Profil Kemampuan Kognitif Siswa SMP Berkemampuan Matematika Tinggi pada Materi Luas Gabungan Berdasarkan Domain TIMSS

Authors

  • Siswanti Prastiwi Pendidikan Matematika, FKIP Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33474/jpm.v8i1.14066

Keywords:

luas gabungan, TIMSS, pengetahuan konsep, penerapan konsep, penalaran konsep

Abstract

Penelitian kualitatif deskriptif ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan kognitif siswa SMP berkemampuan matematika tinggi dalam menyelesaikan soal tes pemahaman luas bangun datar gabungan berdasarkan domain TIMSS, yang meliputi pengetahuan konsep, penerapan konsep, dan penalaran konsep. Subjek penelitian terdiri dari dua siswa kelas VIII SMP berkemampuan matematika tinggi. Instrumen utama adalah peneliti sendiri, dibantu  pedoman wawancara, dokumen dan Tes Kemampuan Matematika yang berisi soal-soal mengacu pada soal TIMSS tentang luas gabungan. Data yang diperoleh dari subjek penelitian dianalisis menggunakan domain kognitif TIMSS pada ranah pengetahuan, penerapan, dan penalaran konsep. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa kedua subjek penelitian memiliki kemampuan kognitif dengan predikat yang berbeda, yaitu predikat sangat baik dan baik. Subjek dengan predikat kemampuan kognitif sangat baik mampu mengolah informasi, merencana, menyelesaikan dan secara konsisten memahami luas gabungan dapat disusun dari bervariasi kombinasi luas bangun datar.  Subjek dengan predikat kemampuan kognitif baik mampu mengolah informasi, merencana, dan menyelesaikan permasalahan, namun masih belum memiliki pemahaman yang kuat tentang variasi-variasi kombinasi luas bangun datar penyusun luas gabungan. Hasil ini memberikan gambaran adanya perbedaan kemampuan kognitif  siswa, meskipun sama-sama berada pada kemampuan matematika tinggi.

 

This descriptive qualitative research aims to describe the cognitive abilities of highly mathematics-capable junior high school students in completing the combined shapes area comprehension test based on the TIMSS domain, which includes knowing, applying, and reasoning. The research subjects consisted of two students in grade VIII junior high school with high mathematics ability.data collection is done online via Whatsapp by sending test instruments in PDF format. The main instruments are the researchers themselves, assisted by interview guidelines, documents and Math Ability Tests containing questions referring to the TIMSS question about the combined area. Data obtained from the study subjects were analyzed using the cognitive domain TIMSS in the realm of knowing, applying, and reasoning of concepts. The results revealed that both research subjects had cognitive abilities with different predicates, namely excellent and good predicates. Subjects with excellent cognitive ability predicates are able to process information, plan, complete and consistently understand the combined area can be composed of varied combinations of shapes areas.  Subjects with good cognitive ability predicates are able to process information, plan, and solve problems, but still do not have a strong understanding of the variations of the combination of shapes area combined constituents. These results give an idea of the differences in students' cognitive abilities, although they are both in high math ability. 

References

Abdurrahman, M. (2012). Anak Berkesulitan Belajar: Teori. Diagnosis, Dan Remediasinya, Rineka Cipta, Jakarta.

Agustina, M. (2017). Analisis Representasi Matematis Ditinjau dari Kemampuan Matematis pada Sub Pokok Bahasan Kubus dan Balok Siswa Kelas VIII SMP Nuris Jember. UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.

Agustina, N. (n.d.). (2018). Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa SMP pada Materi Persamaan Garis Lurus dalam Pembelajaran Berbasis Apos. Histogram, 2(1), 12–20.

Alfisyahra, A. (n.d.). (2020). Profil Kemampuan Penalaran Matematis Siswa yang Memiliki Pemahaman Konsep Kategori Tinggi. Jurnal Kreatif Online, 8(3).

Arifani, N. H. (2017). Proses Berpikir Siswa Kelas Viii dalam Menyelesaikan Soal Matematika TIMSS Materi Besar Sudut dalam Bentuk Geometris. Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 2(1973), 946–954.

Bringuier, J.-C., & Piaget, J. (1989). Conversations with jean piaget. University of Chicago Press.

Georgius Rocki A. dkk. (2014). Kemampuan siswa Kelas VIII dalam Menyelesaikan Soal-Soal TIMSS Tipe Penalaran. In prosiding seminar nasional sains dan pendidikan sains IX (Vol. 5, p. 1).

Ibrahim, S., Pd, M., & Suparni, M. P. (2012). Pembelajaran Matematika Teori dan Aplikasinya. Yogyakarta: SUKA-Press UIN Sunan Kalijaga.

Komang, N., Dwianjani, V., & Candiasa, I. M. (2018). Identifikasi Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. 2(2), 153–166.

Mawaddah, S., & Maryanti, R. (2016). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP dalam Pembelajaran Menggunakan Model Penemuan Terbimbing (Discovery Learning). EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 76–85. https://doi.org/10.20527/edumat.v4i1.2292

MAY MAHARENI, D., & Wijayanti, P. (2018). PROFIL SISWA SMP DALAM MEMECAHKAN SOAL TIMSS DITINJAU DARI TINGKAT ADVERSITY QUOTIENT. MATHEdunesa, 7(3).

Mullis, I. V. S., & Martin, M. O. (2017). TIMSS 2019 Assessment Frameworks. ERIC.

Mullis, I. V. S., Martin, M. O., Foy, P., & Arora, A. (2012). TIMSS 2011 international results in mathematics. TIMSS & PIRLS International Study Center Chestnut Hill, MA.

Mullis, I. V. S., Martin, M. O., Foy, P., & Hooper, M. (2015). TIMSS 2015 International Results in Mathematics.

Nasional, D. P. (2007). Pedoman Pembelajaran Kognitif di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Dirjen Manajemen Dikdasmen, Direktorat Pembinaan TK Dan SD.

Nuraini, Maimunah, & Roza, Y. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas VIII SMPN 1 Rambah Samo Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Numerical: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 3(1), 63–76.

Permendikbud. (2018). Permendikbud No. 37 Tahun 2018 Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pelajaran pada Kurikulum 2013 pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. 68.

Riswan. (2013). Pengelompokan Prestasi Matematika Siswa Indonesia Berdasarkan Hasil Survey Timss Menggunakan Analisis Logistik Kelas Laten. Dinamika Ilmu, 13(1), 67–87. http://journal.iain-samarinda.ac.id/index.php/dinamika_ilmu/article/view/66

Suwito, A. (2017). Analisis Berpikir Secara Geometri dalam Menyelesaikan Masalah Aljabar Pada Kelas VIII. Prosiding Seminar Nasional Etnomatnesia, 64–69.

UU RI No 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Indonesia, (2003).

Witri, G., Putra, Z. H., & Gustina, N. (2014). Analisis Kemampuan Siswa Sekolah Dasar Dalam Menyelesaikan Soal-Soal Matematika Model the Trends for International Mathematics and Scinece Study (Timss) Di Pekanbaru. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(1), 32. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v3i1.2111

Yufentya, W. E., Roza, Y., Riau, U., & Konsep, K. P. (2019). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa Kelas VIII SMP pada Materi Lingkaran. 2(3), 197–202.

Downloads

Published

2022-02-15

How to Cite

Prastiwi, S. (2022). Profil Kemampuan Kognitif Siswa SMP Berkemampuan Matematika Tinggi pada Materi Luas Gabungan Berdasarkan Domain TIMSS. Jurnal Pendidikan Matematika (JPM), 8(1), 47–60. https://doi.org/10.33474/jpm.v8i1.14066