Pengembangan Perangkat Pembelajaran Daring dengan Pendekatan Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Mahasiswa

Authors

  • Adi Candra Kusuma Politeknik Negeri Malang
  • Mochammad Junus Politeknik Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.33474/jpm.v8i1.14367

Keywords:

Problem Based Learning, Validasi, Praktis, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik

Abstract

Berbagai kendala dalam mempersiapkan pembelajaran dialami baik oleh mahasiswa maupun dosen. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh hasil pengembangan perangkat pembelajaran online dengan pendekatan Problem Based Learning pada mata kuliah matematika yang valid dan praktis. Metode penelitian yang digunakan adalah model penelitian dan pengembangan Plomp. Hasil validasi ahli dan rekan terhadap perangkat pembelajaran matematika seperti RPS (3,96), RPP (4,05), Bahan Ajar (4,08), LKS (4,11) dan soal (4,07) valid dengan kriteria baik). Hasil nilai uji kepraktisan dari rata-rata observasi pelaksanaan pembelajaran 76,9%, rata-rata respon angket mahasiswa 85,1%, rata-rata angket respon dosen 82,4% dan rata-rata observasi aktivitas kemampuan pemecahan masalah matematis 82%. Dari uji validitas dan uji kepraktisan bahwa pengembangan perangkat pembelajaran matematika yang dibuat dapat menunjukkan peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa terhadap pemecahan masalah non-rutin.

 

Various of obstacles in preparing learning experienced by both students and lecturers. The purpose of this study was to obtain the results of developing online learning tools with a Problem Based Learning approach in valid and practical mathematics courses. The research method used is the Plomp research and development model. The results obtained by experts and colleagues validation of mathematics learning tools such as RPS (3.96), RPP (4.05), Teaching Materials (4.08), Student Worksheets (4 .11) and the question (4.07) is valid with good criteria). The results of the practicality test score from the average observation of learning implementation 76.9%, the average student questionnaire response 85.1%, the average lecturer response questionnaire 82,4% and the average observation of mathematical problem solving ability activities 82%. From the validity and practicality test that the development of mathematics learning tools made can show an increase in students' mathematical problem solving abilities towards solving non-routine problems

References

Amalia, S. R., & Widodo, A. N. A. (2018). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Mahasiswa Melalui Model Pbl Berbasis Etnomatematika Ditinjau Dari Kepribadian Topologi Hippocrates Dan Galenus Tipe Cholearis Dan Phlegmantis. AKSIOMA : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 9(1), 1. https://doi.org/10.26877/aks.v9i1.2467

Belakang, A. L. (2006). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Dengan Menggunakan Pendekatan Saintifik Berbasis Problem Based Learning. 4, 102–114.

Cahyani, H., & Setyawati, R. W. (2016). Pentingnya Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Melalui PBL untuk Mempersiapkan Generasi Unggul Menghadapi MEA. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 151–160.

Harleni, S., & Susilawaty, E. (2018). Efektivitas Penggunaan Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Program Linier Dengan Memamfaatkan Software Qm Pada Mahasiswa Stkip Budidaya Binjai. Serunai : Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 3(2), 59–65. https://doi.org/10.37755/sjip.v3i2.38

Heikkilä, A., & Maijala, V. (2016). Heart failure patients’ experiences of mobile phone-based telemonitoring in self-care: a qualitative systematic review protocol. JBI Database of Systematic Reviews and Implementation Reports, 14(5), 68–74. https://doi.org/10.11124/JBISRIR-2016-001623

Kreano, J. (2012). Desain Model Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika. Kreano: Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 3(1), 59–72. https://doi.org/10.15294/kreano.v3i1.2613

Kusuma, A. C. (2020). The practicality of Problem Based Learning tools with a scientific approach to improve students ’ critical thinking ability. 9(1), 1–10. https://doi.org/10.15294/ujme.v9i1.37081

Lidinillah, D. A. M. (2013). Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning). Jurnal Pendidikan Inovatif, 5(1), 1–7.

Maryati, I. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Materi Pola Bilangan Di Kelas Vii Sekolah Menengah Pertama. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 63–74. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v7i1.342

Octaria, D., & Sari, E. F. P. (2017). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Mahasiswa Melalui Problem Based Learning (PBL). Prosiding Dosen Universitas Pgri Palembang, 16, 42–48.

PDPT UI. (2012). Materi Problem Based Learning ( PBL ). Program Dasar Pendidikan Tinggi Universitas Indonesia, 1–10.

Ramadhani, R., Umam, R., Abdurrahman, A., Syazali, M., Agustina, M., Saleh, M., Arsika, I. M. B., Sudiarawan, K. A., Dharmawan, N. K. S., Samsithawrati, P. A., Widhyaastuti, I. G. A. A. D., & Mahartayasa, M. (2019). Buku Pedoman Problem Based Learning. Jurnal Ilmiah Didaktika, 14(2), 164–173.

Rosydiana, A.-. (2017). Analisis Kemampuan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Berdasarkan Langkah Pemecahan Masalah Polya. Mathematics Education Journal, 1(1), 54. https://doi.org/10.22219/mej.v1i1.4550

Siahaan, T., & Sianipar, H. F. (2020). Peningkatan kemampuan pemecahan masalah mahasiswa pada matakuliah kalkulus diferensial melalui model problem based learning. 7(2), 150–155.

Syam, M., & Haryanto, Z. (2020). Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Mahasiswa pada Mata Kuliah Fisika Dasar di FKIP Universitas Mulawarman. Prosiding Seminar Nasional Fisika PPs …, 2. https://ojs.unm.ac.id/semnasfisika/article/view/12852

Undang-Undang RI. (2014). Kitab Undang-Undang Hukum Pidana. Kementerian Hukum Dan Hak Asasi Manusia, 1–104. sc.syekhnurjati.ac.id/esscamp/aturan/APARATUR_SIPIL_NEGARA_(ASN).pdf%5Cn

Yarmayani, A. (2016). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas Xi Mipa Sma Negeri 1 Kota Jambi. Jurnal Ilmiah Dikdaya, 6(2), 12–19.

Downloads

Published

2022-02-14

How to Cite

Kusuma, A. C., & Junus, M. (2022). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Daring dengan Pendekatan Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Matematika (JPM), 8(1), 37–46. https://doi.org/10.33474/jpm.v8i1.14367