Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Bilingual Berbasis Kearifan Lokal Kalimantan Selatan

Authors

  • Mayang Gadih Ranti UIN Antasari Banjarmasin

DOI:

https://doi.org/10.33474/jpm.v8i1.14922

Keywords:

perangkat pembelajaran, matematika bilingual, kearifan lokal

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangan perangkat pembelajaran matematika bilingual berbasis kearifan lokal kalimantan Selatan yang dilakukan untuk menjawab tantangan masa kini yaitu pentingnya mahasiswa memiliki kemampuan berbahasa  Inggris dan pentingnya menjaga kelestarian unsur-unsur kearifan lokal agar tidak tergerus di tengah era globalisasi. Penelitian ini merupakan penelitian Research & Development (R & D) yang menghasilkan produk berupa perangkat pembelajaran matematika bilingual berbasis kearifan lokal Kalimantan Selatan yann terdiri atas Rencana Pembelajaran Semester (RPS), Lembar Kerja Mahasiswa (LKM) dan Tes Hasil Belajar (THB) untuk mata kuliah Statistika Dasar. Perangkat pembelajaran disusun dalam dua bahasa yaitu Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia dan dengan mengintegrasikan nilai-nilai kearifan lokal Kalimantan Selatan didalamnya. Proses pengembangan dilakukan melalui 4 tahap sesuai model pengembangan 4-D yaitu Define, Design, Develop, dan Disseminate. Hasil penelitian menunjukkan perangkat pembelajaran matematika bilingual berbasis kearifan lokal yang dihasilkan termasuk kategori valid, praktis dan efektif.

Kata Kunci: perangkat pembelajaran, matematika bilingual, kearifan lokal

ABSTRACT

This study  aims to develop mathematics bilingual learning pack based on local wisdom  which was done to answer current challenges i.e the need of  English skill for students and  to maintain the local wisdom  in order not to be  eroded  in globalization era. This research was a research & development (R & D) which resulted mathematics bilingual learning pack based on South Kalimantan Local Wisdom consists of Semester Lesson Plan, Worksheet and Evaluation Test on Elemantary Statistics topic.The learning pack was arranged in two languages, English and Indonesian, and integrated South local wisdom on it. The development was done by four phases, Define, Design, Develop and Disseminate. The results show that bilingual mathematics learning pack based on South Kalimantan Local Wisdom was valid, practical and effective.

Keywords: Learning Pack, Bilingual Mathematics, Local Wisdom

References

Booker, G., Bond, D., & Seah, R. (2020). Teaching Primary Mathematics, Sixth Edition. Prince Hall.

Budiyono, S., & Astuti, E. P. (2017). Desain Model Pembelajaran Matematika Berbasis Budaya Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Surya Edukasi (JPSE), 3, 66–74.

EF EPI. (2020). EF English Profiency Index, A Rangking of 100 Countries and Regions by English Skills.

Fajarini, U. (2014). Peranan Kearifan Lokal Dalam Pendidikan Karakter. SOSIO DIDAKTIKA: Social Science Education Journal, 1(2). https://doi.org/10.15408/sd.v1i2.1225

Ferdianto, F., & Setiyani, S. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Media Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal Mahasiswa Pendidikan Matematika. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 2(1), 37. https://doi.org/10.33603/jnpm.v2i1.781

Gazali, R. Y. (2016). Pembelajaran Matematika Yang Bermakna. Math Didactic, 2(3), 181–190. https://doi.org/10.33654/math.v2i3.47

Handayani, S. (2016). Pentingnya Kemampuan Berbahasa Inggris Sebagai Dalam Menyongsong Asean. Ikatan Sarjana Pendidikan Indonesia (ISPI) Jawa Tengah, 3(1), 102–106. http://ispijateng.org/wp-content/uploads/2016/05/PENTINGNYA-KEMAMPUAN-BERBAHASA-INGGRIS-SEBAGAI-DALAM-MENYONGSONG-ASEAN-COMMUNITY-2015_Sri-Handayani.pdf

Kartika, T. (2016). Verbal Communication Culture and Local Wisdom: The Value Civilization of Indonesia Nation. Lingua Cultura, 10(2), 89. https://doi.org/10.21512/lc.v10i2.1424

Lee, C. (2006). Language for Learning Mathematics, Assesment for Learning in Practice. Open University Press.

Nieveen, N. (2010). Formative Evaluation in Educational Design, Research. Netzodruk Enschede.

Reddy, M. S. (2016). Importance of English Language in today’s World. International Journal of Academic Research, 3(4), 2348–7666. www.ijar.org.in

Saputro, B. (2017). Manajemen Penelitian Pengembangan (Research & Development) bagi Penyusun Tesis dan Disertasi. In Journal of Chemical Information and Modeling (Vol. 53, Issue 9).

Thiagarajan, S., Semmel, D. ., & Semmel, M. . (1974). Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Childern. Indiana University.

Wandini, R. R., & Banurea, O. K. (2019). Pembelajaran Matematika Untuk Calon Guru MI/SD (Issue 57). CV. Widya Puspita. https://core.ac.uk/download/pdf/196543227.pdf

Wiratini, N. P., Suparta, I. N., & Sadra, I. W. (2013). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Bilingual Tipe Partial Immersion Dengan Setting Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD. E-Journal Program Pasca Sarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi Pendiikan Matematika, 2.

Downloads

Additional Files

Published

2022-02-14

How to Cite

Ranti, M. G. (2022). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Bilingual Berbasis Kearifan Lokal Kalimantan Selatan. Jurnal Pendidikan Matematika (JPM), 8(1), 27–36. https://doi.org/10.33474/jpm.v8i1.14922