PEMBELAJARAN TEMATIK PADA PENJUMLAHAN BILANGAN KELAS I SEKOLAH DASAR

Authors

  • Ari Indriani Program Studi Pendidikan Matematika IKIP PGRI Bojonegoro

DOI:

https://doi.org/10.33474/jpm.v2i2.194

Keywords:

pembelajaran tematik, penjumlahan bilangan

Abstract

Masalah yang ingin diteliti adalah adalah bagaimana pembelajaran tematik pada penjumlahan bilangan kelas I Sekolah Dasar? Dengan demikian tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pembelajaran tematik pada penjumlahan bilangan kelas I Sekolah Dasar. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kualitatif, dengan subyek penelitian  siswa kelas I Sekolah Dasar Negeri 3 Kunduran Blora. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi dan metode dokumentasi. Teknik analisisnya adalah analisis data kualitatif model Miles dan Hubermen, yaitu tahap reduksi data, tahap penyajian data, dan tahap pengambilan keputusan/verifikasi. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah pembelajaran tematik cocok digunakan untuk mengajarkan penjumlahan di kelas I Sekolah Dasar. Hal ini dikarenakan siswa kelas I Sekolah Dasar cara berpikirnya masih konkret operasional, di mana dalam proses pembelajaran harus mengaitkan dengan kehidupan sehari-hari.

Kata Kunci : pembelajaran tematik, penjumlahan bilangan

References

Akbar, S., Sutama, I. W., Pujianto. 2010. Pengembangan Model Pembelajaran Tematik Untuk Kelas I dan Kelas II Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Volume 17 Nomor 1, Universitas Negeri Malang.

Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Desmita. 2009. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Haji, S. 2009. Dampak Penerapan Pendekatan Tematik Dalam Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Volume 10 Nomor 1, Universitas Bengkulu.

Masdiana, Budiarsa, I. M., Lamba, H. A., .2014. Penerapan Pembelajaran Tematik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Materi Pada Lingkungan Siswa Kelas I SDN 018 Letawa Kecamatan Sarjo Kabupaten Mamuju Utara. Jurnal Kreatif Tadulako Online Volume 3 Nomor 2, Universitas Tadulako.

Purwoto, N. 2008. Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: Remaja RoSekolah Dasarakarya.

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.

Sukini. 2012. Pembelajaran Tematik Di sekolah Dasar Kelas Rendah Dan Pelaksanaannya. Jurnal Magistra Nomor 82 Tahun XXIV, Unwidha Klate

Downloads

Published

2017-03-16

How to Cite

Indriani, A. (2017). PEMBELAJARAN TEMATIK PADA PENJUMLAHAN BILANGAN KELAS I SEKOLAH DASAR. Jurnal Pendidikan Matematika (JPM), 2(2), 141–146. https://doi.org/10.33474/jpm.v2i2.194