ANALISIS MULTIPLE INTELLIGENCES TERHADAP KECENDERUNGAN MINAT MAHASISWA PASCA STUDI DENGAN METODE HONGARIAN
DOI:
https://doi.org/10.33474/jpm.v2i2.178Keywords:
Multiple Intelligences, Minat Mahasiswa, Pasca Studi, Metode HongarianAbstract
Perguruan tinggi harus mereformulasi visi, misi dan tradisi yang berorientasi pada efisiensi dan profesionalisme guna membangun dan menghasilkan lulusan yang kompetitif. Universitas Islam Malang, termasuk di dalamnya Program Studi Pendidikan Matematika merupakan salah satu lembaga pendidikan yang turut andil dalam menyiapkan generasi unggul yang mampu bersaing. Setiap orang mempunyai cara yang unik untuk menyelesaikan persoalan yang dihadapinya. Mahasiswa termasuk individu unik yang mempunyai eksistensi dan memiliki jiwa sendiri, serta mempunyai hak untuk tumbuh dan berkembang secara optimal sesuai dengan iramanya masing-masing yang khas yang dinamakan potensi kecerdasan. Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Islam Malang memiliki tantangan untuk bisa menghasilkan tenaga terampil yang dibutuhkan oleh lapangan kerja dan menghasilkan inovasi yang bisa memberikan manfaat ekonomis secara langsung bagi masyarakat. Tentu, hal ini akan sangat dipengaruhi oleh faktor multiple intelligences yang menjadi kecenderungan setiap individu. Dalam tulisan ini, peneliti melakukan kajian multiple intelligences terhadap kecenderungan minat mahasiswa pasca studi dengan analisis Metode Hongarian.
Kata Kunci: Multiple Intelligences, Minat Mahasiswa, Pasca Studi, Metode HongarianReferences
Anonim. 2015. Mendorong Perguruan Tinggi dalam Rangka Menghadapi MEA. http://www.ristek.go.id/index.php/module/News+News/id/15207. Diakses 15 April 2015.
Anton, Howard. 2010. Elementary Linear Algebra: Applications Version. Wiley.
Armstrong, T. 2010. Multiple Intelligences. http://www.thomasarmstrong.com/multiple_intelligences.htm. Diakses 2 April 2015.
Bogdan, R. C. & Biklen, S. K. 1998. Qualitative Research for Education: An Introduction to Theory and Methods. Boston: Allyn & Bacon.
Danim, S. 2008. Menjadi Peneliti Kualitatif. Bandung: Pustaka Setia.
Gardner, H. 2015. Multiple Intelligence Theory http://www.multipleintelligencetheory.co.uk/. Diakses 12 April 2015
Hamid, E.S. 2015. SDM Perguruan Tinggi Menghadapi MEA 2015. http://www.koran-sindo.com/read/955748/149/sdm-perguruan-tinggi-menghadapi-mea-2015-1422248206. Diakses 25 Februari 2015.
Howard, G. 2010. Multiple Intelligences. http://www.howardgardner.com/MI/mi.html. Diakses 2 April 2015
Jasmine, J. 2007. Professional’s Guide: Teaching with Multiple Intelligences. Bandung: Nuansa.
Musrifoh, T. 2008. Cara Cerdas Belajar Sambil Bermain. Bandung: PT. Grasindo.
Nuh, M. 2013. Menyemai Kreator Peradaban (Renungan tentang Pendidikan, Agama, dan Budaya). Jakarta: Zaman.
Peraturan Presiden RI Nomor 8 Tahun 2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI)
Prasetyo, J.R. & Andriani Y. 2009. Multiply Your Multiple Intelligences (Melatih 8 Kecerdasan Majemuk pada Anak dan Dewasa). Yogyakarta: Andi
Rosalin, E. 2010. “Membangun Competitive Advantage Perguruan Tinggi dalam Menghadapi Tantangan dan Perubahan Abad 21â€. Jurnal Manajemen Pendidikan. No. 02/Tahun VI/Oktober 2010.
Sugiyono. 2007. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Susanto, H. 2005. “Penerapan Multiple Intelligences dalam Sistem Pembelajaran†dalam Jurnal Pendidikan Penabur, No. 04/Th. IV/ Juli.
Tim Penyusun. 2014. Pedoman Kurikulum Berbasis Kompetensi Selaras Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Islam Malang. Malang: Universitas Islam Malang.
Tim Penyusun. 2014. Pedoman Pendidikan Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Malang. Malang: Unisma.
Wiryandani, D. 2014. “Peluang dan Tantangan SDM Indonesia menyongsong Era Masyarakat Ekonomi ASEANâ€. Info Singkat Ekonomi dan Kebijakan Publik. Vol. VI, No. 17/I/P3DI/September/2014