Identifikasi Diskalkulia pada Anak Berkebutuhan Khusus Tunarungu dalam Mengenal Bilangan

Authors

  • Kurnia Faradhilla Ruslini Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas PGRI Argopuro Jember
  • Lutfiyah Lutfiyah Universitas PGRI Argopuro Jember
  • Dwi Noviani Sulisawati Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas PGRI Argopuro Jember

DOI:

https://doi.org/10.33474/jpm.v9i2.20061

Keywords:

Anak Berkebutuhan Khusus, Tunarungu, Disklakulia

Abstract

Anak Berkebutuhan Khusus adalah anak yang dalam pendidikan memerlukan pelayanan yang spesifik, berbeda dengan anak pada umumnya. Ketunaan anak berkebutuhan khusus dibagi menjadi beberapa golongan antara lain: tunanetra, tunarungu, tunagrahita, tunadaksa, dan autis. Anak tunarungu akan memiliki hambatan dalam komunikasi verbal/lisan, baik itu secara ekspresif maupun reseptif. Dalam hal tersebut anak berkebutuhan khusus terlebih tunarungu dalam pendidikannya juga mengalami kesulitan belajar. Kesulitan belajar yang terkait dengan perhitungan matematika dinamakan diskalkulia. Mengenal bilangan merupakan salah satu kesulitan belajar matematika yang dialami oleh siswa tunarungu. Untuk mengetahui diskalkulia pada anak berkebutuhan khusus tunarungu dalam mengenal bilangan maka peneliti mengambil penelitian tersebut. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskripsi dengan pendekatan kualitatif. Adapun subjek penelitian ini yaitu siswa kelas 3 golongan tunarungu di SLB Negeri Branjangan Jember tahun ajaran 2022/2023 sebanyak 2 siswa. Hasil penelitian akan mengidentifikasi disklakulia pada anak berkebutuhan khusus tunarungu dalam mengenal bilangan secara individu yang didapatkan dari data observasi, tes, dan wawancara. Hasil penelitian ini yaitu pada S1 diskalkulia yang sesuai dengan karakteristik diskalkulia yaitu gangguan persepsi visual. Sedangkan S2 memiliki diskalkulia pada jenis diskalkulia yaitu diskalkulia verbal dan karakteristik diskalkulia yaitu gangguan perhatian.

References

Adhim, J., & Yuliati. (2019). Identifikasi Anak Berkesulitan Belajar Matematika (Dikalkulia) di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Khusus, 1-11.

Aini, E., Komarudin, & Masykur, R. (2018). Handout Matematika Berbantuan Etnomatematika Berbasis Budaya Lokal. Desimal: Jurnal Matematika Volume 1 Nomor 1, 73-79.

Amanah, R. H. (2018). Profil Kolaborasi Siswa Diskalkulia dalam Menyelesaikan Soal Berfikir Tingkat Tinggi. Jember: Universitas Jember.

Berkowitz, Edelsbrunner, P., & Stern, E. (2022). The Relation between Working Memory and Mathematics Performance among Students in Math-Intensive STEM Programs. Intelligence Volume 92.

Cahyaningrum, R. (2012). Tinjauan Psikologi Kesiapan Guru dalam Menangani Peserta Didik Berkebutuhan Khusus pada Program Inklusi Studi Deskriptif di SD dan SMP Sekolah Alam Ar-Ridho. Educational Psychology Journal, 1-10.

Damayanti, R. (2020). Analisis Kesulitan Belajar Matematika pada Siswa Dyscalculia dalam Menyelesaikan Soal Operasi Bilangan Bulat. Tegal: Universitas Pancasakti Tegal.

Fitriani, R. M., Salsabila, Fauzan, Y., Hayatun N.S., S., Anggita P., K., Millenia D., J., . . . Nurfadillah, S. (2021). Analisis Pembelajaran Anak Aphasia dan Diskalkulia Pada Siswa di SD N Jatake 4. Jurnal Pendidikan dan ILmu Sosial Volume 3 Nomor 3, 506-513.

Hanifah, D., Haer, A., Widuri, S., & Santoso, M. (2021). Tantangan Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) dalam Menjalani Pendidikan Inklusi di Tingkat Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, 473-483.

