Pengembangan E-Modul Logika Matematika Dengan Heyzine untuk Menunjang Pembelajaran di SMK

Authors

  • Ni Ketut Erawati Universitas PGRI Mahadewa Indonesia
  • Ni Kadek Rini Purwati Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas PGRI Mahadewa Indonesia
  • I Dewa Ayu Putri Diah Saraswati Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas PGRI Mahadewa Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33474/jpm.v8i2.16245

Keywords:

Modul digital, E-modul, Heyzine, penelitian pengembangan

Abstract

Modul adalah salah satu sumber belajar. Oleh karena itu perlu disusun suatu modul yang dapat digunakan secara mudah dan praktis. Oleh karena itu tujuan penelitian ini adalah mengembangkan e-modul (modul digital) matematika dengan heyzine yang valid dan layak digunakan dalam pembelajaran. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Desain pengembangan yang digunakan adalah Model Plomp. Adapun tahapan-tahapan dalam pengembangan yaitu: penelitian awal, fase pengembangan, dan fase penilaian. Uji coba lapangan dilakukan pada siswa kelas XI SMK N 1 Denpasar. Hasil pengembangan e-modul menunjukkan rata-rata skor dari tiga validator sebesar 85% yang masuk dalam kategori sangat valid. Hal ini berarti e-modul yang dikembangkan layak digunakan dalam pembelajaran oleh guru dan siswa. Hasil uji kepraktisan dari sisi siswa menunjukkan angka sebesar 90% dan dari sisi guru sebesar 96% dengan kategori sangat praktis. Berdasarkan hasil evaluasi dengan melihat hasil belajar siswa menunjukkan semua siswa tuntas dengan nilai di atas KKM yaitu 76 sehingga dapat disimpulkan bahwa e-modul logika matematika sangat efektif.  Berdasarkan hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa e-modul yang dihasilkan valid, praktis, dan efektif. Kelebihan e-modul yang dikembangkan adalah e-modul dilengkapi dengan soal online melalui tautan yang diberikan, sehingga dapat memberikan umpan balik secara langsung pada siswa. 

Author Biography

Ni Ketut Erawati, Universitas PGRI Mahadewa Indonesia

Pendidikan Matematika

References

Ariskasari, D. (2019). Pengembangan Modul Matematika Berbasis Problem Solving Polya Pada Materi Vektor [Universitas Islam Negeri Raden Intan]. In Repository uin. http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/5473

Hasanah, A. P. (2021). Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Etnomatematika Pada Materi Bangun Ruang Kelas V Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa SD [Universitas Muhammadiyah Mataram]. http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/2341

Laili, I., Ganefri, & Usmeldi. (2019). Efektivitas Pengembangan E-modul Project Based Learning Pada Mata Pelajaran Instalasi. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 3, 306–315.

https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JIPP/article/download/21840/13513

Plomp, T., & Nieveen, N. (2013). Educational Design Research Educational Design Research. Netherlands Institute for Curriculum Development: SLO, 1–206. http://www.eric.ed.gov/ERICWebPortal/recordDetail?accno=EJ815766

Prastowo, A. (2015). Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Tematik Terpadu: Implementasi Kurikulum 2013 untuk SD/MI (1st ed.). Prenadamedia Group.

Rahmawati, OI., et al. 2021. Motivating Students to Read Uses Online Digital Module. Prosiding Nasional Pendidikan. LPPM IKIP PGRI Bojonegoro Vol. 2, No. 1. https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/Prosiding/article/view/1167

Ramadhan, I. R. (2019). Efektivitas Modul Pembelajaran Sejarah Mohammad Husni Thamrin Untuk Meningkatkan Kesadaran Politik Siswa. Jurnal Historia, 7(1), 117–130. https://doi.org/10.24127/hj.v7i1.1638.

Rosler, R. A. (2016). Independence Pending: Teacher Behaviors Proceding Learner Problem Solving Journal of Reserch in Music Education, 4(64), 454-473. https://doi.org/10.1177/0022429416672858.

Samsinar, S. 2019. Urgensi Learning Resources (Sumber Belajar) Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. Didaktika : Jurnal Kependidikan, Fakultas Tarbiyah Iain Bone, Vol. 13, No. 2.

https://jurnal.iain-bone.ac.id/index.php/didaktika/article/view/959

Saraswati, R. R., & Salsabila, E. (2021). Pengembangan LKPD Digital Berbasis HOTS Pada Materi Dimensi Tiga. 6(2), 17–25. https://ejurnal.kpmunj.org

Wijayanti, N. P. A., Damayanthi, L. P. E., Sunarya, I. M. G., & Putrama, I. M (2016). Pengembangan E-Modul Berbasis Project Based Learning Pada Mata Pelajaran Simulasi Digital Untuk Siswa Kelas X Studi Kasus di SMK Negeri 2 Singaraja. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 13(2), 184–197. https://doi.org/10.23887/jptk-undiksha.v13i2.8526

Downloads

Published

2022-08-29

How to Cite

Erawati, N. K., Purwati, N. K. R., & Saraswati, I. D. A. P. D. (2022). Pengembangan E-Modul Logika Matematika Dengan Heyzine untuk Menunjang Pembelajaran di SMK. Jurnal Pendidikan Matematika (JPM), 8(2), 71–80. https://doi.org/10.33474/jpm.v8i2.16245