Penerapan model pembelajaran berbasis komunikasi lintas budaya dengan social networking sites dalam pengembangan kompetensi global siswa

Authors

  • Anna Riana Suryanti Tambunan Universitas Negeri Medan
  • Winda Setia Sari Universitas Methodist Indonesia
  • Mendarissan Aritonang Universitas Methodist Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33474/jipemas.v8i2.23342

Keywords:

pembelajaran interaktif, situs jejaring sosial

Abstract

Di era globalisasi, kemampuan memahami budaya asing dan melestarikan budaya lokal menjadi kompetensi penting bagi siswa agar mampu berperan sebagai warga dunia yang aktif, bertanggung jawab, dan berakar pada identitas budaya sendiri. Namun, rendahnya kompetensi komunikasi lintas budaya di kalangan siswa SMP menjadi tantangan dalam pembelajaran Bahasa Inggris. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk mendampingi guru dan siswa dalam mengimplementasikan model pembelajaran aktivitas komunikasi lintas budaya (AKSIBUDAYA) berbasis Social Networking Sites (SNS), yang merupakan hasil riset dasar kompetitif nasional tahun 2022–2023. Metode kegiatan menggunakan pendekatan Participatory Action Research (PAR) dan Service Learning, yang dilaksanakan melalui tiga tahapan utama: persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Pada tahap pelaksanaan, dilakukan pelatihan dan workshop untuk guru, serta pembelajaran menulis berbasis SNS untuk siswa. Kegiatan ini diikuti oleh dua guru dan sepuluh siswa SMP Negeri 14 Binjai. Hasil pengabdian menunjukkan peningkatan pemahaman guru terhadap pembelajaran lintas budaya serta kemampuan siswa dalam menulis esai komparatif dengan perspektif budaya melalui media digital seperti Canva. Luaran dari kegiatan ini berupa poster hasil karya siswa, rekognisi mahasiswa sebagai bagian dari MBKM, video kegiatan, serta naskah artikel untuk jurnal terindeks SINTA dan media massa elektronik. Kegiatan ini diharapkan menjadi kontribusi nyata dalam pengembangan pembelajaran Bahasa Inggris yang kontekstual, inklusif, dan relevan dengan tuntutan global.

References

Ahmad, M. A. (2019). Komunikasi sebagai wujud kompetensi sosial guru di sekolah. Jurnal Komodifikasi, 7(1), 33–44. https://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/Komodifikasi/article/view/9968

Aini, R. Q., & Suhendra, R. (2022). Identifikasi problematika wacana secara tekstual dan kontekstual mahasiswa prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Samawa. Jurnal Kependidikan, 3(1), 47–62. https://www.e-journallppmunsa.ac.id/index.php/kependidikan/article/view/33

Alawiyah, T., Irmayanti, R., Ningrum, D. S. A., & Suherman, M. M. (2023). Peran kecerdasan emotional (emotional intellegence) dalam meningkatkan empati multibudaya (multicultural empathy) pembimbing haji. Mabrur: Academic Journal of Hajj and Umra, 2(1), 73–82. https://doi.org/10.15575/mjhu.v2i1.29715

Alfarisy, F. (2021). Kebijakan pembelajaran bahasa Inggris di Indonesia dalam perspektif pembentukan warga dunia dengan kompetensi antarbudaya. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 6(3), 303–313. https://doi.org/10.29303/jipp.v6i3.207

Anderson, T., & Dron, J. (2011). Three generations of distance education pedagogy. International Review of Research in Open and Distributed Learning, 12(3), 80–97. https://doi.org/10.19173/irrodl.v12i3.890

Azzahra, A. H., & Gusmaneli. (2025). Implementasi strategi pembelajaran ekspositori pada mata pelajaran pendidikan Agama Islam. Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Agama Islam, 3(3), 155–169. https://doi.org/10.61132/jmpai.v3i3.1100

Banks, J. A. (2009). Diversity and citizenship education in multicultural nations. Multicultural Education Review, 1(1), 1–28. https://doi.org/10.1080/23770031.2009.11102861

Biggs, J., & Tang, C. (2007). Teaching for quality learning at university (Fourth Edi). McGraw-Hill Education.

Deardorff, D. K. (2006). The sage handbook of intercultural competence. SAGE Publications.

Fitri, A. T. (2025). Transformasi literasi digital menuju literasi global di era tanpa batas: Perspektif dunia remaja. IHSAN Jurnal Pendidikan Islam, 3(2), 418–425. https://doi.org/10.61104/ihsan.v3i2.928

Mudrik, N., Enji, Z., & Fawwaz, I. (2024). Komunikasi lintas budaya: Konsep, tantangan, dan strategi pengembangannya. Selasar KPI : Referensi Media Komunikasi Dan Dakwah, 4(2), 168–181. https://doi.org/10.33507/selasar.v4i2.2569

Muntaha, P. Z., & Wekke, I. S. (2017). Paradigma pendidikan Islam multikultural: Keberagamaan Indonesia dalam keberagaman. Intizar, 23(1), 17–40. https://doi.org/10.19109/intizar.v23i1.1279

Muradi, A. (2014). Pendekatan komunikatif dalam pembelajaran bahasa Arab. INSANIA : Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 13(2), 214–227. https://doi.org/10.24090/insania.v13i2.295

Nurjanah, E. A., & Mustofa, R. H. (2024). Transformasi pendidikan: Menganalisis pelaksanaan implementasi kurikulum merdeka pada 3 SMA penggerak di Jawa Tengah. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(1), 69–86. https://doi.org/10.58230/27454312.419

Pramanik, P. D., Achmadi, M., & Nasution, D. Z. (2021). Media belajar inovatif bagi siswa SDN 05 Pesanggrahan Jakarta: PkM dengan konsep service learning. Jurnal Pengabdian Masyarakat: Pemberdayaan, Inovasi Dan Perubahan, 1(1), 46–56. https://doi.org/10.59818/jpm

Septiani, L., Anwar, M. N. P., Amalda, Yahya, K. N., Fajariyah, S. N., Maulidiyah, N. S. R., Nuryono, W., & Ratnasari8, D. (2025). Pendekatan konseling gestalt untuk pemulihan adiksi NAPZA pada remaja. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Pandohop, 5(1), 87–98. https://doi.org/10.37304/pandohop.v5i1.18629

Suwartono, T. (2024). Penelitian tindakan kelas: Antara teori dan praktik. Nusantara Jurnal Pendidikan Indonesia, 4(1). https://doi.org/10.14421/njpi.2024.v4i1-2

Yulianti, Y., Buchori, A., & Murtianto, Y. H. (2017). Pengembangan media presentasi visual dengan pendekatan kontekstual dalam pembelajaran matematika di SMP. MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 2(2), 231–242. https://doi.org/10.30651/must.v2i2.859

Downloads

Published

2025-05-07

How to Cite

Tambunan, A. R. S., Sari, W. S., & Aritonang, M. (2025). Penerapan model pembelajaran berbasis komunikasi lintas budaya dengan social networking sites dalam pengembangan kompetensi global siswa. Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS), 8(2), 405–415. https://doi.org/10.33474/jipemas.v8i2.23342

Issue

Section

Articles