Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Mathcitymap dalam Kemampuan Pemecahan Masalah Berbasis Etnomatematika Konteks Benteng Vredeburg Yogyakarta

Authors

  • Gabriela Alvina Maheswari Universitas Sanata Dharma
  • Endah Saraswati
  • Marcellinus Andy Rudhito

DOI:

https://doi.org/10.33474/jpm.v9i2.20037

Keywords:

Pengembangan, Aktivitas Belajar, Etnomatematika, MathCityMap

Abstract

Teknologi yang ada di Indonesia semakin berkembang pada abad 21 ini. MathCityMap merupakan salah satu perkembangan teknologi yang dapat membantu peserta didik dalam pembelajaran matematika. Kemampuan pemecahan masalah merupakan salah satu masalah yang ada di pembelajaran matematika. Peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa dengan konteks pembelajaran menggunakan MathCityMap berbasis Etnomatematika. Konteks yang diangkat pada penelitian ini adalah penggunaan MathCityMap berbasis Etnomatematika pada Benteng Vredeburg Yogyakarta. Benteng Vredeburg ini merupakan wisata yang tengah digandrungi oleh anak muda karena situasi yang ada di benteng Vredeburg Yogyakarta yang bergaya vintage dapat digunakan swafoto atau pemotretan untuk kegiatan tertentu. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau biasa disebut Research and Development (R&D). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah ADDIE. Metode ADDIE terdiri dari 5 tahap yaitu Analysis, Design, Development, İmplementation, dan Evaluation. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan media pembelajaran dengan menggunakan MathCityMap bagi peserta didik tingkat SMP.  Hasil dari penelitian ini adalah pengembangan MathCityMap dengan menggunakan konteks benteng Vredeburg yang telah diuji coba oleh teman sejawat dengan rata-rata hasil penilaian  adalah 4,56 dari 5 termasuk dalam kategori sangat baik. Oleh karena itu, MathCityMap yang dikembangkan oleh peneliti dapat digunakan dalam pembelajaran matematika.

References

Apriliyani, S. W., & Mulyatna, F. (2021). Flipbook E-LKPD dengan Pendekatan Etnomatematika pada Materi Teorema Phytagoras. Seminar Nasional Sains, 2(1), 491–500.

Arafani, E. L., Herlina, E., & Zanthy, L. S. (2019). Peningkatan Kemampuan Memecahkan Masalah Matematik Siswa SMP Dengan Pendekatan Kontekstual. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 323–332. https://doi.org/10.31004/cendekia.v3i2.112

Ariawan, R., & Nufus, H. (2017). Hubungan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dengan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Jurnal THEOREMS (The Original Research of Mathematics), 1(2), 82–91

Fitriana, A., Rieswansyah, P., & Fitriyanti, D. (2022). Kegiatan preservasi di Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta sebagai salah satu upaya pelestarian pengetahuan masa lampau. Al-Kuttab: Jurnal Kajian Perpustakaan, Informasi Dan Kearsipan, 4(1), 79–90.

Hanifah, H., Supriadi, N., & Widyastuti, R. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran E-learning Berbantuan Media Pembelajaran Edmodo Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik. NUMERICAL: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 3(1), 31–42. https://doi.org/10.25217/numerical.v3i1.453

Ismaya, B. F., Cahyono, A. N., & Mariani, S. (2018). Kemampuan Penalaran Matematika dengan Math Trail Project berbantuan MathCityMap. Seminar Nasional Pendidikan Matematika Ahmad Dahlan, November 2020, 17–26. https://www.researchgate.net/profile/Bayu-Fajar-Ismaya/publication/346407893_Kemampuan_Penalaran_Matematika_dengan_Math_Trail_Project_berbantuan_MathCityMap/links/5fc05675458515b797772bb5/Kemampuan-Penalaran-Matematika-dengan-Math-Trail-Project-berbantuan

Jainuri, M. (2014). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Acamedia, 1(1), 1–8.

Kumala, F. Z. (2022). Etnomatematika: Eksplorasi pembuatan tahu khas Kalisari Kabupaten Banyumas sebagai sumber pembelajaran matematika. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 5(1), 127–137.

Mawaddah, S., & Anisah, H. (2015). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Pada Pembelajaran Matematika dengan Menggunakag) di SMPn Model Pembelajaran Generatif (Generative Learning) di SMP. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 166–175. https://doi.org/10.20527/edumat.v3i2.644

Melasevix, E., Asnawi, H. A., Alami, J. J. N., Masynuah, I. H., Putra, R. A. N., & Darmadi, D. (2021). Penerapan Pembelajaran Kontekstual Dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika di MTs Ma’arif Bandar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 3(2), 117–121. https://doi.org/10.31004/jpdk.v3i2.1828

Samo, D. D. (2017). Kemampuan pemecahan masalah matematika mahasiswa tahun pertama dalam memecahkan masalah geometri konteks budaya. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 4(2), 141. https://doi.org/10.21831/jrpm.v4i2.13470

Mukhni, Armiati, & Febrianti, H. (2013). Efektivitas Penerapan Pendekatan Kontekstual dalam Meningkatkan Siswa Kelas VIII SMPN 9 Padang. Prosiding Semirata, 583–590.

Suryaningsih, C., & Munahefi, D. N. (2021). Penerapan Puzzle Bernuansa Etnomatematika Melalui Permainan Engklek pada Materi Bangun Datar. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 4, 111–118. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/45008

Susanto, J. (2011). Keefektifan Model Pembelajaran Kontekstual dengan pendekatan open ended dalam aspek penalaran dan pemecahan masalah pada materi segitiga di kelas VII. Phys. Rev. E, 1, 18–41. http://www.ainfo.inia.uy/digital/bitstream/item/7130/1/LUZARDO-BUIATRIA-2017.pdf

Yanti, D., Fauziyah, A., & Friansah, D. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kontekstual Terhadap Kemampuan Koneksi Matematika Siswa Kelas X Sma Negeri 4 Lubuklinggau Tahun Pelajaran 2015/2016 . Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 139–150.

Downloads

Published

2023-08-10

How to Cite

Gabriela Alvina Maheswari, Endah Saraswati, & Marcellinus Andy Rudhito. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Mathcitymap dalam Kemampuan Pemecahan Masalah Berbasis Etnomatematika Konteks Benteng Vredeburg Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Matematika (JPM), 9(2), 187–198. https://doi.org/10.33474/jpm.v9i2.20037