Kemampuan Literasi Numerasi pada Soal Cerita Penjumlahan Ditinjau dari Kemampuan Matematis Siswa Kelas 1 SD

Authors

  • Juniar Sandrawati universitas muhammadiyah surabaya
  • Kunti Dian Ayu Afiani
  • Lilik Binti Mirnawati Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Muhammadiyah Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.33474/jpm.v9i2.19884

Keywords:

LITERASI NUMERASI SOAL CERITA MATEMATIKA, Literasi Numerasi, Soal Cerita, Kecemasan Matematika

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan literasi numerasi siswa SD pada soal cerita penjumlahan yang dilihat dari kemampuan matematika siswa dan untuk mengetahui indicator literasi numerasi yang paling dikuasai oleh siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Penelitian ini dilakukan di sekolah dasar Muhammadiyah 26 Surabaya. Dalam menyelesaikan soal ketiganya memiliki cara yang berbeda. Metode pengumpulan data dimulai dengan observasi pembelajaran dan juga dalam mengerjakan soal, peneliti kemudian dilanjut dengan wawancara kepada siswa dan guru kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan pada ketiga level keterampilan literasi numerasi tersebut. Siswadengan kemampuan matematika rendah tidak mampu menjawab pertanyaan dan perlu bergantung pada orang lain dan guru untuk memecahkan masalah mereka, sedangkan siswadengan kemampuan matematika tinggi dan menengah mampu melakukannyadengan cara yang terstruktur sertadapat memecahkan masalah. Siswadengan kemampuan matematika yang berbeda tidak melakukan yang terbaikdengan representasi visual yang hanya menjelaskan solusi. Hasil ini menunjukkan perlunya inovasi melalui penggunaan model, strategi, dan metode pembelajaran yang kreatif bernuansa kontekstual. Siswa juga harus dilatih untuk memecahkan masalah matematika. Simpulan dari penelitian ini ialah dari 3 indikator yang digunakan sebagai bahan acuan penelitian ini terdapat perbedaan terhadap siswa yang memiliki kemampuan matematika rendah, menengah dan tinggi.

References

Afiani, K. D. A. (2020). Implementasi Kultur Literasi dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas III di Era Revolusi Industri 4.0.238-244.

Afiani, K. D. A., &Faradita, M. N. (2021). Analisis Aktivitas Siswa dalam Pembelajaran Daring Menggunakan Ms. Teams pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD),9(1),16–27. https://ejournal.umm.ac.id/index.php/jp2sd/article/view/15971

Amir, A. (2014). Pembelajaran Matematika SD dengan Menggunakan Media Manipulatif. Jurnal Forum Paedagogik, VI(01), 72–89.

Kemdikbud. (2021). Yuk Mengenal 6 Literasi Dasar Yang Harus Kita Ketahui dan Miliki. Http://ditpsd.kemdikbud.go.id/. http://ditpsd.kemdikbud.go.id/artikel/detail/yuk-mengenal-6-literasi-dasar-yang-harus-kita-ketahui-dan-miliki

Kemendikbudristek. (2021). Modul LiterasiNumerasi Di Sekolah Dasar. Modul LiterasiNumerasi Di Sekolah Dasar, 1, 22. http://ditpsd.kemdikbud.go.id/upload/filemanager/2021/06/2 Modul Literasi Numerasi.pdf

Kharizmi, M. (2015). Feldpostbrief des Staatlichen Gymnasiums Dresden-Neustadt. Jupendas: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(2), 11–21.

Moleong, L. J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif(38th ed.). PT RemajaRosdakarya.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (Cetakake-). Penerbit Alfabeta.

OECD. (2019). PISA 2018 Assessment Framework Key Competencies in Reading,Mathematics and Science. Paris: OECD Publishing.

Perdana, R., & Suswandari, M. (2021). Literasi Numerasi Dalam Pembelajaran Tematik Siswa Kelas Atas Sekolah Dasar. Absis: Mathematics Education Journal, 3(1), 9–15.

Pratiwi, D. A. (2020). Universitas Pendidikan Indonesia | repository.upi.edu | perpustakaan.upi.edu. 2007, 1–5.

Rahayu, T. (2016). Penumbuhan budi pekerti melalui gerakan litarasi sekolah. The Progressive and Fun Education Seminar , 179–183.

Rosmawati. (2020). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa SD Dalam Menyelesaikan Soal Open-Ended 740/s1/pgsd-kcbd/23/8/2020

Saputro, R. (2018). Analisis Kemampuan Literasi Matematika Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Tipe Pisa 2015 (Skripsi). Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Sukmawati, L. (2021). Analisis Literasi Numerasi Melalui Penggunaan Media Lidimatika Untuk Menyelesaikan Soal Cerita Materi Perkalian Kelas Iii Sd Negeri 1 TemonTahunpelajaran 2020/2021. Pacitan: Stkip Pgri Pacitan, 2021

Telaumbanua, Y. (2020). Efektifitas Penggunaan Alat Peraga Pada Pembelajaran Matematika Pada Sekolah Dasar Pokok Bahasan Pecahan. Dosen Ikip Gunungsitoli.

Downloads

Published

2023-08-10

How to Cite

Sandrawati, J., Afiani, K. D. A., & Mirnawati , L. B. (2023). Kemampuan Literasi Numerasi pada Soal Cerita Penjumlahan Ditinjau dari Kemampuan Matematis Siswa Kelas 1 SD. Jurnal Pendidikan Matematika (JPM), 9(2), 199–211. https://doi.org/10.33474/jpm.v9i2.19884