Kemampuan Literasi Matematika Mahasiswa dalam Menyelesaikan Soal

Authors

  • Marni Zulyanty UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

DOI:

https://doi.org/10.33474/jpm.v8i1.13885

Keywords:

Literasi Matematika, Soal Literasi Matematika

Abstract

ABSTRAK

Literasi matematika kembali menjadi tren di bidang pendidikan. Berdasarkan observasi dan pengalaman peneliti sebagai pengajar masih ditemukan mahasiswa yang mengalami kesulitan dalam mengerjakan masalah yang terkait pemikiran tingkat lanjut dimana soal tersebut merupakan soal literasi matematika. Sejalan dengan ini maka goals penelitian ini adalah menjabarkan kemampuan literasi matematika mahasiswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dimana mahasiswa di Prodi Tadris Matematika UIN STS Jambi angkatan 2019 sebagai subjek penelitian. Instrumen utama adalah peneliti sendiri, sedangkan instrumen pendukung adalah lembar soal literasi matematika dan pedoman wawancara. Analisis data menggunakan analisis data Creswell. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase pengerjaan soal satu terlihat bahwa ada 83,33% subjek yang menjawab benar dan 16,67% subjek yang menjawab salah serta tidak ada yang tidak menjawab. Sementara persentase pengerjaan soal dua ada 5,56% subjek yang menjawab benar dan 83,33% subjek yang menjawab salah serta ada 11,11% yang tidak menjawab.  Diperdalam lewat indikator kemampuan literasi matematika maka secara umum kemampuan literasi matematika mahasiswa masih berada pada tingkat rendah. Hanya indikator komunikasi, indikator matematisasi, indikator penalaran dan argumen, serta indikator menggunakan simbol, bahasa matematika dan operasinya yang dilalui dengan baik. Sementara indikator representasi, indikator memikirkan strategi untuk memecahkan masalah, dan indikator menggunakan alat matematika belum dilalui dengan baik.

 

Kata Kunci: Literasi Matematika, Soal Literasi Matematika

References

Creswell, J. W. (2018). Educational Research: Planning, Conducting, and Evaluating Quantitative and Qualitative Research, 6th Edition. Pearson.

Firdaus, B., Trapsilasiwi, D., Diah, N., Lestari, S., Matematika, P., Keguruan, F., & Unej, U. J. (2014). Analisis Soal Dalam Buku Matematika Kelas VII Kurikulum 2013 Berdasarkan Mathematical Literacy Assessment Taxonomy ( Analysis of Test Items in Math Book for VII th Grade 2013 Curriculum Based on Mathematical Literacy Assessment Taxonomy ).

Haciomeroglu, E. S., Aspinwall, L., & Presmeg, N. C. (2010). Contrasting cases of calculus students’ understanding of derivative graphs. Mathematical Thinking and Learning, 12(2), 152–176. https://doi.org/10.1080/10986060903480300

Martin, G., S, A., & Camacho, M. (2004). What is first-year Mathematics students’ actual knowledge about improper integrals? International Journal of Mathematical Education in Science and Technology, 35(1), 73–89. https://doi.org/10.1080/00207390310001615615

OECD. (2017). PISA 2015 technical report. Paris, France: OECD Publishing.

Ojose, B. (2011). Mathematics literacy : are we able to put the mathematics we learn into everyday use? Journal of Mathematics Education, 4(1), 89–100.

Oktiningrum, W., Zulkardi, & Hartono, Y. (2016). Developing PISA-like mathematics task with Indonesia natural and cultural heritage as context to assess students’ mathematical literacy. Journal on Mathematics Education, 7(1), 1–8. https://doi.org/10.22342/jme.7.1.2812.1-8

Priyonggo, H. W., Wardono, & Asih, T. S. N. (2019). Penggunaan Modul Agito dalam Pembelajaran Matematika SMA / SMK untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika. Prisma 2, 2, 668–678.

Radatz, H. (2013). Error Analysis In Mathematics. Journal for Research in Mathematics Education, 10(3), 163–172. https://doi.org/10.2307/748804

Ramziah, S. (2018). Peningkatan Kemampuan Representasi Matematis Siswa Kelas X2 SMAN 1 Gedung Meneng Menggunakan Bahan Ajar Matriks Berbasis Pendekatan Saintifik. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 138–147. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v5i2.269

S.Sirate, S. F., & Ramadhana, R. (2017). Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Keterampilan Literasi. Inspiratif Pendidikan, 6(2), 316. https://doi.org/10.24252/ip.v6i2.5763

Santosa, F. H., Negara, H. R. P., & Samsul Bahri. (2020). Efektivitas Pembelajaran Google Classroom Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa. Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Pendidikan Matematika (JP3M), 3(1), 62–70. https://doi.org/10.36765/jp3m.v3i1.254

Wong, K. P. (2005). Students in PISA *. Education Journal, 31 & 32(2), 1–30.

Downloads

Published

2022-02-19

How to Cite

Zulyanty, M. (2022). Kemampuan Literasi Matematika Mahasiswa dalam Menyelesaikan Soal. Jurnal Pendidikan Matematika (JPM), 8(1), 09–18. https://doi.org/10.33474/jpm.v8i1.13885