Hidayatulloh , A., Rifai, F., Haq, M., Pudjoatmodjo, B., & Cahyana. (2015). Aplikasi Terapi Matematika untuk Anak Disklakulia. Jurnal Proyek Akhir, 1-6.

Laiyan, T. (2022). Pengembangan Pembelajaran Kreatif dan Inovatif untuk Anak Berkebutuhan Khusus di ALam Terbuka. Jurnal Pelayanan Pastoral Volume 3 Nomor 1, 71-76.

Lopes-Silva, J., Moura, R., Julio-Costa, A., Haase, V., & Wood, G. (2014). Phonemic Awareness as a Pathway to Number Transcoding. Frontiers in Psychology.

Lutfiyah, Sulisawati, D., & Djamali, M. (2020). Analisis Kemampuan Dasar Matematika Upaya Meningkatkan Kualitas Mahasiswa Baru FPMIPA. Journal of Education and Learning Mathematics Research (JELMaR) Volume 1 Number 1, 74-83.

Nofiaturrahmah , F. (2018). Probelematika Anak Tunarungu dan Cara Mengatasinya. Quality Volume 6 Nomor 1, 1-15.

Nurfadhillah, S., Khansa, A. M., Firstariza, A., Amelia, D. A., Rafiqh, R., & Fauziah, R. N. (2021). Analisis Pembelajaran Anak Aphasia dan Diskalkulia pada Siswa Kelas 4 di SD Negeri Tegal Alur 02 Pagi. Jurnal Manajemen dan Pendidikan Dasar Volume 1 Nomor 1, 87-96.

Patricia, F. A., & Zamzam, K. F. (2019). Diskalkulia (Kesulitan Matematika) Berdasarkan Gender pada Siswa Sekolah Dasar di Kota Malang. Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika Volume 8 Nomor 2, 288-297.

Pitaloka, A. A., Fakhiratunnisa, S. A., & Ningrum, T. K. (2022). Konsep Dasar Anak Berkebutuhan Khusus. Jurnal Pendidikan dan Sains Volume 2 Nomor 1, 26-42.

Putri, S. (2015). Pola Komunikasi Nonverbal Guru dalam Proses Belajar Mengajar bagi Siswa Tunarungu di Sekolah Luar Biasa Negeri Pembina Pekanbaru. Jurnal Fakultas Ilmu Sosial Ilmu Politik Volume 2 Nomor 1, 1-15.

Rahman, M. (2014). Memahami Prinsip Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus. Elementary, 163-179.

Rofiah, N. (2015). Proses Identifikasi : "Mengenal Anak Kesulitan Belajar Tipe Disleksia Bagi Guru Sekolah Dasar Inklusi". Jurnal Inklusi Volume 2 Nomor 1, 109-124.

Satrianawati. (2015). Strategi Pembelajaran bagi Anak Diskalkulia . Proseding Seminar Nasional PGSD UPY, 46-53.

Setyowati, L. (2014). Analisis Kesulitan Anak Berkebutuhan Khusus dalam Belajar Matematika di Kelas Inklusi. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Sinaga, R., & Simarmata, E. (2020). Media Gambar terhadap Diskalkulia di Sekolah Dasar. Jurnal Tunas Bangsa Volume 7 Nomor 2, 1-16.

Solikhatun, Y. (2013). Penyesuaian Sosial pada Penyandang Tunarungu di SLB Negeri Semarang. Educational Psychology Journal Volume 2 Nomor 1, 65-72.

Syafitri, O., Rohita, & Fitria, N. (2018). Peningkatan Kemampuan Mengenal Konsep Lambang Bilangan 1-10 melalui Permainan Pohon Hitung pada Anak Usia 4-5 Tahun di BKB PAUD Harapan Bangsa. Junal AL-AZHAR Indonesia Seri Humaniora Volume $ Nomor 3, 193-205.

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Zaitun. (2017). Pendidikan Anak Berkbeutuhan Khusus. Pekanbaru: Kreasi Edukasi.

Downloads

Published

2023-08-10

How to Cite

Ruslini, K. F., Lutfiyah, L., & Sulisawati, D. N. (2023). Identifikasi Diskalkulia pada Anak Berkebutuhan Khusus Tunarungu dalam Mengenal Bilangan. Jurnal Pendidikan Matematika (JPM), 9(2), 143–153. https://doi.org/10.33474/jpm.v9i2.20061