Perbedaan Prestasi Belajar Dalam MEenyelesaikan Soal Matematika Tipe HOTS Ditinjau dari Tingkat Motivasi Belajar Siswa Kelas X-IPA SMA Negeri 17 Surabaya

Authors

  • Ardianik Ardianik Universitas Dr. Soetomo Surabaya
  • Sucipto Sucipto Universitas Dr. Soetomo Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.33474/jpm.v8i1.14382

Keywords:

Motivasi Belajar, Prestasi Belajar, Soal Matematika Tipe HOTS

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji dan membuktikan ada tidaknya perbedaan prestasi belajar dalam menyelesaikan soal matematika tipe HOTS antara motivasi tinggi, motivasi sedang, dan motivasi rendah pada siswa kelas X-IPA SMA Negeri 17 Surabaya. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian ekspos fakto (expost facto). Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas X-IPA SMA Negeri 17 Surabaya. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X-IPA di SMA Negeri 17 Surabaya yang berjumlah 85 siswa dan terbagi menjadi tiga tingkatan motivasi belajar yaitu motivasi tinggi, motivasi sedang, dan motivasi rendah. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu angket motivasi, metode tes, serta dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan adalah One-Way ANOVA Test. Hasil penelitian menunjukkan ada perbedaan prestasi belajar yang sangat signifikan dalam menyelesaikan soal matematika tipe HOTS antara motivasi tinggi, motivasi sedang, dan motivasi rendah pada siswa kelas X-IPA SMA Negeri 17 Surabaya, hal ini dibuktikan besarnya  probabilitas (Sig. 2- tailed) = 0,000 <  = 0,05 dan bahkan lebih kecil dari .

 

=====================================================

 

The purpose of this study was to test and prove whether there were differences in learning achievement in solving HOTS type math problems between high motivation, moderate motivation, and low motivation in class X-IPA students of SMA Negeri 17 Surabaya. The approach in this research is a quantitative research approach with the type of expost facto research. The population in this study were all students of class X-IPA SMA Negeri 17 Surabaya. The sampling technique used purposive sampling technique and the sample in this study were students of class X-IPA at SMA Negeri 17 Surabaya, totaling 85 students and divided into three levels of learning motivation, namely high motivation, medium motivation, and low motivation. Data collection methods used are motivation questionnaires, test methods, and documentation. The data analysis method used is One-Way ANOVA Test. The results showed that there was a very significant difference in learning achievement in solving HOTS type math problems between high motivation, moderate motivation, and low motivation in class X-IPA students of SMA Negeri 17 Surabaya, this was evidenced by the magnitude of the probability (Sig. 2-tailed) = 0.000 < α = 0.05 and even smaller than α = 0.01.

Author Biographies

Ardianik Ardianik, Universitas Dr. Soetomo Surabaya

FKIP Pendidikan Matematika Universitas Dr. Soetomo Surabaya

Sucipto Sucipto, Universitas Dr. Soetomo Surabaya

FKIP Pendidikan Matematika Universitas Dr. Soetomo Surabaya

References

Brookhart, S. M. (2010). How to Assess Hinger Other Thingking Skill in Your Classroom. Virginia: ASCD

Dimyati, M. (2014). Belajar Dan Pembelajaran, PT. Asdi Mahasatya: Rinneka Cipta.

Hamdi, A. S., & Bahruddin, E. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif Aplikasi Dalam Pendidikan. Deepublish.

Jaya, I. (2019). Penerapan Statistik Untuk Penelitian Pendidikan. Prenada Media.

Komariya, K., Farida, N., & Vahlia, I. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran FSLC Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau Dari Motivasi Belajar Siswa. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 7(1), 96-102.

Lomu, L., & Widodo, S. A. (2018, February). Pengaruh Motivasi Belajar Dan Disiplin Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Etnomatnesia.

Purwa Atmaja Prawira, P. A. (2017). Psikologi Pendidikan Dalam Perspektif Baru. Yogyakarta: Ar Ruzz Media.

Rosyadi (2016). Pengaruh Motivasi Dan Kebiasaan Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika. MATHLINE: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika. 1 (2): 149-162. ISSN: 2502-5872.

Rosyid, M. Z., Mansyur, M., IP, S., & Abdullah, A. R. (2019). Prestasi Belajar. Literasi Nusantara.

Sardiman A.M. (2012). Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Slameto. (2013). Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi. Jakarta : Rineka Cipta.

Suwartono. (2014). Dasar-Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Sudaryono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Sesanti, N.R & Ferdiani, R.D. (2017). Assesment Pembelajaran Matematika. Malang: Yayasan Edelweis.

Sani, R.A. (2019). Pembelajaran Berbasis HOTS (Higher Order Thinking Skill). Kota Tangerang: Tira Smart.

Suryapuspitarini, B. K., Wardono, W., & Kartono, K. (2018). Analisis Soal-Soal Matematika Tipe Higher Order Thinking Skill (HOTS) Pada Kurikulum 2013 Untuk Mendukung Kemampuan Literasi Siswa.

PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika (Vol. 1, pp. 876-884).

Ulya, H. (2016). Profil Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Bermotivasi Belajar Tinggi Berdasarkan Ideal Problem Solving. Jurnal Konseling Gusjigang, volume 2(1).

Uno, Hamzah B. (2019). Teori Motivasi dan Pengukurannya: Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Yenusi, dkk. (2019). Analisis Soal Latihan pada Buku Paket Matematika SMA yang Bersesuaian dengan Higher Order Tinking Skill. JHM: Jorunal of Honai Math. 2(1): 53-64. ISSN (p): 2615-2185 (e): 2516-2193.

Downloads

Published

2022-02-14

How to Cite

Ardianik, A., & Sucipto, S. (2022). Perbedaan Prestasi Belajar Dalam MEenyelesaikan Soal Matematika Tipe HOTS Ditinjau dari Tingkat Motivasi Belajar Siswa Kelas X-IPA SMA Negeri 17 Surabaya. Jurnal Pendidikan Matematika (JPM), 8(1), 01–08. https://doi.org/10.33474/jpm.v8i1.14382