Analisis Pedagogical Content Knowledge (PCK) Guru Matematika Pemula SMP di Kabupaten Rokan Hulu

Authors

  • Lusi Eka Afri
  • Annajmi Universitas Pasir Pengaraian
  • Arcat Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Pasir Pengaraian
  • Nurrahmawati Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Pasir Pengaraian

DOI:

https://doi.org/10.33474/jpm.v9i2.20068

Keywords:

Pedagogical Content Knowledge, Knowledge of Content and Student, Knowledge of Content and Teaching, Knowledge of Content and Curriculum

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pedagogical content knowledge (PCK) bagi guru matematika pemula yang dilakukan di Kabupaten Rokan Hulu. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan metode survey. Subjek penelitian berjumlah 18 orang guru matematika pemula. Pengumpulan data menggunakan angket dengan skala likert. Data hasil penelitian diperoleh tingkat pengetahuan PCK pada tingkat baik sebesar 70,42%, dengan 3 aspek PCK yaitu untuk Knowledge of Content and Student (KCS) dengan sebesar 71,46%, untuk Knowledge of Content and Teaching (KCT) sebesar 74,67% dan Knowledge of Content and Curriculum (KCC) sebesar 65,13%. Hal ini berarti PCK guru matematika pemula di kabupaten rokan hulu memiliki tingkat pengetahuan yang baik pada aspek KCS dan aspek KCT, dan cukup baik pada aspek KCC.

References

Aminah, N., & Wahyuni, I. (2018). Kemampuan Pedagogic Content Knownledge (PCK) Calin Guru MAtematika pada Program Pengalaman Lapangan di SMP/SMA Negeri Kota Cirebon. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 259-267.

Baharuddin, M. R. (2021). Adaptasi Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (Fokus: Model MBKM Program Studi). Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran, 195-205.

Keputusan Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi Nomor 56/M/2022 tentang Pedoman Penerapan Kurikulum Merdeka.

Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaam, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) Nomor 262/M/2022 tentang Perubahan Pedoman Penerapan Kurikulum Merdeka. (tarih yok).

Loughran, J., Amanda, B., & Pamela, M. (2013). Understanding and developing science teacher's pedagogical content knowledge. Rotterdam: Sense Publisher AW.

Mantra, I. B., Pramerta, I. G., Arsana, A. A., Puspadewi, K. R., & Wedasuwari, I. A. (2022). Persepsi Guru terhadap Pentingnya Pelatihan Pengembangan dan Pelaksanaan Kurikulum Merdeka. Jurnal Inovasi Pendidikan, 6313-6318.

Marufi, & Ilyas, M. (2020). Tinjauan Teoritis tentang Pengembangan Pedagogical Content Knowlege Guru melalui Lesson Study. Pedagogy.

Maryono. (2016). Profil Pedagogical Content Knowledge (PCK) Mahasiswa Calon Guru Matematika Ditinjau dari Kemampuan Akademiknya. Jurnal Review Pembelajaran Matematika, 1-16.

Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook. London: Sage.

Mualifah, Toheri, & Darwan. (2019). Analisis PEngetahuan Konten Pedagodik Guru Matematika dan Pengaruhnya terhadap Motivasi Belajar. Eduma, 57-66.

Mulyati. (2023). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa dengan Menerapkan Metode Diskusi dan Metode Presentasi pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Materi Perilaku Jujur Kelas IX-4 Semester SMPN 4 Bolo. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia, 110-123.

Subhan, M. (2020). Analisis Penerapan Technological Pedagogical Content Knowledge pada Pembelajaran Kurikulum 2013 di Kelas V. International Journal of Technology Vocational Education and Training, 174-179.

Sumartini, T. S., Sundaya, R., Sukandar, S., Afriansyah, E. A., Nuraeni, R., & Luryawati, I. P. (2020). Pedagogical Content Knowledge. Jurnal PEKEMAS, 10-13.

Suryawati, E., Firdaus, L. N., & Yosua, H. (2014). Analisis keterampilan tecknological pedagogical content knowledge (TPCK) guru giologi SMA Negeri Kota Pekanbaru. Jurnal Biogenesis, 11(1), 67-72.

Susilowati, & Widhy, P. (2015). Analisis Pedagogical Content Knowledge Guru IPA SMP Kelas VIII dalam Implementasi Kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, 3(1).

Syafriani, Y., Ramadhani, S., Harahap, F. A., Zuraira, T., & Fadilla, A. S. (2022). Peran dan Tugas Guru dalam Manajemen Kurikulum . Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 572-575.

Undang-Undang tentang Guru dan Dosen Nomor 14 Tahun 2005. Jakarta: Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia.

Wiyarsi, A., Hendayana, S., Firman, H., & Anwar, S. (2015). Pengembangan Curriculum Knowledge Calon Guru melalui Analisis Konten Kimia Konteks Kejuruan. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, 30-38.

Downloads

Published

2023-08-10

How to Cite

Lusi Eka Afri, Annajmi, Arcat, & Nurrahmawati. (2023). Analisis Pedagogical Content Knowledge (PCK) Guru Matematika Pemula SMP di Kabupaten Rokan Hulu. Jurnal Pendidikan Matematika (JPM), 9(2), 112–119. https://doi.org/10.33474/jpm.v9i2.20068