Transformasi digital dalam sitasi karya ilmiah: Meningkatkan akurasi dan efesiensi dengan mendeley

Authors

  • Zulhijra Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Ermis Suryana Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Maryamah Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Asri Karolina Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Syarnubi Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Amilda Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Irja Putra Pratama Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Nyimas Yunierti Prihatin Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Angge Sapto Mubharokh Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Muhamad Uyun Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Mutia Sari Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Rahmat Fadli Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang

DOI:

https://doi.org/10.33474/jipemas.v7i3.22205

Keywords:

karya ilmiah, mendeley, participatory action research, sitasi

Abstract

Transformasi digital telah memengaruhi berbagai aspek kehidupan, termasuk bidang akademik, khususnya dalam penulisan karya ilmiah yang menuntut sitasi dan pengelolaan referensi yang akurat. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan mahasiswa dalam penggunaan aplikasi Mendeley untuk sitasi dan pengelolaan referensi. Metode yang digunakan adalah Participatory Action Research (PAR) yang melibatkan 60 mahasiswa dan dosen di Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Muara Enim. Langkah-langkah penelitian meliputi identifikasi masalah, penyusunan rencana pelatihan, pelaksanaan pelatihan, dan evaluasi kolaboratif. Pelatihan melibatkan ceramah, simulasi, dan praktik langsung menggunakan Mendeley. Hasil penelitian menunjukkan bahwa banyak mahasiswa belum familiar dengan Mendeley, dan pengelolaan referensi masih dilakukan secara manual. Setelah pelatihan, peserta menunjukkan pemahaman yang lebih baik tentang sitasi dan mampu mengoperasikan Mendeley dengan baik, termasuk mengimpor referensi, mengatur library, dan membuat sitasi serta daftar pustaka. Evaluasi menunjukkan peningkatan signifikan dalam antusiasme dan motivasi mahasiswa untuk menghasilkan karya ilmiah yang berkualitas. Keterbatasan laptop dan jaringan internet yang tidak stabil merupakan kendala yang dihadapi. Secara keseluruhan, pelatihan ini berhasil meningkatkan kompetensi akademik mahasiswa dalam pengelolaan referensi dan sitasi, serta diharapkan dapat berlanjut untuk peningkatan pengetahuan dan kemampuan akademik yang berkelanjutan.

References

Arniati, A., Arsal, M., & R, M. R. (2022). Pelatihan Penggunaan Mendeley Sebagai Manajemen Referensi Pada Penulisan Karya Ilmiah. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 6(6), 5096–5105. https://doi.org/10.31764/jmm.v6i6.11224

Arransyah, M. F., Bharata, W., Aulia, P. N., Maulidia, A., & R, D. I. (2021). Pelatihan Penggunaan Aplikasi Mendeley Bagi Mahasiswa Dalam Pembuatan Daftar Pustaka. Jurnal Plakat : Jurnal Pelayanan Kepada Masyarakat, 3(1), 88–97. https://doi.org/10.33557/pengabdian.v3i2.2534

Cahnia, Z. A., Darubekti, N., & Samosir, F. T. (2021). Pemanfaatan Mendeley Sebagai Manajemen Referensi pada Penulisan Skripsi Mahasiswa Program Studi Perpustakaan dan Sains Informasi Universitas Bengkulu. Palimpsest: Journal of Information and Library Science, 12(1), 48–54. https://doi.org/10.20473/pjil.v12i1.26471

Fetni, Utomo, P. P., & Mardiana. (2023). Penggunaan Mendeley dalam meningkatkan Kualitas Penulisan Skripsi Mahasiswa Program Studi Administrasi Publik Universitas Sembilanbelas November Kolaka. Journal Publicuho, 6(3), 839–850. https://doi.org/10.35817/publicuho.v6i3.204

Goma, E. I., Saputra, Y. W., Sandy, A. T., & Ningrum, M. V. R. (2022). Pelatihan Mendeley Reference Dalam Mengelola Referensi Karya Tulis Ilimiah. Jurnal Pengabdian Masyarakat Ilmu Keguruan Dan Pendidikan (JPM-IKP), 4(1), 1–8. https://doi.org/10.31326/jmp-ikp.v5i1.1194

Gunawan, I. (2021). Analisis Sitasi Pada Jamp: Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan, Universitas Negeri Malang, 2018-2020. JAMP; Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 4(2), 163–170. https://doi.org/10.17977/um027v4i12021p163

Indraswati, D., & Widodo, A. (2023). Keefektifan Pelatihan Teknik Parafrase dan Teknik Sitasi Menggunakan Mendeley Bagi Mahasiswa PGSD untuk Menghindari Plagiasi. Journal on Education, 5(4), 16513–16522. https://doi.org/10.31004/joe.v5i4.2817

Jamil, S. (2020). Teknologi dan Pendidikan Agama Islam: Menjembatani Tradisi dan Modernitas. Wistara : Jurnal Pendidikan Dan Bahasa, 1(1), 115–120. https://doi.org/10.23969/wistara.v1i1.11231

Mardin, H., Baharuddin, B., & Nane, L. (2020). Pelatihan Cara Menulis Sitasi dan Daftar Pustaka Jurnal Format Apa Style Menggunakan Aplikasi Mendeley. Jurnal Abdidas : Community Development Service on Educational and Health Sciences, 1(3), 137–143. https://doi.org/10.31004/abdidas.v1i3.37

Nurhayati, Dewanti, Y. R., Syaffrial, H., & Setiawan. (2023). Sitasi dalam Penulisan Artikel Ilmiah dengan Aplikasi Mendeley pada Mahasiswa Politeknik LP3I Jakarta - Kampus Pondok Cabe. Jurnal Sepakat; Sesi Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 1–7. https://doi.org/10.56371/sepakat.v3i1.137

Perdana, F. J. (2020). Pelatihan Membuat Daftar Pustaka Otomatis Dengan Aplikasi Mendeley Desktop Bagi Mahasiswa Dalam Persiapan Penyusunan Tugas Akhir. Dimasejati: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 75–93. https://doi.org/10.24235/dimasejati.v2i1.6652

Zunaidi, A. (2024). Metodologi Pengabdian Kepada Masyarakat: Pendekatan Praktis Untuk Memberdayakan Komunitas. Yayasan Putra Adi Dharma.

Downloads

Published

2024-08-01

How to Cite

Zulhijra, Suryana, E., Maryamah, Karolina, A., Syarnubi, Amilda, Pratama, I. P., Prihatin, N. Y., Mubharokh, A. S., Uyun, M., Sari, M., & Fadli, R. (2024). Transformasi digital dalam sitasi karya ilmiah: Meningkatkan akurasi dan efesiensi dengan mendeley. Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS), 7(3), 647–655. https://doi.org/10.33474/jipemas.v7i3.22205