PSEUDO KECEMASAN MATEMATIKA
DOI:
https://doi.org/10.33474/jpm.v2i2.197Keywords:
Kecemasan Matematika, Ketidakmampuan belajar MatematikaAbstract
Kecemasan Matematika merupakan salah satu faktor psikologis yang menentukan keberhasilan seseorang dalam belajar matematika pada setiap jenjang usia. Menurut hasil observasi dan wawancara yang dilakukan oleh peneliti pada 128 mahasiswa di salah satu universitas di Malang, peneliti menemukan mahasiswa dengan berbagai karakteristik yang mengarah pada kecemasan Matematika. Ada 3 macam karakteristik kecemasan Matematika, yakni: Karakteristik perilaku, fisik, dan kognitif .  Berdasarkan temuan-temuan yang mengarah pada kecemasan Matematika tersebut, peneliti mencoba melakukan observasi lebih lanjut. Hasilnya, gejala-gejala kecemasan Matematika yang dialami oleh sebagaian mahasiswa ternyata tidak lagi nampak saat mereka berinteraksi dengan Matematika di luar kelas. Hal inilah yang selanjutnya dikatakan sebagai kecemasan Matematika semu (Pseudo), yakni mahasiswa yang menunjukkan gejala-gejala perilaku, fisik dan/atau kognitif kecemasan Matematika hanya pada saat-saat tertentu.
Â
Kata Kunci: Kecemasan Matematika, Ketidakmampuan belajar MatematikaReferences
Arem, Cintya. (2010). Conquering Math Anxiety. Brooka/Cole Cengage Learning Canada
Beilock, Sian & Willingham. (2008). Female Teachers Math Anxiety Impacts Girls Math Achievement.
Bradley MM, Lang PJ. 1999. Affective Norms for English Words. Gainesville: University of Florida, NIMH Center for the Study of Emotion and Attention.
Fox, N.A. (1977). Pictures to see and pictures to touch. In D. Perkins and B. Leondar (Eds.), The Arts and Cognition. Johns Hopkins University Press, Baltimore, MD. (pp. 118-135).
Lyons,I.M.,and Beilock,S.L.(2012).When math hurts: math anxiety predicts pain network
activati on inanticipation of doing math. PLoSONE 7:e48076.doi:10.1371/ journal.pone.0048076
Richardson, F. C., & Suinn, R. M. (1972). Effects of two short-term desensitization methods in the treatment of test anxiety: Journal of Counseling Psychology Vol 21(5) Sep 1974, 457-458.
Tobias, S. (1978). Overcoming math anxiety. New York: Norton.
Wang,Z.,Hart,S.A.,Kovas,Y.,Lukowski,S.,Soden,B.,Thompson,L.A., etal.(2014).Who is Afraid of math? Two sources of genetic variance for mathematical anxiety. J.Child Psychol. Psychiatry 55,1056–1064.doi:10.1111/ jcpp.12224
Young, M. J., Morris, M. W., Burrus, J., Krishnan, L., & Regmi, M. P. (2012). Deity and destiny: Patterns of fatalistic thinking in Christian and Hindu cultures. Journal of Cross-Cultural Psychology, 42, 1032-1055