah Psikologi Pendidikan Bahasa Arab di Masa Pandemi. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 10153–10159. https://doi.org/10.31004/jptam.v5i3.2593

Widiasmara, N., Novitasari, R., Trimulyaningsih, N., & Stueck, M. (2018). School of empathy for enhancing children’s well-being. International Journal of Social Science and Humanity, 8(8), 230–234. https://doi.org/10.18178/ijssh.2018.V8.966

Widiastuti, F., Amin, S., & Hasbullah, H. (2022). Efektivitas Metode Pembelajaran Case Method dalam Upaya Peningkatan Partisipasi dan Hasil Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Manajemen Perubahan. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 728–731. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3034

Yustiana, Y. R., Saomah, A., & Suherman. (2017). Competence of Guidance and Counseling Teacher in Developing Helping Relationship With Student. Jurnal Pendidikan Bitara UPSI, 10(1), 16–24. https://doi.org/10.37134/bitara.vol10.2.2017

Downloads

Published

2024-07-20

How to Cite

Indreswari, H., Apriani, R., Probowati, D., ‘Aliyah, S. M., Ilmi, A. M., & Lisnanti, A. U. (2024). Penguatan empati konselor: Upaya peningkatan profesionalitas melalui cased method. Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS), 7(3), 603–615. https://doi.org/10.33474/jipemas.v7i3.22118